Wakil Rektor UMP Terpilih Ketua PII Banyumas, Siap Dukung Percepatan Pembangunan dan Ilmu Pengetahua

Image
humas ump
Edukasi | Thursday, 18 Aug 2022, 10:41 WIB
Wakil Rektor UMP Terpilih Ketua PII Banyumas, Siap Dukung Percepatan Pembangunan dan Ilmu Pengetahuan Teknologi

Wakil Rektor IV Bidang Riset, Inovasi, dan Sumber Daya Manusia Universitas Muhammadiyah Purwokerto Dr .Ir Anwar Ma’ruf ST.MT terpilih menjadi Ketua Cabang Persatuan Insiyur Indonesia (PII) Banyumas periode 2021 – 2024. Dalam programnya ia berkomitmen untuk berperan aktif dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Banyumas.

“PII akan mengambil peran dalam proses pembangunan wilayah, antara lain dengan membuat kajian serta masukan-masukan kepada pemerintah daerah dalam berbagai bidang. Mulai dari geopolitikal, pembangunan, aspek sosial, transportasi dan lain-lain,” kata Dr Anwar usai dilantik di Pendopo Si Panji, Jumat (4/2/2022).

Dr Anwar mengatakan, rintisan PII ini sebenarnya sudah lama yaitu sejak tahun 1952. Namun, terbentuk sebagai organisasi legal formal baru pada tahun 2014, yaitu masuk dalam Undang-Undang nomor 11 tahun 2014.

“Sesuai dengan amanat UU, maka PII Banyumas ke depan berkomitmen untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, semua itu kita sesuaikan dengan kondisi Banyumas, apa saja yang perlu dikembangkan lebih lanjut serta permasalahan apa saja yang membutuhkan sinergitas,” jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, selama ini insinyur lebih identik dengan sarjana teknik sipil. Padahal gelar insinyur juga banyak yang berasal dari ilmu lain, seperti pertanian, geologi dan sebagainya. Semua insinyur dari lintas disiplin ilmu tersebut saat ini tergabung dalam wadah PII, sehingga jika disinergikan maka PII mempunyai para ahli insinyur yang lengkap.

“Jadi PII ini anggotanya lintas bidang ilmu, bergabung dan nantinya akan memunculkan program bersama, misalnya terkait penanganan sampah ataupun soal petani penderes di Banyumas. Usulan program ini akan kita sampaikan kepada Pak Bupati, sehingga keberadaan PII kita harapkan akan mampu membantu pemerintah daerah dalam menyelesaikan berbagai persoalan,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Ketua PII Banyumas, Irawadi menambahkan, Anggota PII Banyumas saat ini tercatat sekitar 100 orang insinyur. Keanggotaan beragam mulai dari kalangan akademisi, unsur pemerintahan hingga praktisi seperti dari Gapensi, Aspeknas serta kontraktor lainnya. Pelantikan pengurus PII Banyumas dilakukan langsung oleh Ketua PII Jawa Tengah, Dr Herry Ludiro.(*/tgr)

Artikel asli bisa diakses DI SINI

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Staff Registrasi Bapas Semarang Siap Menyajikan Data yang Akuntabel

Image

APK Bapas Semarang Turun Ke Ladang Untuk Melakukan Pengawasan Program Asimilasi Dalam Lapas

Image

Tingkatkan Akuntabilitas Bapas Semarang Laporkan Capaian Output Melalui E-Monev

Image

Sepakat dengan Menhan Prabowo Dukung Kriteria Calon Taruna

Image

Dari Gunungkidul ke Solo, SMA Muhammadiyah Al Mujahiddin Jalin Kerjasama dengan UMS

Image

Pelatihan Persyaratan dan Pengenalan serta Dokumentasi ISO 9001:2015 MPP Grobogan

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image