Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Institut Daarul Quran

Jangan Sembarang Tulis atau Copas Ayat Qur’an

Eduaksi | Saturday, 27 Nov 2021, 20:47 WIB

Menggunakan Ms.Word atau Microsoft Word mungkin sudah menjadi kewajiban dalam mengerjakan tugas kuliah. Terkadang tidak hanya kalimat-kalimat berbahasa Indonesia yang kita tulis, tapi terkadang kita juga menuliskan ayat suci Al-Qur’an sebagai penguat atau pelengkap.

Tetapi dalam penulisan ayat, terkadang kita kesulitan dalam mengetiknya secara manual maupun dengan mengcopy tulisan dari internet terutama bagi kita yang masih awam dengan keyboard arab. Nah permasalahan ini sudah dapat diselesaikan dengan mendownload Aplikasi Quran Kemenag in Word (QKIW) yang telah dirilis oleh Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an (LPMQ) Kemenag, Muchlis M Hanafi.

Quran Kemenag in Word (QKIW) ini dilengkapi dengan terjemahan ayat bahasa Indonesia edisi 2019 dan edisi 2002. Ada juga terjemah ayat bahasa Inggris, Tafsir Tahlili dan Tafsir Ringkas Kemenag.

Aplikasi ini akan sangat membantu dalam pengutipan ayat Al-Qur’an dengan mudah dan benar. Berikut beberapa keunggulan QKIW dilansir dari kemenag.go.id :

1. Mudah mencari ayat dan mengutipnya dalam word karena terintegrasi di menu "add in".

2. Rasm yang digunakan adalah Rasm Usmani sesuai Mushaf Standar Indonesia.

3. Font yang digunakan karya anak bangsa, yaitu tulisan Ustaz Isep Misbah yang dikembangkan menjadi font oleh Tim IT Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an Kemenag.

4. Dilengkapi dengan: a) Terjemahan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris; b) Tafsir Wajiz; c) Tafsir Tahlili Kemenag.

5. Mudah dalam pencarian tema-tema Alquran.

6. Tambahan fitur-fitur yang bermanfaat dalam layouting dan tampilan.

7. Dan yang paling penting adalah sudah ditashih oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran Kemenag.

Nah itu dia kelebihan dari QKIW, untuk kamu yang ingin mendowloadnya bisa langsung klik di link https://lajnah.kemenag.go.id/unduhan .

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image