Mengsosialisasikan Digitalisasi Pemasaran Produk UMKM di Desa Panyadap sebagai Upaya Mewujudkan SDG'

Image
Pasya Anastika
Info Terkini | Saturday, 13 Aug 2022, 22:32 WIB

Perkembangan zaman kini semakin maju, pola hidup masyarakat kini semakin lebih canggih dan praktis dengan teknologi. Digitalisasi UMKM membuat mereka lebih mampu dan siap untuk beradaptasi dengan kondisi pasar. Sehingga memasarkan produk secara online menjadi sebuah adaptasi yang baik untuk mengawali pola hidup masyarakat yang lebih praktis.

Dengan adanya digitalisasi dapat membantu UMKM menjadi berkembang dalam hal memasarkan produknya dan akan bertahan di era serba teknologi seperti saat ini. Untuk mencapai hal itu, tentu saja tidak mudah, memerlukan proses yang harus dipelajari oleh setiap UMKM.

Setiap pedagang pasti telah memiliki handphone atau smartphone, atau mungkin akses internet lainnya seperti komputer atau laptop dsb. Tetapi masih banyak juga para pedagang yang belum paham bagaimana cara memasarkan produk secara online.

Kabupaten Bandung (11/07/2022) Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) diberbagai desa untuk memenuhi mata kuliah wajib. Kelompok yang telah diberi oleh Universitas merupakan kelompok 104 dan merupakan kelompok besar dengan jumlah anggota sebanyak 29 orang. Lalu dibagi kembali kedalam kelompok kecil yang berjumlah 6 orang dan memiliki tema “Desa Tanpa Kemiskinan”. Kegiatan ini dilakukan di daerah Desa Panyadap yang terletak dikecamatan Solokan Jeruk, Kabupaten Bandung.

Desa Penyadap merupakan desa yang memiliki potensi dalam bidang sumber daya manusia dan bisnis, hal itu terlihat dari banyaknya UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). Tetapi yang disayangkan ialah karena UMKM tersebut belum dibarengi dengan teknologi. Kabupaten Bandung (22/07/2022) Kami melakukan survei dan menanyakan kepada para pedagang mengenai digitalisasi UMKM. Dan 1 dari 5 UMKM di Desa Panyadap baru melakukan perdagangan produk secara online. Melihat situasi tersebut saya dan kelompok 104 memutuskan untuk membuat program kerja yaitu mengsosialisasikan digitalisasi UMKM, berkaitan dengan itu kami membantu menjelaskan kepada para pedagan bagaimana cara mempromosikan produk secara online, seperti membantu mendaftarkan pada aplikasi Shopeefood, GoBiz dan Tokopedia.

Kabupaten Bandung (10/08/2022) – Sosialisasi pada UMKM secara bergantian, dikarenakan waktu yang pedagang miliki tidak banyak, sehingga kami yang mendatangi langsung ke tempat dagangnya dan memberi tahu cara mendaftarkan produk ke aplikasi-aplikasi jual beli online untuk memasarkan produknya masing-masing. Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan dapat menambah wawasan bagi para UMKM dalam meningkatkan usahanya pada skala yang lebih besar.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Ambil Alih Apel Pagi, Plt Kalapas Karanganyar Ajak Jajarannya Mendoakan Korban Tragedi Kanjuruhan

Image

Semarak Harum Menguning Bunga Angsana

Image

Kemenkumham Jateng Siap Terima Audit BPK RI

Image

Tragedi Kemanusiaan di Kanjuruhan Malang

Image

Cegah Penyebaran Virus Covid-19, Rutan Demak Adakan Kegiatan Tes PCR

Image

Gali Potensi Risiko K3 dan Kebencanaan di Desa Wisata, DRRC UI-Kemenparakraf Lakukan FGD

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image