Aplikasi Belajar Bahasa Inggris, Apa-apa Saja?

Image
Khairil Fajrin
Edukasi | Tuesday, 16 Aug 2022, 15:41 WIB
Sumber: Unsplash
Sumber: Unsplash

Kecanggihan teknologi dewasa ini sudah makin memudahkan segala aktifitas yang akan kita lakukan. Mulai dari memesan transportasi jemput-antar, memesan makanan atau minuman, mengantarkan barang baik dalam jumlah kecil maupun besar dan masih banyak lagi. Kecanggihan teknologi saat ini hampir didominasi oleh alat yang kita sebut aplikasi. Apakah segala lini kehidupan kita nantinya akan berbasis aplikasi online? Who knows?

Jika kita bicara tentang aplikasi, Pemerintah saat ini sudah mulai menerapkan bagi kita rakyatnya untuk berlaku kreatif dengan menciptakan sebuah aplikasi bermanfaat untuk bersaing dengan aplikasi-aplikasi luar negeri yang banyak beredar saat ini. Secara sederhananya, hal ini tentunya akan memberikan manfaat bagi kita semua. Mulai dari membuka peluang dan lowongan pekerjaan baru hingga mendukung dan memfasilitasi kemampuan IT kita yang masih bisa dikatakan kalah bersaing dengan masyarakat internasional. Sebut saja seperti negara India yang saat ini kian maju dengan berbagai teknologi yang mereka ciptakan. Selain itu, di satu sisi lagi akan memberikan kemudahan bagi kita untuk mengakses segala keperluan kita baik keperluan umum hingga keperluan khusus, terutama aplikasi pendidikan atau kursus online.

Nah kali ini kita akan membahas tentang berbagai aplikasi canggih yang sudah banyak beredar saat ini, mulai dari aplikasi kesehatan, aplikasi berita dan tak sedikit juga aplikasi tentang pembelajaran. Aplikasi pembelajaran saat ini bahkan sudah berkembang menjadi salah satu sumber belajar secara online.

Dalam hal ini, aplikasi yang akan kita bahas adalah aplikasi tentang pendidikan dan pembelajaran bahasa, khususnya bahasa Inggris. Pertanyaan dasar yang biasanya muncul pertama kali adalah: Apakah aplikasi belajar bahasa Inggris itu perlu?

Belajar bahasa Inggris saat ini adalah sebuah kebutuhan utama. Bagi para pelajar yang ingin melanjutkan studinya, apalagi jika ingin melanjutkan studi ke luar negeri, wajib belajar bahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional saat ini. Sedangkan bagi para pekerja, baik karyawan negeri maupun swasta, memiliki kemampuan bahasa Inggris non verbal ataupun verbal sangat berpengaruh pada karirnya di suatu perusahaan. Bahkan syarat untuk bisa menjadi karyawan di perusahaan tertentu juga adalah memiliki kemampuan bahasa Inggris verbal dan non verbal.

Pertanyaan selanjutnya, apakah belajar bahasa Inggris melalui aplikasi efektif?

Saat ini kita sudah jauh memasuki era digital, itu ditandai di hampir segala lini kehidupan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, saat ini kita bisa memperoleh segala kebutuhan kita yang ditransmisikan melalui gadget dan jaringan internet. Tak terkecuali untuk kamu yang ingin belajar bahasa Inggris. Saat ini sudah tidak ada alasan untuk tidak belajar bahasa Inggris, pasalnya kini sudah banyak sekali aplikasi belajar bahasa Inggris yang bisa kita temui. Dengan begitu kita semakin dimudahkan dan terfasilitasi dalam belajar bahasa Inggris. Ibarat kursus bahasa Inggris online, aplikasi belajar bahasa Inggris saat ini bahkan sudah menjadi panduan yang hampir sama dengan tes TOEFL ataupun IELTS. Oleh sebab itu, aplikasi ini bisa disebut juga sebagai aplikasi kursus bahasa Inggris online gratis.

Bagi kamu yang mungkin ketinggalan dengan kecanggihan teknologi saat ini dan ingin belajar bahasa inggris melalui aplikasi, mari simak ulasan tentang apa-apa saja aplikasi belajar bahasa Inggris berikut ini!

Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik Saat Ini

Duolingo

Aplikasi belajar bahasa ini memiliki tampilan yang sangat menarik. Dengan metode seperti bermain game tebak-tebakan, maka aplikasi ini sangat cocok untuk anak-anak. Selain itu, aplikasi ini juga cocok untuk kamu yang baru belajar bahasa Inggris dasar, menengah sampai mahir. Kamu bisa tentukan target belajarmu sendiri, Untuk kamu yang sudah fasih berbahasa Inggris, aplikasi Duolingo juga memiliki pilihan bahasa-bahasa lain yang bisa kamu pelajari.

Grammarly

Untuk bisa mendapatkan aplikasi ini kamu cukup menginstal keyboard Grammarly di smartphone yang kamu miliki. Aplikasi ini sangat cocok untuk kamu yang sedang balajar menyusun kalimat berbahasa Inggris. Aplikasi ini dapat secara otomatis membenarkan kesalahan dalam penulisanmu.

