Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image KKN Desa Cihanjuang

Upaya Meningkatkan Produktivitas pada Anak di Desa Cihanjuang

Olahraga | Saturday, 13 Aug 2022, 13:19 WIB

Desa Cihanjuang - Minggu (31/7/2022) pukul 08.30 WIB, mahasiswa KKN Tematik UPI 2022 Kelompok 72 bertempat di RW 09 Desa Cihanjuang Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat melaksanakan olahraga bersama anak – anak di RW 09.

Di Indonesia kesadaran dalam melakukan aktivitas fisik dinilai masih rendah. Masyarakat atau orang dewasa di zaman sekarang lebih banyak menghabiskan waktunya dengan bermain gadget dan asyik di depan televisi. Sehingga membuat anak – anak melakukan hal yang sama. Karena orang yang lebih dewasa dianggap sebagai contoh untuk anak – anak. Sehingga penting bagi kita untuk mengarahkan dan memberi pemahaman kepada anak – anak agar lebih produktif dan lebih siap dalam menghadapi aktivitas di masa depan.

Sesuai dengan tema yang diangkat yaitu SDG’S no 1 desa tanpa kemiskinan dan juga hasil wawancara dengan pihak RW 09 serta survei langsung ke tempat yang menunjukan bahwa di wilayah RW 09 Desa Cihanjuang banyak sekali anak – anak yang tinggal disana. Namun sayangnya di lingkungan RW 09 tidak ada sekolah. Maka kelompok 72 KKN UPI 2022 di Desa Cihanjuang menggelar program yang dapat mengedukasi para anak – anak untuk mengetahui pentingnya olahraga dan beraktivitas fisik di usia anak - anak. Program yang dilaksanakan terbagi menjadi dua program yaitu sosialisasi dan melakukan Olahraga Bersama.

Sosialisasi digelar secara online pada tanggal 30 Juli 2022 melalui whatsapp grup yang berisi orang tua dari anak – anak di RW 09. Sosialisasi dilakukan dengan mengirimkan video edukasi mengenai “Pentingnya Olahraga dan Aktivitas Fisik Pada Anak”. Pada video tersebut dibahas mengenai pengertian olahraga dan aktivitas fisik, Manfaat olahraga, bahaya jika tidak melakukan aktivitas fisik dan cara melakukannya.

Yputube : https://youtu.be/CFSBp3b4m_g

Setelah melakukan sosialiasi pada tanggal 30 Juli 2022. kelompok mahasiswa KKN UPI 2022 menggelar kegitan olahraga bersama anak – anak RW 09 pada tanggal 31 Juli 2022 yang bertempat di Katumiri. Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan para anak – anak dapat mengetahui pentingnya melakukan olahraga dan aktivitas fisik serta mengetahui minat dan bakat mereka terutama di bidang olahraga dari pada asyik menonton TV ataupun bermain gadget. Sehingga perkembangan fisik, mental dan emosionalnya berkembang dengan baik.

Kegiatan olahraga bersama ini terdiri dari tiga kegiatan, yaitu :

1. Senam bersama, menggunakan lagu Banana CHACHA dari kartun Pororo agar anak - anak merasa lebih senang dan semangat.
2. Halang rintang, menggunakan 5 buah kardus (untuk melakukan lompat 2 kaki), 6 bambu (untuk melakukan lompat satu kaki) dan 5 Cones (untuik melakukan lari zigzag)
3. Stop lagu, kegiatan ini dilakukan dengan memutar lagu kemudian ketika lagu dihentikan, mereka harus membuat lkelompok sesuai arahan.

Ketiga kegiatan tersebut temtumya memiliki manfaat bagi anak – anak yang melakukan, diantaranya untuk :

1. Meningkatkan kemampuan otak dan kemampuan belajarnya.

2. Mengajarkan anak untuk bersosialisasi dengan teman sebayanya.

3. Menjaga Kesehatan tubuhnya dan membuat jantung, otot, tulang dan sendinya kuat.

4. Meningkatkan rasa percaya diri dan membuat suasana hatinya lebih baik.

Program sosialisasi dan demontrasi akan pentingnya olahraga dan aktivitas fisik pada anak ini dilakukan agar para orang tua di RW 09 dapat mengetahui hal ini daripada membiarkan anak – anaknya terus bermain gadget tanpa melakukan aktivitas yang melibatkan banyak otot. Diharapkan anak anak juga dapat manfaat berupa ilmu dan dapat lebih aktif dan percaya diri dalam menjalani hari harinya dan mengetahui minat dan bakat mereka. Sehingga nantinya bisa meningkatkan tingkat perekonomian di RW 09 Desa Cihanjuang dengan menjadi atlet ataupun menerima beasiswa lewat prestasi non akademiknya karena mempunya rasa percaya diri yang tinggi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image