Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image humas ump

UMP Bekali Mahasiswa Siap Bersaing di Dunia Kerja

Edukasi | Thursday, 18 Aug 2022, 10:29 WIB
UMP Bekali Mahasiswa Siap Bersaing di Dunia Kerja

Carrier Development Center (CDC) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menyiapkan mahasiswa dengan berbagai macam keterampilan sehingga bisa bersaing di dunia kerja.

Dalam kesempatan tersebut CDC UMP gelar kegiatan SUCCESS 2022 di Auditorium Kampus Utama, Selasa - Rabu, 8 – 9/2/2022. Kegiatan diikuti sedikitnya 366 mahasiswa calon wisudawan dan wisudawati.

Arif Muliyanto Carrier Development Center UMP dalam wawancaranya menyampaikan kegiatan SUCCESS ini dilakukan selama 2 hari dan diikuti sebanyak 366 calon wisudawan.

“Selama 2 hari ini kita menyelenggarakan kegiatan SUCCESS di bulan februari tahun 2022. Kegiatan success ini diikuti oleh 366 mahasiswa, dan jumlah nya emang lebih sedikit dibandingkan dengan mahasiswa yang akan diwisuda sekitar 600 an. Hal ini karena sebagain dari calon wisudawan telah mengikuti kegiatan success pada periode sebelumnya," ucapnya.

Menurutnya, kegiatan SUCCESS tersebut merupakan kegiatan rutin yang dirancang untuk membekali calon wisudawan wisudawati agar mempunyai kemampuan dalam job selection sehingga dapat bersaing dengan perguruan tinggi lainnya.

“Terdapat beberapa materi yang disampaikan oleh pemateri kepada para mahasiwa yang mengikuti kegiatan tersebut seperti materi tentang psikotest, pengenalan dunia pekerjaan, al Islam dan Kemuhammadiyahan serta materi tentang ikatan keluarga alumni,” jelasnya.

Tujuan diadakannya SUCCESS untuk membekali calon wisudawan dalam membuat CV, interview, sikap dan sebagainya serta materi tentang psikotest.

“Mereka kita ajari bagaimana cara membuat CV yang baik, bagaimna proses interview, bagaimana wawancara, sikap dan sebagainya, jawaban apa yang disampaikan, kemudian ada materi tentang psikotest," jelasnya.

Lanjut ia, berharap kepada calon wisudawan yang akan menjadi alumni UMP bisa berperan aktif dan memberikan sumbangsih. “Harapannya mereka berperan aktif dan ikut memberikan sumbangsih dan masukan untuk kemajuan universitas muhammadiyah purwokerto," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Al Islam Kemuhammadiyahan Akhmad Darmawan MSi mengatakan lulusan UMP dibekali dengan berbagai macam ketrampilan.

“Baik hard skill maupun soft skill yang sangat diperlukan untuk memasuki dunia kerja yang penuh persaingan,” ujarnya.

Menurutnya, kegiatan tersebut memang dirancang untuk membekali kepada calon wisudawan agar ia punya kemampuan dalam job selection atau seleksi di dunia kerja.

“Artinya itu sangat penting dan sebagai bekal kepada calon wisudawan kita agar mampu bersaing dengan lulusan dari perguruan tinggi lain,” pungkasnya. (lia/tgr)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image