Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ridho Fadilla

Apa Itu Sosiologi Komunikasi

Edukasi | Wednesday, 10 Aug 2022, 20:08 WIB

Kehidupan bermasyarakat merupakan obyek pengamatan sosiologi yang masuk dalam rumpun ilmu sosial. Sosiologi mempelajari berbagai segi kehidupan manusia yang bermasyarakat dan salah satu ruang lingkup yang diamati adalah interaksi sosial yang terjadi dalam masyarakat. Inti dari interaksi sosial adalah komunikasi, karenanya muncul kekhususan dalam sosiologi yang dinamakan Sosiologi Komunikasi, yaitu ilmu yang mempelajari atau menelaah hubungan timbal balik antara media massa dengan masyarakat.

Pengertian tersebut dikemukakan oleh Jalaludin Rahmat dalam kata Pengatarnya di buku Sosiologi Komunikasi Massa, karangan Charles R. Wright. Menurutnya juga, Mahasiswa mampu menjelaskan konsep Sosiologi Komunikasi 2 dalam telaah tersebut salah satunya juga mengemukakan pengaruh media massa terhadap dinamika sosial dan sebaliknya proses sosial dapat mempengaruhi mekanisme kerja media massa. Tujuan dilakukannya kajian Sosiologi Komunikasi adalah untuk dapat mengembangkan norma-norma sosial, membentuk interaksi sosial, melakukan kontrol sosial, dan menimbulkan perubahan sosial.

Di Indonesia, seringkali sosiologi komunikasi digunakan untuk mengetahui dampak penggunaan media massa dalam menyampaikan pesan-pesan pembangunan, dampak media massa dalam pembentukan mentalitas bangsa, serta hubungan masyarakat dalam lembaga-lembaga sosial serta perilaku media massa.

Sosiologi Komunikasi menurut Soerjono Soekanto (Soekanto, 2003: 423) merupakan kekhususan sosiologi dalam mempelajari interaksi sosial yaitu suatu hubungan atau komunikasi yang menimbulkan proses saling pengaruh mempengaruhi antara para individu, individu dengan kelompok maupun antar kelompok.

Mengingat masyarakat sebagai obyek kajian, maka mempelajari sosiologi komunikasi tidak akan bisa melepaskan diri dengan media interaksi sosial yaitu, lembaga sosial serta media massa dan norma-norma sosial yang mengaturnya. Oleh karena itu, seringkali sosiologi komunikasi kemudian ditulis sebagai sosiologi komunikasi sebagaimana yang dikemukakan oleh Charles R. Wright dan beberapa buku di Indonesia lainnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image