Jangan Letakkan Kebahagiaanmu di Mulut Orang Lain

Image
Mohamad Su'ud
Edukasi | Wednesday, 10 Aug 2022, 08:32 WIB

Tantangan itu pasti. Cibiran dan ejekan bahkan cemoohan tidak bisa kita hindari dalam kehidupan bermasyarakat. Kita sudah berusaha hati-hati masih ada celotehan orang lain. Kita sudah semaksimal mungkin tidak merugikan dan mendholimi orang lain, masih ada orang yang menuduh macam-macam. Inilah realitas kehidupan. Terimalah.

Jika Anda memasukkan semua omongan, komentar negatif orang lain ke dalam hati Anda, maka Anda akan merasakan capek luar biasa. Hidup Anda menjadi "tanpa arah". Anda harus memiliki sikap tegas bahw Andalah pemilik keputusan. Tidak semua hal dari luar kita simpan dalam hati. Terlalu mahal resikonya.

Ilustrasi (DokPri oleh Mohamad Su'ud)

Mereka yang membuat label negatif hanyalah orang luar. Mereka tidak tahu apa yang terjadi sesungguhnya dalam diri Anda. Bahagiakan diri Anda, jangan terpengaruh. Jangan "buang" energi untuk meresponnya. Kalau memang apa yang mereka bicarakan tidak sesuai dengan fakta, mengapa Anda menanggapi? Sesekali bersikaplah cuek. Kata peribahasa, "Biarlah Anjing menggonggong".

Anda pemilik sejati kebahagiaan itu, bukan melekat pada mulut orang-orang yang usil. Fokuslah masa depan Anda. Orang-orang yang kau cintai, keluarga, famili berhak mendapatkan perhatian darimu, bukan dari mulut-mulut orang "pengangguran".

"Ya Allah jadikanlah cahaya pada hatiku, kuburku, pendengaranku, penglihatanku, rambutku, kulitku, dagingku, darahku, tulang-tulangku, di hadapanku, belakangku, sisi kananku, sisi kiriku, sisi atasku, dan pada sisi bawahku. Ya Allah tambahkanlah cahaya bagiku. Berikanlah cahaya kepadaku. Jadikanlah cahaya bagiku. Jadikanlah diriku bercahaya."

Wallaahu alam

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Aktifis Muhammadiyah. Saat ini aktif menulis dan editor beberapa buku. Juga mengelola beberapa channel kajian di telegram.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Sidang P20 Wujudkan Langkah Konkret Atasi Krisis Pangan dengan Pembangunan Berkelanjutan

Image

Tragedi Kanjuruhan Nestapa Sepak Bola Indonesia

Image

Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, Warga Binaan Lapas Purwokerto Ikuti Rangkaian Kegiatan Berikut

Image

Peserta Enrekang Cross Country Diprediksi Capai 1000 Goweser

Image

Peluang Ekonomi Mikro Menggunakan Bahan Yang Tidak Terpakai

Image

MENCARI GORESAN INDAH DI ATAS KANVAS KEKALAHAN

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image