Etika dalam Berkomunikasi

Image
Menur Tadahsih
Agama | Friday, 12 Aug 2022, 15:46 WIB

Komunikasi bagi manusia merupakan suatu kebutuhan yang paling mendasar, hamper seluruh aktivitas manusia dalam kehidupan sehari – harinya bahkan kehidupan pribadinya tidak akan terpisahkan dari yang Namanya komunikasi, sehingga manusia tidak dapat hidup dan berkembang tanpa berkomunikasi. Islam juga menempatkan komunikasi sebagai sesuatu yang penting dan sesuatu yang sangat bernilai, dan semua itu jika dilakukan dengan baik itu merupakan sesuatu ibadah, jika dilakukan berdasarkan nilai – nilai yang terdapat dalam al – qur’an dan sunnah Nabi Muhammad SAW, keduanya merupakan pedoman yang berisi perihal tuntutan hidup bagi setiap umat muslim yang harus dijunjung tinggi dan menjadi ukuran – ukuran dalam berkomunikasi. Etika komunikasi islami dimasudkan sebagai suatu nilai – nilai yang baik dan yang pantas, yang memiliki setiap manfaat Ketika kita melakukan proses komunikasi kesemua bentuk komunikasi yang akan dilakukan tersebut, dan wajib didasarkan pada nilai – nilai al-qur’an dan sunnah Nabi Muhammad SAW. Nilai – nilai etika komunikasi islami yang tertuang dalam al – qur’an dan sunnah Nabi Muhammad SAW, meliputi nilai – nilai kejujuran. Nilai kejujuran ini meliputi suatu nilai dari segi keadilan, kewajaran, dan kepatutan.

Komunikasi adalah suatu aktivitas manusia yang saling berinteraksi antara satu orang maupun lebih, konsep tentang komunikasi tidak hanya berkaitan dengan masalah cara berbicara efektif saja melainkan juga etika bicara. Dalam pandangan agama islam komunikasi memiliki etika, agar jika kita melakukan komunikasi dengan seseorang maka orang itu dapat memahami apa yang kita sampaikan. Edward Depari menyatakan bahwa komunikasi adalah proses penyampaian gagasan, harapan yang disampaikan melalui lambang tertentu, mengandung arti, dilakukan oleh penyampai pesan ditujukan kepada penerima pesan.

Dalam perspektif Islam, komunikasi merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan manusia karena segala gerak langkah kita selalu disertai dengan komunikasi. Komunikasi yang dimaksud adalah komunikasi yang islami, yaitu komunikasi berakhlak al karimah atau beretika. Komunikasi yang berakhlak alkarimah berarti komunikasi yang bersumber kepada Al Quran dan hadis (sunah Nabi).

Sebahagian kita mungkin menggangap komunikasi adalah sesuatu yang biasa dan sederhana, sehingga seringkali kita lalai untuk memperhatikan bagaimana seharusnya berkomunikasi yang baik terhadap sesama manusia terutama terhadap keluarga, teman dan orang lain di sekitar kita. Tanpa disadari bahwa komunikasi yang kita lakukan telah membawa banyak manfaat, kebaikan dan manfaat dalam kehidupan kita, disisi yang lain komunikasi juga telah banyak menimbulkan mudarat, konflik, kerugian dan bahkan bencana dalam kehidupan manusia. Hal tersebut terjadi karena manusia lupa dalam menempatkan dan menjunjung tinggi etika dalam berkomunikasi.

Manusia sebagai makhluk pribadi dan mahluk sosial menduduki posisi yang sangat penting dan strategis. Sebab, hanya manusialah satu - satunya makhluk Allah SWT yang diberikan amanah sebagai khalifah dimuka bumi dan dikarunia kemampuan berkomunikasi. Alquran menyebutkannya dengan kata al bayan .

1. Dengan kemampuan itulah memungkinkan manusia membangun hubungan sosialnya. Kemampuan berkomunikasi yang dimiliki manusia adalah sebuah keadaan dimana komunikasi yang dilakukan dapat membentuk saling pengertian dan menumbuhkan persahabatan, memelihara kasih sayang, menyebarkan pengetahuan, dan melestarikan peradaban dan sebagainya. Dalam perspektif Islam, komunikasi dipandang sebagai upaya untuk membangun hubungan secara vertikal dengan Allah SWT (Hablumminallah) dan juga untuk menjalin komunikasi secara horizontal yaitu hubungan dengan sesama.(Saefullah)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Periklanan Syariah

Pemerkosaan dalam Perspektif Hukum Islam

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Perkuat softskills dan hardskills mahasiswa, Uhamka laksanakan kuliah umum tahun ajaran 2022-2023

Image

Sambut 33 Taruna Poltekip 53 Gelombang 3, Rajawali Lapas Karanganyar berikan Pengarahan

Image

Saka Taruna Bumi Lapas Pemuda Plantungan Sebagai Sarana pembinaan WBP

Image

Apel Pagi, Kepala LPKA Kelas I Palembang Kemenkumham Sumsel Ingatkan Pentingnya Jaga Integritas

Image

Ilmu Komunikasi Umsida Asah Kesiapan Mahasiswa Hadapi Dunia Kerja Lewat Uji Kompetensi Profesi

Image

5 Rekomendasi Restoran dengan Pemandangan Terindah di Sentul, Bogor

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image