Ini Dia, Penyebab Kode OTP Tidak Masuk Ke Perangkat Anda

Image
Rodia Faisah
Edukasi | Friday, 12 Aug 2022, 14:29 WIB

Kode OTP One Time Password adalah suatu kata sandi atau kode yang sengaja dikirim oleh sistem keamanan ke nomor ponsel milik Anda yang terdaftar. Kode ini menjadi sangat penting untuk memperkuat tingkat keamanan akun milik Anda.

Kode ini ternyata banyak sekali digunakan pada sistem di bidang perbankan, sistem perdagangan untuk e-commerce, atau bahkan akun portal game yang sering Anda mainkan sehari - hari. Apalagi sekarang OTP murah banyak ditawarkan.

Namun, terkirimnya kode One Time Password ini sering sekali memiliki beberapa masalah. Di antaranya kasus masalah yang paling umum, yaitu kode OTP tidak dikirim ke nomor ponsel atau email Anda yang sudah terdaftar.

Bahkan, Anda bisa saja harus menunggu lama hingga beberapa jam lagi sebelum bisa meminta kode OTP lagi setelah kode OTP tidak dikirim. Namun, kode OTP yang akan dikirim ke ponsel Anda belum juga Anda terima.

Tentu saja, hal ini tidak memungkinkan Anda untuk dapat mendaftar atau membuat akun tertentu karena kode OTP tidak terkirim. Oleh karena itu, perlu adanya penjelaskan mengapa harus terjadi kejadian saat kode OTP tidak terkirim atau belum Anda terima.

Penyebab Kode OTP Tidak Terkirim Ke Perangkat Milik Anda

1. Salah memasukkan nomor ponsel

Penyebab pertama yang paling umum adalah salah input nomor atau salah nomor. Jika nomor yang Anda masukkan salah, kode OTP tentu tidak akan dikirimkan ke nomor ponsel Anda. Jadi ketika Anda memasukkan nomor ponsel Anda untuk verifikasi, pastikan itu benar agar kode verifikasi atau kode OTP dapat dikirim ke ponsel Anda.

2. Operator sibuk atau mengalami masalah

Cara mengatasi kode OTP tidak terkirim adalah karena operator sedang sibuk atau bermasalah adalah dengan menunggunya. Karena tentu kita tidak punya pilihan lain selain menunggu atau menghubungi layanan pelanggan.

Karena kita tahu bahwa gangguan biasanya dapat mengakibatkan hilangnya sinyal dan ketidakmampuan untuk menerima atau melakukan panggilan. Mengirim dan menerima pesan teks dan mengakses Internet.

Jadi jika kartu yang Anda gunakan tidak memiliki sinyal dan Menunjukkan tanda - tanda melihat tanda silang, Anda dapat meminta kode OTP lagi setelah sinyal pada perangkat Anda sudah muncul. Juga, Anda dapat membaca Cara mengatasi sinyal yang hilang dengan tanda silang.

3. Salah atau tidak mau mengidentifikasi kode negara

Penyebab dari kode OTP tidak terkirim selanjutnya adalah tidak teridentifikasinya kode negara. Banyak website atau aplikasi yang biasanya mengharuskan Anda menggunakan kode negara +62.

Namun pada bagian tempat Anda memasukkan nomor tersebut tidak memberikan informasi bagaimana cara mengirim kode verifikasi, sehingga kode OTP tidak terkirim. Jika mungkin Anda awalnya menggunakan 08, ubah saja menjadi +628.

Juga, jika Anda awalnya tadi menggunakan +628, ubah saja menjadi 08. Atau meskipun seperti ini namun belum menerima kode OTP setelah pertanyaan berulang, maka ulangi saja beberapa kali hingga terkirim karena mungkin server sedang sibuk.

4. Tidak mau memverifikasi di salah satu aplikasi

Jika Anda tadinya telah meminta kode OTP atau kode verifikasi melalui aplikasi SMS atau pesan teks tetapi kode OTP tidak terkirim, bisa jadi bahwa server tidak mau memverivikasi melalui aplikasi tersebut. Jadi Coba saja untuk memilih aplikasi lain yang dapat menerima informasi berupa pesan atau bahkan telepon kode OTP.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Menkumham Yasonna H Laoly Beri Pemahaman Sejak Dini ke Murid SD dan SMP

Image

Melalui DJKI Mengajar, Kemenkumham Jateng Kenalkan Kekayaan Intelektual Sejak Dini

Image

Warga Binaan Lapas Purwokerto Ikuti Sosialisasi HIV/AIDS, Hepatitis C dan Siphilis

Image

Menkumham Yasonna H Laoly Beri Pemahaman Sejak Dini ke Murid SD dan SMP

Image

Tingkatkan Skill Jurnalisme, Solusinya Kelas Pembelajaran Jurnalistik Online dan Offline

Image

Sesditjenpas Meninjau Langsung Pembangunan 3 Proyek Lapas Baru di Nusakambangan

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image