Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Gilang Prasetyo

Fungsi Sosiologi Komunikasi dalam Kehidupan Sehari-hari

Eduaksi | Thursday, 11 Aug 2022, 19:46 WIB

Definisi sosiologi komunikasi menurut para ahli adalah proses interaksi sosial dalam masyarakat yang saling memengaruhi antara terjadi pengaruh dalam postif dan negatif. Bila postif proses itu akan berlangsung elok, akan tetapi jika proses hubungan komunikasi dalam masyarakat negatif akan menimbulkan dinamika kelompok sosial dalam masyarakat. (Soerjono Soekanto)

www.freepik.com

Sosiologi komunikasi juga dapat diartikan tentang interaksi sosial antara masyarakat satu dengan lainnya untuk menciptakan keteraturan sosial sehingga prihal ini komunikasi bisa dilakukan secara individu dan juga kelompok dalam proses timbal balik yang diperlunya.

Berikut ini adalah fungsi sosiologi komunikasi dalam kehidupan sehari-hari :

1. Mampu berkomunikasi dengan baik dan dapat memberikan wawasan mengenai tatacara berkomunkasi yang baik dan benar.

2. Dapat membangun hubungan atau relasi baik di masyarakat atau lingkungan sekitar.

3. Dapat menempatkan diri dalam memilih diksi, intonasi dan mimik dengan lawan bicara.

4. Memberikan rasa percaya diri dalam melakukan hubungan sosial dengan masyarakat.

5. Dapat mengurangi miskomunikasi atau kesalahpahaman dalam berinteraksi di lingkungan bermasyarakat.

Fungsi diatas bisa kita jadikan prinsip dasar dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Sebagaimana yang sudah disebutkan di awal, sosiologi mempelajari interaksi sosial. Ilmu komunikasi membahas tentang segala hal yang berkaitan dengan komunikasi. Dengan demikian kita bisa di uraikan beberapa objek kajiannya, seperti:

Interaksi sosial : Dapat mengetahui atau mempelajari interaksi sosial yang terbentuk di masyarakat atau lingkungan sekitar, dalam hal ini termasuk salah satu kesamaan antara ilmu komunikasi dal ilmu sosiologi.

Media massa : Dapat mempelajari pola interaksi antara media massa dan masyarakat, dan bagaimana mengetahui dampak penyebaran informasi di media maasa pada kehidupan sosial.

Media sosial : Dapat membangun relasi baik di luar lingkungan sekitar dan mempelajadi arus informasi yang tersebar di media digital pada masyarakat.

Teknologi Informasi dan komunikasi : Dapat mempelajari atau memberikan pengetahuan tentang kemajuan perkembangan teknologi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image