Tips Belajar Berbicara untuk Introvert

Image
Add aja
Gaya Hidup | Tuesday, 16 Aug 2022, 17:09 WIB
Sumber: pexels.com
Sumber: pexels.com

Kemampuan berbicara merupakan kemampuan penting yang harus kita kuasai, apalagi jika kamu adalah seorang mahasiswa atau calon mahasiswa. Di bangku perkuliahan, kita akan selalu dihadapkan pada tugas-tugas presentasi untuk menyampaikan suatu materi, maka selain kemampuan kita dalam mendalami suatu materi, kita juga harus memiliki kemampuan berbicara di depan umum dengan baik.

Sebenarnya kemampuan ini adalah kemampuan wajib bagi seorang mahasiswa, terkadang seseorang menyangkal hal ini dengan alasan memiliki kepribadian introvert. Nyatanya introvert sendiri tidak berpengaruh besar terhadap kemampuan berbicara kita. introvert merupakan salah satu tipologi kepribadian yang lebih menyukai waktu untuk sendiri. Jadi bagi kamu yang ingin memiliki kemampuan berbicara di depan umum dan masih menggunakan introvert sebagai alasan, simak tulisan ini sampai habis.

Mempersiapkan materi dengan menarik

Sumber: pexels.com
Sumber: pexels.com

Kamu perlu mempersiapkan materi yang akan kamu sampaikan kepada audiens jauh-jauh hari. Kenapa? Sesuatu yang kita pelajari hanya dalam waktu satu malam akan lebih mudah untuk kita lupakan, apalagi jika materi tersebut baru bagi kamu. Maka kamu perlu membaca materi tersebut dengan menyeluruh, menandai poin-poin penting, dan mempersiapkan materi yang akan kamu sampaikan saat di presentasi.

Menambah kosa kata

Sumber: pexels.com
Sumber: pexels.com

Agar kita tidak berbicara dengan berbelit-belit, kita perlu menambah kosa kata yang kita ketahui. Ada banyak kosa kata yang bisa membantu kamu dalam berbicara, sehingga audiens akan lebih mengetahui maksud dari apa yang kamu bicarakan. Selain itu, sebagai seorang akademisi kamu juga perlu menambah kosa kata yang memiliki kesan akademis sehingga kamu akan terlihat memiliki intelektualitas yang tinggi.

Banyak membaca

Sumber: pexels.com
Sumber: pexels.com

Wawasan menjadi salah satu modal bagi kamu yang ingin lantang menyampaikan sesuatu. membaca akan memberikan tambahan informasi untuk menambah wawasanmu. Jika kamu banyak membaca, kamu akan memiliki banyak ide dan pembahasan yang bisa kamu sampaikan. Maka sebaliknya jika wawasan kamu kosong, maka tidak ada hal yang akan bisa kamu sampaikan kepada publik.

Berlatih dengan menulis

Sumber: pexels.com
Sumber: pexels.com

Menulis bisa menjadi latihan bagi kamu yang ingin belajar berbicara. Menulis akan membiasakanmu dalam menyusun sebuah kalimat dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh pembaca. Maka sebelum kamu belajar menyusun kalimat secara lisan, kamu bisa belajar untuk terlebih dahulu menyusun kalimat dengan tulisan. Hal ini secara tidak langsung akan mengembangkan kemampuanmu dalam berbicara.

Sering ngobrol dengan orang

Sumber: pexels.com
Sumber: pexels.com

Hal ini juga akan melatih kemampuan berbicara kamu. Kamu bisa berlatih berbicara dengan ngobrol bersama beberapa orang. Carilah topik pembahasan yang lebih berat dan bahaslah topik tersebut secara mendalam. Kamu bisa berlatih untuk menyampaikan opini-opinimu terhadap sesuatu. Jika kamu sering melakukannya maka kamu akan merasa berbicara di depan umum tidak jauh berbeda dengan menyampaikan opini kepada beberapa orang.

Berbicara di depan cermin

Sumber: pexels.com
Sumber: pexels.com

Yang terakhir ini bisa kamu jadikan sebagai media untuk berlatih berbicara. Berbicara di depan cermin akan membisakan mentalmu untuk menyampaikan pendapat dan diperhatikan orang lain. Kamu bisa berlatih dengan menatap matamu sendiri di pantulan cermin. Tidak lupa gunakan gestur seperti gerakan tangan untuk mendapatkan atensi dari para audiens.

Itulah beberap tips yang bisa saya bagikan untuk melatih kemampuan berbicara. Jadi jangan gunakan introvert sebagai alasan kamu untuk tidak mau mengambangkan kemampuan, karena nyatanya banyak orang-orang introvert yang memiliki kemampuan pubic speaking yang jauh lebih baik. Kemampuan ini bisa kamu tingkatkan lagi untuk belajar speaking english agar kemampuanmu lebih banyak yang bisa kamu kembangkan.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

kalau nggak gini ya gitu

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Duka Menyapa Dunia Sepak Bola Indonesia

Image

Klub-klub Liga Inggris Sampaikan Belasungkawa Atas Tragedi Stadion Kanjuruhan

Image

Sepakat, TNI-Polri Kuat dan Tangguh Jaminan NKRI

Image

Kakanwil Kemenkumham Sumsel Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila di LPKA Palembang

Image

Kakanwil Kemenkumham Sumsel Hadiri Rakernis Fungsi Reserse Narkoba Polda Sumsel

Image

Cara Membeli Antivirus Resmi SMADAV Pro

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image