Mahasiswa Magister UMP optimalkan pembelajaran Muatan Lokal Dawet Ayu Banjarnegara

Image
humas ump
Edukasi | Thursday, 18 Aug 2022, 11:03 WIB
Mahasiswa Magister UMP optimalkan pembelajaran Muatan Lokal Dawet Ayu Banjarnegara

Mahasiswa Magister Program Pendidikan Dasar Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Banyumas, Jawa Tengah Sugeng Darmadi mengoptimalkan pembelajaran muatan lokal (Mulok) Dawet Ayu Banjarnegara melalui buku guru pembelajaran muatan lokal.

Sugeng mengatakan, buku ini merupakan panduan untuk memperkaya muatan lokal tentang dawet ayu. Langkah ini dilakukan untuk memperkaya materi bagi anak didik, saat referensi muatan lokal masih minim.

“Buku Pegangan Guru untuk Pembelajaran Muatan Lokal Dawet Ayu Banjarnegara Kelas V ini ditulis dengan tujuan untuk mengoptimalkan pembelajaran Muatan Lokal Dawet Ayu Banjarnegara. Buku ini merupakan panduan bagi guru dalam mengelola proses pembelajaran Muatan Lokal Dawet Ayu Banjarnegara,” kata Sugeng, dalam keterangannya, Selasa (1/2).

Sementara, Ketua Program Studi Magister Pendidikan Dasar, Dr. Subuh Anggoro, sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan mahasiswa tersebut. Buku yang dibuat, menjadi penguat pendidikan berbasis kearifan lokal, khususnya di Kabupaten Banjarnegara.

Menurutnya, proses pembelajaran menerapkan pendekatan saintifik guna mencapai kompetensi yang diharapkan. Buku ini perlu terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan. “Untuk itu, kami mengundang para guru dan pihak-pihak terkait memberikan kritik, saran, dan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan buku ini,” jelasnya.

Subuh menjelaskan, buku ini disusun sebagai panduan bagi guru dalam mengelola pembelajaran Muatan Lokal Dawet Ayu Khas Banjarnegara Kelas V Sekolah Dasar/MI. Adapun buku ini berisi diantaranya, Jaringan Kompetensi Inti yang mencakup 4 dimensi yang mencerminkan sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan.

“Kegiatan pembelajaran di buku ini dikembangkan menggunakan pendekatan saintifik sesuai dengan pendekatan yang digunakan dalam Implementasi Kurikulum 2013. Ada lima langkah pendekatan saintifik dalam pembelajaran yaitu mengamati membaca, mendengar, menyimak, melihat tanpa atau dengan alat,” jelas Subuh.(tgr)

Artikel asli bisa diakses DI SINI

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Perizinan Investor Asing dalam membawa Tenaga Kerja Asing menurut Regulasi Indonesia

Image

Dokter Jiwa RSCM Gali Psikologis WBP Mati Kasus Terorisme

Image

Pantau WBP Dari Layar Monitor, Kapusdatin Balitbangkumham dan Dokter Jiwa RSCM Akui Teknologi CCTV

Image

KLL Umsida Tuan Rumah Workshop Lazismu Se-Indonesia

Image

LSM Flower Aceh Dukung Pengusulan Satu Nama Perempuan Jadi Pj Bupati Nagan Raya

Image

PPSDM Migas Sabet Juara II pada Penghargaan Subroto Bidang Energi 2022

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image