Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rita Puspita

HUT Kemerdekaan RI Ke-77, 82 Orang Narapidana Rutan Kebumen Dapat Remisi

Info Terkini | Thursday, 18 Aug 2022, 08:48 WIB
sumber:humasrumen

Kebumen- Bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77, sebanyak 82 Narapidana Rutan Kelas II B Kebumen mendapatkan remisi atau pengurangan masa tahanan. Jenis remisi ini merupakan kategori umum.

Pemberian surat keputusan remisi tersebut diserahkan secara simbolis oleh Kepala Rutan Kebumen Halasson Sinaga, usai menggelar upacara bendera merah putih di Halaman Rutan Kebumen, Rabu 17 Agustus 2022. Hadir menyaksikan sejumlah perwakilan Forkopimda dan pegawai Rutan Kebumen.

sumber:humasrumen

Pemerintah memberikan remisi umum peringatan hari jadi ke-77 Republik Indonesia kepada 168.198 narapidana di seluruh Indonesia. Besaran remisi atau potongan hukum bervariasi 1-6 bulan. Dengan adanya potongan hukuman tersebut, sebanyak 2.725 napi di antaranya bisa langsung menikmati udara bebas di luar penjara.

Kepala Rutan Kebumen Halason Sinaga mengatakan, pemberian remisi telah diatur dalam Undang-Undang RI Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan, dan Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 1999 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak WBP. Remisi diberikan kepada narapidana yang telah terpenuhinya syarat administratif dan substantive.

‘’ Syarat tersebut diantaranya telah menjalani pidana minimal enam bulan dan harus berkelakuan baik. Selain itu, mereka juga harus aktif mengikuti program pembinaan yang diselenggarakan Rutan,’’jelasnya. (HumasRumen)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image