Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Fadilah

Pengaruh Obat Herbal Terhadap Kesehatan Manusia

Eduaksi | Friday, 12 Aug 2022, 15:06 WIB

Indonesia sebagai negara yang memiliki kekayaan hayati kedua di dunia setelah Brazil. Di Indonesia, di perkirakan hidup sekitar 40.000 spesies tanaman, dimana 30.000 spesies di antaranya tumbuh di kepulauan Indonesia dan 9.600 darinya merupakan tanaman yang memiliki khasiat sebagai obat herbal. Banyaknya tanaman yang bisa di gunakan sebagai obat herbal telah menyuplai kebutuhan obat herbal yang di lakukan secara turun menurun.

Khasiat yang terkandung di dalam tumbuhan obat herbal menjadikan salah satu pengobatan yang di lakukan oleh nenek moyang sejak berabad abad yang lalu. Obat herbal di kenal sebagai obat yang manjur untuk mengatasi berbagai penyakit dan menjaga kesehatan manusia. Tamuan penelitian ternyata menjawab fakta dan mitos yang beredar di masyarakat. Tak di sangka bahwa obat herbal menjadi solusi beberapa penyakit dan menjadi pencegahan, pengobatan, perawatan kesehatan.

Di dunia ada banyak cara untuk mengobati seseorang. Salah satunya dengan menggunakan bahan alam. Penggunaan bahan alam sebagai obat herbal di indonesia sendiri telah di lakukan oleh nenek moyang kita sejak berabad abad yang lalu. Sampai saat ini masyarakat indonesia masih banyak yang percaya akan khasiat obat herbal. Berbagai jenis tanaman yang di miliki oleh negara ini merupakan aset berharga yang harus di kembangkan dan memerlukan kesadaran dari berbagai pihak untuk menjadikan sebagai sistem pengobatan khas indonesia.

Tanaman yang berkhasiat sebagai obat herbal dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai sarana pencegahan, pengobatan, serta perawatan kesehatan. Bentuk sediaan obat herbal ada tiga yaitu : obat herbal cair, obat herbal semisolid, dan obat herbal padat atau kering. Obat herbal memiliki efek samping yang relatif sedikit dengan catatan memenuhi kaidah dan aturan dalam penggunaanya.

Obat herbal di gunakan oleh seluruh kalangan. Mulai dari anak kecil, remaja, dewasa dan lanjut usia. Karena khasiat yang sangat ampuh untuk mengobati berbagai penyakit. Tetapi banyak juga yang menganggap obat herbal obat itu adalah obat yang kuno dan sudah tidak ampuh lagi di zaman yang semakin maju ini.

Obat herbal adalah obat yang menggunaan tanaman sebagai media utama untuk mengobati seseorang atau bisa juga untuk menjaga kesehatan seseorang dari serangan penyakit. Obat herbal juga sudah terkenal dengan khasiat yang baik yang bisa menjaga kekebalan tubuh. Banyak tanaman yang bisa di gunakan untuk obat herbal, apalagi di Indonesia yang memiliki berbagai macam tanaman. Oleh dari itu kita harus bersyukur tinggal di Indonesia karna banyak tanaman yang bisa digunakan sebagai media untuk pengobatan.

Bentuk sediaan obat herbal ada tiga, yaitu sediaan obat herbal cair, sediaan obat herbal semisolid, dan sediaan obat herbal padat atau kering. Sediaan obat herbal cair ini dapat berupa sirup, emulsi, suspensi, jamu cair, eliksir, dan bentuk cair lainnya.penggunaannya dapat dilakukan untuk pemakaian obat dalam dan obat luar.

Sediaan obat herbal semisolid yang sering di jumpai di pasaran dapat berupa krim atau salep yang di buat semipadat. Sediaan krim atau salep adalah sediaan setengah padat yang mudah di oleskan dan bahan bakunya larut secara homogen dalam dasar krim atau salep. Sediaan obat ini sering digunakan sebagai obat herbal.

Sediaan an bahan bakunya larut secara homogen dalam dasar krim atau salep. Sediaan obat ini sering digunakan sebagai obat herbal. Sediaan obat herbal padat atau kering ini juga sering di sajikan dalam bentuk serbuk atau yang lebik modern, yaitu pil, tablet, pastiles, dan ekstrak simplisia serbuk yang di masukkan ke dalam cangkag kapsul

Dampak yang diterima oleh seseorang yang mengkonsumsi obat herbal contohnya seperti seseorang yang mengkonsumsi jahe merah. Jahe merah memiliki nama ilmiah zingiber officenale vinn var rubrum. Dampak dari mengkonsumsi jahe merah di antaranya adalah merangsang regenerasi kulit, memperlambat proses penuaan, antihistamina, mengobati batuk, mengobati gatal, melegakan saluran pernafasan, perut kembung, serta sakit kepala.

Jenis Obat Herbal :

1. Jamu, jamu adalah ramuan bahan hewan atau tumbuhan yang campurannya secara turun-temurun telah digunakan untuk pengobatan berdasarkan pengalaman.

2. Obat herbal terstandar. Obat herbal terstandar adalah sediaan obat bahan alam yang telah di uji secara ilmiah yang meliputi uji khasiat dan manfaat, serta bahan bakunya telah terstandarisasi.

Fitofarmaka.Fitofarmaka adalah sediaan obat bahan alam yang telah d buktikan keamanan dan khasiatnya secara ilmiah dengan uji praklinis menggunakan hewan percobaan serta uji klinis pada manusia. Bahan baku dan produknya telah terstandarisasi melalui persyaratan mutu yang berlaku

Penulis : M.Fadilah Perdana

Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi

FISIP Universitas Muhammadiyah Jakarta

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image