5 Genre Musik yang Terus Berkembang di Dunia

Image
Putri Rahayu
Info Terkini | Tuesday, 16 Aug 2022, 06:50 WIB

Berbicara tentang jenis musik apa yang harus didengarkan seringkali merupakan topik yang sangat sensitif. Pasalnya, saat menawarkan jenis musik lain sebagai rekomendasi mendengarkan, terkadang sulit untuk menandingi cita rasa yang sudah dibangun. Menikmati mendengarkan berbagai jenis musik adalah perjalanan pribadi yang dilakukan oleh pecinta musik dan mungkin tidak akan pernah berakhir.

Meskipun sulit untuk berdebat dengan selera, jenis musik atau genre musik telah berkembang pesat. Bahkan dalam perkembangannya, tidak jarang musisi menggabungkan berbagai jenis musik menjadi satu karya. Hal ini tentunya membantu para pecinta musik untuk mendapatkan image atau referensi baru untuk mengikuti perkembangan musik di setiap generasinya.

Dengan perkembangan musik yang semakin masif dan cepat, Anda sebagai penikmat dan pencipta karya musik perlu mengetahui jenis musik atau genre musik dasar yang digeluti oleh musisi idola. Memahami jenis musik yang Anda temui dalam perjalanan menikmati musik tidak hanya berguna untuk menambah referensi, tetapi juga untuk meningkatkan kualitas persahabatan. Inilah jenis-jenis musik yang sedang digemari banyak orang saat ini.

Hip Hop

Dalam beberapa tahun terakhir, hip hop telah menjadi salah satu jenis musik paling populer bagi pecinta musik dari semua lapisan masyarakat. Kepopuleran jenis musik ini tentunya berdasarkan banyaknya musisi hip hop yang bermunculan. Baik label besar maupun musisi independen kini merasa memiliki tempat yang bagus di industri musik global. Di Indonesia sendiri, nama seperti Rich Brian merupakan salah satu nama musisi hip-hop yang berhasil menembus industri musik dunia dengan diterima di Amerika Serikat.

Jenis musik hip-hop tidak hanya bermanfaat bagi para musisi di belakangnya. Kepopuleran jenis musik ini juga menarik perhatian beberapa jenis musik lainnya. R&B, pop bahkan metal cenderung mengeluarkan karya-karya kolaboratif yang cukup menarik untuk disimak di https://www.jmicahnelson.com. Kolaborasi antara jenis musik ini membuka ekosistem yang lebih baik untuk mengembangkan industri musik dunia.

Punk

Jenis musik ini sepertinya tidak pernah surut dari segi semangat para musisi di belakangnya. Punk adalah jenis musik dengan basis yang kuat. Basis ini memastikan bahwa jenis musik ini dapat terus berkembang dan diterima oleh kelompok yang berbeda. Musik punk juga sering membicarakan tema-tema yang sedang beredar di masyarakat agar pendengarnya bisa merasakan bahkan direpresentasikan melalui karya-karyanya.

Genre punk ini juga dikenal dengan gaya musiknya yang fleksibel. Dalam industri musik dunia saat ini, punk memiliki berbagai macam turunan genre. Pop punk, post punk dan punk rock adalah beberapa turunan dari jenis musik ini dengan dasar yang kokoh. Selain itu, punk juga sering mengadakan acara musik independen yang memungkinkan orang-orang dari latar belakang yang berbeda untuk memahami apa yang ditawarkan jenis musik ini.

Rock

Ketika kita berbicara tentang genre musik yang terus berkembang lintas generasi dan zaman yang berbeda, rock adalah salah satunya. Jenis musik ini cukup fleksibel. Hal ini dibuktikan dengan lahirnya jenis-jenis musik turunan, seperti rock indie dan rock alternatif, yang bernuansa kontemporer dan tidak membatasi selera musisi untuk bereksperimen.

Rock juga merupakan genre kolaboratif. Untuk memasuki ranah musik pop, rock bisa mengandung unsur ballad yang terdengar lebih halus dan melankolis tanpa perlu menghilangkan ciri khas lagu secara keseluruhan. Kolaborasi lintas genre yang hadir dalam jenis musik rock ini berhasil membangkitkan minat generasi baru untuk mengetahui sejarah panjang dan melestarikan warisan budaya populer rock klasik yang masih diminati hingga saat ini.

Metal

Ranah musik underground, seperti halnya metal, masih menjadi salah satu jenis atau genre musik paling populer saat ini. Hal ini tentunya didasari oleh militansi penggemar musik mereka untuk menjaga semangat para musisi dalam berkarya. Jenis musik metal ini juga memiliki beberapa turunan yang cukup berbeda satu sama lain. Nuansa musik yang berbeda memperluas ekosistem yang dibangun untuk dinikmati para penggemar di seluruh dunia.

Padahal, meski identik dengan musik yang menakutkan dan kompleks, musik metal juga berpotensi menciptakan kolaborasi lintas genre musik yang berbeda. Di Indonesia sendiri, beberapa waktu lalu, ada kolaborasi menarik dari genre musik metal oleh Deadsquad dan Isyana Sarasvati. Kedua musisi saling bereksperimen untuk mencapai harmonisasi dalam komposisi musik metal.

Pop

Tidak dapat disangkal bahwa pop adalah genre yang memiliki banyak penggemar. Pasalnya, musik pop mampu menembus telinga banyak penikmat musik dengan sangat baik. Ini didasarkan pada musik pop yang meminjam elemen komposisi dari genre yang berbeda. Misalnya, unsur musik rock, urban, dance, Latin, dan country dapat terdengar jelas atau samar dalam aransemen musik pop. Jenis musik ini terus berkembang dari waktu ke waktu dan pernah dianggap sebagai gerakan untuk mendobrak batas-batas yang sebelumnya ada di industri musik.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

blogger, freelancer,

Game Balapan Terbaik Yang Harus Kalian Coba

Rekomendasi Game PPSSPP Terbaik

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Perkuat softskills dan hardskills mahasiswa, Uhamka laksanakan kuliah umum tahun ajaran 2022-2023

Image

Sambut 33 Taruna Poltekip 53 Gelombang 3, Rajawali Lapas Karanganyar berikan Pengarahan

Image

Saka Taruna Bumi Lapas Pemuda Plantungan Sebagai Sarana pembinaan WBP

Image

Apel Pagi, Kepala LPKA Kelas I Palembang Kemenkumham Sumsel Ingatkan Pentingnya Jaga Integritas

Image

Ilmu Komunikasi Umsida Asah Kesiapan Mahasiswa Hadapi Dunia Kerja Lewat Uji Kompetensi Profesi

Image

5 Rekomendasi Restoran dengan Pemandangan Terindah di Sentul, Bogor

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image