Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Pasya Anastika

Mengsosialisasikan Digitalisasi Pemasaran Produk UMKM di Desa Panyadap sebagai Upaya Mewujudkan SDG'

Info Terkini | Saturday, 13 Aug 2022, 22:32 WIB

Perkembangan zaman kini semakin maju, pola hidup masyarakat kini semakin lebih canggih dan praktis dengan teknologi. Digitalisasi UMKM membuat mereka lebih mampu dan siap untuk beradaptasi dengan kondisi pasar. Sehingga memasarkan produk secara online menjadi sebuah adaptasi yang baik untuk mengawali pola hidup masyarakat yang lebih praktis.

Dengan adanya digitalisasi dapat membantu UMKM menjadi berkembang dalam hal memasarkan produknya dan akan bertahan di era serba teknologi seperti saat ini. Untuk mencapai hal itu, tentu saja tidak mudah, memerlukan proses yang harus dipelajari oleh setiap UMKM.

Setiap pedagang pasti telah memiliki handphone atau smartphone, atau mungkin akses internet lainnya seperti komputer atau laptop dsb. Tetapi masih banyak juga para pedagang yang belum paham bagaimana cara memasarkan produk secara online.

Kabupaten Bandung (11/07/2022) Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) diberbagai desa untuk memenuhi mata kuliah wajib. Kelompok yang telah diberi oleh Universitas merupakan kelompok 104 dan merupakan kelompok besar dengan jumlah anggota sebanyak 29 orang. Lalu dibagi kembali kedalam kelompok kecil yang berjumlah 6 orang dan memiliki tema “Desa Tanpa Kemiskinan”. Kegiatan ini dilakukan di daerah Desa Panyadap yang terletak dikecamatan Solokan Jeruk, Kabupaten Bandung.

Desa Penyadap merupakan desa yang memiliki potensi dalam bidang sumber daya manusia dan bisnis, hal itu terlihat dari banyaknya UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). Tetapi yang disayangkan ialah karena UMKM tersebut belum dibarengi dengan teknologi. Kabupaten Bandung (22/07/2022) Kami melakukan survei dan menanyakan kepada para pedagang mengenai digitalisasi UMKM. Dan 1 dari 5 UMKM di Desa Panyadap baru melakukan perdagangan produk secara online. Melihat situasi tersebut saya dan kelompok 104 memutuskan untuk membuat program kerja yaitu mengsosialisasikan digitalisasi UMKM, berkaitan dengan itu kami membantu menjelaskan kepada para pedagan bagaimana cara mempromosikan produk secara online, seperti membantu mendaftarkan pada aplikasi Shopeefood, GoBiz dan Tokopedia.

Kabupaten Bandung (10/08/2022) – Sosialisasi pada UMKM secara bergantian, dikarenakan waktu yang pedagang miliki tidak banyak, sehingga kami yang mendatangi langsung ke tempat dagangnya dan memberi tahu cara mendaftarkan produk ke aplikasi-aplikasi jual beli online untuk memasarkan produknya masing-masing. Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan dapat menambah wawasan bagi para UMKM dalam meningkatkan usahanya pada skala yang lebih besar.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image