Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image humas ump

Wakil Rektor UMP Terpilih Ketua PII Banyumas, Siap Dukung Percepatan Pembangunan dan Ilmu Pengetahua

Edukasi | Thursday, 18 Aug 2022, 10:41 WIB
Wakil Rektor UMP Terpilih Ketua PII Banyumas, Siap Dukung Percepatan Pembangunan dan Ilmu Pengetahuan Teknologi

Wakil Rektor IV Bidang Riset, Inovasi, dan Sumber Daya Manusia Universitas Muhammadiyah Purwokerto Dr .Ir Anwar Ma’ruf ST.MT terpilih menjadi Ketua Cabang Persatuan Insiyur Indonesia (PII) Banyumas periode 2021 – 2024. Dalam programnya ia berkomitmen untuk berperan aktif dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Banyumas.

“PII akan mengambil peran dalam proses pembangunan wilayah, antara lain dengan membuat kajian serta masukan-masukan kepada pemerintah daerah dalam berbagai bidang. Mulai dari geopolitikal, pembangunan, aspek sosial, transportasi dan lain-lain,” kata Dr Anwar usai dilantik di Pendopo Si Panji, Jumat (4/2/2022).

Dr Anwar mengatakan, rintisan PII ini sebenarnya sudah lama yaitu sejak tahun 1952. Namun, terbentuk sebagai organisasi legal formal baru pada tahun 2014, yaitu masuk dalam Undang-Undang nomor 11 tahun 2014.

“Sesuai dengan amanat UU, maka PII Banyumas ke depan berkomitmen untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, semua itu kita sesuaikan dengan kondisi Banyumas, apa saja yang perlu dikembangkan lebih lanjut serta permasalahan apa saja yang membutuhkan sinergitas,” jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, selama ini insinyur lebih identik dengan sarjana teknik sipil. Padahal gelar insinyur juga banyak yang berasal dari ilmu lain, seperti pertanian, geologi dan sebagainya. Semua insinyur dari lintas disiplin ilmu tersebut saat ini tergabung dalam wadah PII, sehingga jika disinergikan maka PII mempunyai para ahli insinyur yang lengkap.

“Jadi PII ini anggotanya lintas bidang ilmu, bergabung dan nantinya akan memunculkan program bersama, misalnya terkait penanganan sampah ataupun soal petani penderes di Banyumas. Usulan program ini akan kita sampaikan kepada Pak Bupati, sehingga keberadaan PII kita harapkan akan mampu membantu pemerintah daerah dalam menyelesaikan berbagai persoalan,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Ketua PII Banyumas, Irawadi menambahkan, Anggota PII Banyumas saat ini tercatat sekitar 100 orang insinyur. Keanggotaan beragam mulai dari kalangan akademisi, unsur pemerintahan hingga praktisi seperti dari Gapensi, Aspeknas serta kontraktor lainnya. Pelantikan pengurus PII Banyumas dilakukan langsung oleh Ketua PII Jawa Tengah, Dr Herry Ludiro.(*/tgr)

Artikel asli bisa diakses DI SINI

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image