Mahasiswa KKN Ke Indonesiaan Laksanakan Program Penghijauan di Banyumas

Image
humas ump
Edukasi | Thursday, 18 Aug 2022, 10:46 WIB
Mahasiswa KKN Ke Indonesiaan Laksanakan Program Penghijauan di Banyumas

Mahasiswa KKN ke Indonesiaan yang berasal dari Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), UHAMKA dan Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung adakan kegiatan penghijauan di Desa Cipete Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas, diikuti perangkat desa, masyarakat sekitar dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UMP, Minggu (30/1/2022).

Kordinator Desa Wiji Utomo yang berasal dari FKIP UMP mengatakan kegiatan penghijauan bertujuan konservasi lahan dan air, menambah suplai oksigen di desa yang masih jarang pepohonan.

“Pohon yang ditanam sebanyak 500 pohon hasil bantuan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyumas. Lokasi penanaman di kawasan perbukitan yang banyak ditumbuhi rerumputan tetapi jarang pohon kerasnya,” katanya.

Sementara itu, Ketua LPPM UMP Dr Suwarno MSi dalam sambutannya menyampaikan penghijauan dilakukan mahasiswa KKN bersama warga desa sebagai cara konservasi lahan dan air. Tanaman yang ditanam akan menjaga lahan dan air untuk menjaga dari bahaya erosi, khususnya di lereng yang terjal.

“Penghijauan ini akan memberi suplai oksigen untuk sekitarnya, selain berfungsi sebagai penyerap air. Beberapa Pohon jati yang ada dikatakan kurang bagus untuk mencegah erosi dan longsor karena sifat perakarannya, oleh karena itu perlu menggunakan alternatif selain jati yaitu angsana dan jabon seperti yang akan ditanam. Salah satu tanaman yang tidak sekedar mencegah longsor tapi bisa dimanfaatkan buahnya adalah tanaman pete,” jelasnya.

Menurutnya, Pohon Pete selain bisa mengurangi longsor lahan juga menambah nilai ekonomi bagi masyarakat karena buahnya bisa menghasilkan uang. Lebih lanjut ia mengatakan program mahasiswa ini akan menjadi penggerak masyarakat untuk melakukan konservasi lahan.

“Kegiatan penghijauan yang dilakukan mahasiswa KKN bersama masyarakat ini juga didukung oleh perangkat desa dan kepala SD Muhammadiyah Cipete (MUCI). Dalam kegiatan yang dilakukan selama sehari ini berhasil menanam semua pohon sumbangan Dinas Lingkungan Hidup yang berjumlah 500 pohon,” jelasnya.

Kepala Sekolah SD MUCI yang lokasinya dekat dengan area penghijauan menyampaikan kegiatan mahasiswa KKN ini sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar lokasi penghijauan. (eka/tgr)

Artikel asli bisa diakses DI SINI

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Menkumham Yasonna H Laoly Beri Pemahaman Sejak Dini ke Murid SD dan SMP

Image

Melalui DJKI Mengajar, Kemenkumham Jateng Kenalkan Kekayaan Intelektual Sejak Dini

Image

Warga Binaan Lapas Purwokerto Ikuti Sosialisasi HIV/AIDS, Hepatitis C dan Siphilis

Image

Menkumham Yasonna H Laoly Beri Pemahaman Sejak Dini ke Murid SD dan SMP

Image

Tingkatkan Skill Jurnalisme, Solusinya Kelas Pembelajaran Jurnalistik Online dan Offline

Image

Sesditjenpas Meninjau Langsung Pembangunan 3 Proyek Lapas Baru di Nusakambangan

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image