Program pembuatan ruang literasi sebagai bentuk peningkatan minat baca SDN 13 Tambun Sukkean kecamat

Image
19105050023 19105050023
Eduaksi | Wednesday, 17 Aug 2022, 23:23 WIB

Ruang literasi merupakan salah satu program kerja dari Kuliah Kerja Nyata Tematik 108 Sumatera Utara (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta) di Desa Tambun Sukkean, Onan Runggu, Samosir.

Program kerja ini dilatarbelakangi oleh kebijakan pemerintah yang akan menggantikan Ujian Nasional demgan Asesmrn Kompetensi Minimum (AKM). Aspek yang dinilai dalam AKM meliputi literasi, numerasi, dan pendidikan karakter. Aspek yang dinilai dalam AKM tersebut, hampir mirip seperti tes PISA (Program Penilaian Pelajar Internasional). Namun, berdasarkan data dari OECD pada tahun 2018, hasil PISA Indonesia masih jauh di bawah rata-rata. Hal tersebut mengindikasikan ketidaksiapan siswa Indonesia dalam menghadapi PISA.

Ada beberapa hal yang menyebabkan rendahnya skor PISA Indonesia. Salah satunya yaitu, siswa belum dibiasakan untuk mengerjakan soal-soal setara PISA. Selain itu, pembelajaran juga belum berbasis inkuiri ilmiah, Inkuiri ilmiah merupakan cara ampuh untuk memahami sains. Peserta didik belajar bagaimana mengajukan pertanyaan dan menggunakan bukti untuk menjawabnya. Dalam proses pembelajaran inkuiri, peserta didik belajar melakukan penyelidikan dan mengumpulkan bukti dari berbagai sumber, mengembangkan penjelasan dari data, mengomunikasikan dan mempertahankan kesimpulan mereka) yang mengarahkan siswa untuk berliterasi dan memecahkan persoalan menggunakan metode ilmiah. Selain berdampak pada rendahnya kemampuan literasi, pembelajaran yang demikian juga tidak memunculkan kebermaknaan, sehingga siswa tidak mampu menemukan relevansi antara materi yang dipelajari dengan fenomena dalam kehidupan sehari-hari.

Oleh karena itu, mahasiswa KKN Tematik 108 Sumatera Utara (UIN Sunan Kalijaga) di Desa Tambun Sukkean menggagas "Ruang Literasi", sebuah ruang pembelajaran berbasis literasi. Program kerja ini berfokus untuk membuat pohon literasi yang berisikan kata-kata motivasi, informasi dan pesan guru, serta membacakan dongeng cerita anak di SDN 13 Tambun Sukkean. Kegiatan dilakukan selama empat minggu. Sasarannya meliputi siswa-siswi SDN 13 Tambun Sukkean dari kelas 1 hingga 6.

Ruang Literasi ini bertujuan untuk membantu siswa-siswi dalam meningkatkan minat baca, memotivasi dalam semangat belajar serta meningkatkan kreativitas siswa di kelas maupun diluar. Selain itu, Ruang Edukasi juga memberikan pengalaman belajar baru berupa pembelajaran berbasis literasi, numerasi, dan pendidikan karakter.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Perkuat softskills dan hardskills mahasiswa, Uhamka laksanakan kuliah umum tahun ajaran 2022-2023

Image

Sambut 33 Taruna Poltekip 53 Gelombang 3, Rajawali Lapas Karanganyar berikan Pengarahan

Image

Saka Taruna Bumi Lapas Pemuda Plantungan Sebagai Sarana pembinaan WBP

Image

Apel Pagi, Kepala LPKA Kelas I Palembang Kemenkumham Sumsel Ingatkan Pentingnya Jaga Integritas

Image

Ilmu Komunikasi Umsida Asah Kesiapan Mahasiswa Hadapi Dunia Kerja Lewat Uji Kompetensi Profesi

Image

5 Rekomendasi Restoran dengan Pemandangan Terindah di Sentul, Bogor

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image