Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Amanda Nasution

WoW! 78 Anak Muda Nyatakan Tak Paham Produk Investasi

Bisnis | Thursday, 18 Aug 2022, 06:57 WIB
dok pri

Assalamu'alaikum, Retizens

Sebuah penelitian yang dilakukan Financial Fitness Index 2022 menunjukkan sebanyak 42% generasi muda Indonesia merasa percaya diri bahwa perencanaan finansial mereka saat ini akan memberikan kesuksesan finansial di masa depan. Sayangnya, terdapat perbedaan antara apa yang mereka pikirkan dengan apa yang sebenarnya dilakukan. Hal tersebut dibuktikan dengan 80% dari mereka tidak melakukan pencatatan anggaran, dan hanya 26% yang memiliki dana darurat. Bahkan, hanya 9% dari generasi muda yang telah memiliki produk investasi seperti reksadana, saham, dan tabungan berjangka.Tambahan lagi, hanya 17% yang sudah memiliki pendapatan pasif, 8% yang menggunakan uang sesuai anggaran dan hanya 22% yang benar-benar paham mengenai produk investasi yang mereka miliki.

Secara keseluruhan, Financial Fitness Index 2022 menunjukkan bahwa skor Financial Fitness Indonesia naik menjadi 40.06 di tahun 2022, dibandingkan dengan tahun sebelumnya yaitu 37.72. Meskipun demikian, sebanyak 76% masyarakat Indonesia memiliki kebiasaan keuangan yang perlu dibenahi, seperti mengeluarkan uang demi mengikuti gaya hidup teman.

dok pri

Chinni Yanti Tjhin, Retail Proposition Division Head Bank OCBC NISP mengatakan “Sedikitnya generasi muda yang menabung dan berinvestasi secara terstruktur merupakan kondisi yang mengkhawatirkan, sebab memiliki kesadaran saja tidak cukup untuk mencapai aspirasi keuangan. Di usia produktif, saatnya kita memikirkan bagaimana agar uang bekerja untuk diri kita (how money can works for us). Salah satu caranya adalah dengan segera mengambil sikap dengan mulai mengubah cara menabung dan berinvestasi sehingga kita dapat mewujudkan hal yang diimpikan dalam 5-10 tahun ke depan, seperti membeli rumah dan memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak.”

Sementara itu, di kesempatan yang sama, Amir Widjaya, Marketing & Lifestyle Business Division Head Bank OCBC NISP, mengungkapkan “ Sebagai salah satu solusi dari permasalahan finansial yang dihadapi masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda, NYALA OCBC NISP telah mempersiapkan solusi Check, Choose dan Cuan untuk mendukung mereka mengambil langkah konkret meraih kondisi yang #FinanciallyFit. Caranya adalah dengan Check Kesehatan finansial di ruangmenyala.com, Choose kelas-kelas edukasi serta produk perbankan dan investasi terbaik yang sesuai dengan kebutuhanmu, dan mendapatkan Cuan dari investasi tersebut dan tentunya dari benefit bebas biaya transaksi dan program menarik lainnya yang ditawarkan NYALA OCBC NISP."

dok pri

Tak hanya itu saja, masih dalam bagian solusi Nge-Gym Finansial, Bank OCBC NISP juga telah mempersiapkan solusi pendampingan keuangan, mulai dari NYALA Financial Fitness Coaches, Komunitas meNYALA, platform edukasi ruangmenyala.com dan Financial Fitness Gym.

Layanan NYALA OCBC NISP juga terus bertransformasi dalam memberikan benefit untuk nasabah; dengan konsep benefit bertingkat mulai dari Level Basic, Fit, Pro & Master, nasabah bisa mendapatkan benefit berdasarkan total saldo gabungan setiap bulannya. Layaknya membership, semakin tinggi levelnya, nasabah bisa mendapatkan semakin banyak keuntungan setiap bulannya. Tidak hanya benefit bebas bertransaksi seperti bebas biaya transfer ke bank manapun dengan metode BI FAST dan transfer online, nasabah juga dapat merasakan bebas biaya tarik tunai di ATM manapun, gratis biaya top up e-wallet & tagihan bulanan, serta gratis biaya admin setiap bulannya. Bahkan, nasabah juga akan mendapatkan makin banyak benefit untuk cek kondisi dan konsultasi keuangan dengan ahlinya.

“Financial Fitness Index ini akan menjadi riset tahunan OCBC NISP, sebagai bagian komitmen kami untuk terus berjuang bersama masyarakat meningkatkan skor Kesehatan finansial Indonesia, karena merdeka finansial adalah hak segala bangsa,” tutup Amir.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image