BBC Learning English

Salah satu keunggulan dari aplikasi ini adalah adanya fitur “mini daily lesson”, sehingga memungkinkan kamu untuk dapat menonton materi pengajaran dalam waktu hanya 3 menit saja. Untuk mengetes pengetahuan mengenai bahasa Inggrismu, aplikasi ini juga menyediakan berbagai kuis yang bisa kamu coba.

Hello Talk

Aplikasi yang satu ini juga merupakan aplikasi chatting dengan para native speaker dari berbagai belahan dunia. Yang unik dari aplikasi ini, HelloTalk tidak hanya menghadirkan bahasa Inggris melainkan ratusan bahasa lainnya, termasuk Korea, Jepang, Prancis, Mandarin, Jerman dan masih banyak lagi. Meskipun medianya berupa pesan atau chat, akan tetapi tidak menutup kemungkinan untuk kamu mempelajari listening karena pada aplikasi ini terdapat sebuah fitur voice to text kamu dapat mengirimkan voice note atau bahkan telepon untuk bercakap langsung dengan native speaker.

Babbel

Babbel lebih terfokus kepada vocabulary dan conversation, dengan metode balajar yang singkat, interaktif namum tetap informatif. Aplikasi ini menyediakan berbagai ujian singkat yang bisa diselesaikan dalam waktu 15 menit saja. Dari aplikasi ini kamu bisa menguasai bahasa Inggris lebih baik lagi dari segala aspek. Bahkan, kamu bisa belajar bahasa Inggris berdasarkan konteks sehari-hari, seperti travelling, bisnis, ekonomi dan masih banyak lagi.

Beelinguapp

Aplikasi ini menghadirkan metode belajar bahasa dengan menunjukkan teks kepada pengguna dalam dua bahasa secara bersamaan, dimana hal ini memungkinkan pengguna untuk menggunakan bahasa asli mereka sebagai referensi.

Busuu

Aplikasi belajar bahasa Inggris ini merupakan aplikasi yang dapat membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris kamu dari berbagai aspek. Mulai dari vocabulary, grammar, hingga speaking. Selain itu, Busuu juga memiliki fitur yang dapat mengingatkanmu untuk memberi tahu Anda apa dan kapan harus mengulang kata-kata yang sulit agar kamu mampu belajar dan mengingat kata tersebut dengan efektif. Dengan begitu akan lebih mudah untuk mengevaluasi sejauh mana perkembangan belajar bahasa Inggrismu, dan dimana saja yang harus diperbaiki.

Rosetta Stone

Rosetta Stone merupakan aplikasi belajar bahasa Inggris terbaik yang berfokus pada bercakapan, kamu bisa melatih kemampuan speakingmu menggunakan aplikasi ini dengan cepat. dengan waktu pembelajaran sekitar 10 menit, kamu bisa menyesuaikan kebutuhanmu sendiri untuk mempelajari bahasa Inggris.

FluentU

Aplikasi yang satu ini memiliki metode yang berbeda apabila dibandingkan dengan aplikasi belajar bahasa Inggris lainya, metode belajar ala aplikasi ini yaitu dengan menggunakan menggunakan berbagai video musik, trailer film, hingga berita dan talkshow. Sehingga, kamu bisa mempelajari bahasa Inggris dengan cara yang lebih menyenangkan.

Memrise

Memrise menyediakan 30 tingkat pembelajaran, Ada tiga belas halaman dari materi-materi yang disusun berdasarkan tingkat kesulitan. Mulai dari “English Irregular Verbs” yang mudah, hingga “A Tale of Two Cities” Kamu juga bisa melacak apa yang telah dipelajari. Sehingga, apabila kamu lupa arti dari sebuah kosakata, atau lupa kata apa saja yang telah dipelajari, kamu bisa melihat dan mempelajarinya kembali dengan begitu kamu bisa memantau sejauh mana perkembangan berbahasa Inggrismu, dan berapa banyak kosakata yang sudah kamu kumpulkan.

Nah itulah tadi semua aplikasi belajar bahasa Inggris, buat kamu yang ingin merasakan belajar melalui aplikasi pintar saat ini. Aplikasi-aplikasi tersebut di atas adalah aplikasi gratis yang bisa kamu download sendiri. Secara tidak langsung, kamu sama seperti mengikuti kursus bahasa Inggris online gratis. Oleh sebab itu, tak ada salahnya kamu coba satu per satu aplikasi di atas ya. Downloadnya gratis kok! Semoga bermanfaat dan selamat belajar.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

kalau gak di sana, ya di sini

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Integrasi Instansi melalui MoU Layanan Single Submission Pengangkut Pelabuhan Tanjung Emas Semarang

Image

Lakukan Litmas PB, Pembimbing Kemasyarakatan Bapas Nusakambangan Tekankan Pembinaan Kemandirian

Image

Umsida Ciptakan SUN PO, Teknologi Penerangan Untuk Daerah Bencana

Image

Ketua FKDT Jawa Tengah Mengawali Silaturahmi ke Rois Syuriah PWNU Jateng

Image

Tahanan Rutan Pasangkayu Menjadi Mualaf dan Mantap Memeluk Agama Islam

Image

Sukses Ujicoba, Lapas Terbuka Kendal Rintis Budidaya Timun Suri

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image