Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image humas ump

Begini Tipe atau Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Menurut Rajim

Edukasi | Thursday, 18 Aug 2022, 10:55 WIB
Begini Tipe atau Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Menurut Rajim

Gaya kepala sekolah sangat mempengaruhi perilaku bawahannya, tetapi bila perilaku bawahan belum tentu dapat mempengaruhi perilaku atasannya.

Rajim SPd Mahasiswa Magister Pendidikan Dasar Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Banyumas, Jawa Tengah mengatakan, gaya kepemimpinan kepala sekolah adalah suatu pola perilaku konsisten yang ditunjukkan oleh pemimpin dan diketahui pihak lain ketika pemimpin berusaha mempengaruhi kegiatan orang lain.

“Gaya kepemimpinan kepala sekolah, meliputi disiplin, komitmen, kemampuan dan tTanggung jawab guru,” jelasnya di Purwokerto, Rabu (2/2/2022).

Adapun Gaya Kepemimpinan, lanjut Rajim, pertama gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin guru, adalah gaya memberitahukan atau telling, selain gaya telling, kepala sekolah juga menerapkan gaya situasional. Kedua, gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan komitmen guru adalah gaya selling atau konsultatif dengan mengarahkan guru untuk menyelesaikan tugasnya.

Ketiga, gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kemampuan guru, yaitu gaya partisipatif yang diterapkannya pada saat rapat internal dewan guru dan rapat lainnya dan gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan tanggung jawab guru, ialah gaya delegatif yaitu melakukan sharing authority kepada anggota untuk melaksanakan tugas organisasi.

“Diharapkan kepala sekolah dapat memberikan dorongan dan arahan dalam kerja tentang disiplin, komitmen, kemampuan dan tanggungjawab guru secara efektif dan efesien untuk meningkatkan kerja di sekolah,” pungkasnya. (tgr)

Artikel asli bisa diakses DI SINI

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image