Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Risa Deninta Irawan

4 Cara Menyambungkan Kabel Listrik, Mudah Dicoba

Info Terkini | Friday, 26 Nov 2021, 18:32 WIB
Sumber gambar: Canva.com - Diedit oleh Risa Deninta Irawan

Sebenarnya pada cara menyambungkan kabel listrik yang benar tidak memakai sambungan secara utuh. Namun dalam beberapa situasi memang Anda harus melakukan penyambungan di kabel tersebut secara utuh.

Siapapun yang bahkan tidak memiliki latar belakang pekerjaan di bidang listrik, tidak ada salahnya mempelajari bagaimana cara menyambung kabel sehingga bisa menghantarkan arus listrik. Namun ada cara yang benar, lho! Anda harus mengikuti prosedur yang mudah dipahami dan tidak boleh asal-asalan.

Cara Menyambungkan Kabel Listrik

Mungkin sebagian orang merasa memahami bagaimana caranya menyambung kabel tidak terlalu penting, namun jika di dalam keadaan darurat dan terdesak, mau tidak mau Anda harus melakukannya sendiri.

Untuk itulah artikel ini hadir guna memberikan ilmu baru yang sederhana supaya Anda bisa paham sedikitnya tentang listrik.

1. Sambungan Kabel Ekor Babi (Pig Tail)

Tunggu... jangan langsung fokus pada namanya, pemasangan menggunakan metode yang pertama ini cukup mudah jika Anda coba. Tentunya pemasangan menggunakan kabel pigtail efektif untuk menyambungkan listrik tunggal.

Caranya:

Kupas bagian isolasi sekitar 2 sampai 3 cm.

Gabungkan kedua ujung kabel menjadi satu.

Nantinya inti kabel akan terlihat, nah Anda perlu menggabungkan kedua ujung kabel tersebut dengan cara pelintir secara pelan.

Sekiranya sudah tergabung rapat, potonglah bagian ujung kabelnya supaya terlihat lebih rapi.

Yang terakhir tutup bagian tersebut menggunakan isolasi khusus supaya sambungan aman.

2. Sambungan Bolak-balik

Pada metode sambungan bolak-balik ini sebenarnya mempunyai banyak kelebihan. Seperti sambungan yang lebih kuat sehingga tidak mudah lepas saat sudah terpasang dengan listrik.

Apabila Anda sedang membutuhkan cara pemasangan kabel listrik dengan 3 warna atau bahkan lebih, maka menggunakan metode bolak-balik cocok untuk pemasangan tersebut.

Caranya:

Kupas ujung kabel listrik sekitar 3 sampai 4 cm.

Letakkan kedua kabelnya dalam posisi sejajar.

Selanjutnya silangkan kedua ujung kabel listrik sampai membentuk huruf X .

Lalu putar kedua kabel bersamaan dengan hati-hati.

Sisa kabel pastinya memiliki ujung yang lebih panjang, Anda Bisa bengkokan itu sampai membentuk posisi setidaknya 180 derajat atau bisa membentuk garis lurus.

Nah, yang terakhir, putar kedua kabel dengan cara yang sama seperti langkah pertama supaya sambungannya menjadi lebih kuat.

3. Sambungan Britania

Selanjutnya ada metode pemasangan listrik menggunakan sambungan Britania. Anda hanya membutuhkan 2 jenis kabel namun dengan ukuran yang berbeda.

Pada satu kabel ukurannya harus besar sekitar 5 sampai 7 mm, dan satunya lagi ukuran lebih kecil yang nantinya akan Anda gunakan sebagai pengikat.

Caranya:

Langkah awal, potong ujung kabel listrik yang Anda akan sambungkan.

Siapkan kabel yang berukuran kecil lalu kupas bagian ujung setidaknya sampai hanya tersisa bagian intinya saja.

Bengkokan kedua ujung kabel yang Anda ingin sambungkan.

Selanjutnya letakan kabel secara bersisian pada posisi yang berlawanan.

Pastikan dulu bagian bengkok kabel menghadap keluar lalu pasang dengan posisi berlawanan.

Anda bisa lilitkan kabel kecil yang mengitari dua buah kabel tersebut yang sudah diletakkan dengan posisi bersisian tadi

Pastikan kembali Anda melilit kabel dengan kuat supaya sambungan tidak mudah lepas.

4. Sambungan Scarf

Yang terakhir ada sambungan scarf yang mungkin Anda akan melihat sekilas mirip dengan sambungan Britania. Yup, pada metode pemasangan kabel listrik ini juga membutuhkan kabel kecil sebagai alat untuk mengikat.

Caranya:

Kabel kecil sebaiknya pipihkan terlebih dahulu supaya sambungannya menjadi tidak terlalu besar nantinya saat sebelum proses menyambungkan.

Lalu siapkan dua buah kabel yang sudah Anda kupas ujungnya, selanjutnya letakkan kabel inti tersebut secara berdempetan.

Lilitkan kabel ukuran kecil yang sudah Anda pipihkan tadi, caranya mudah, Anda hanya perlu melilitkan kabel dengan kuat mengelilingi kabel utama tadi.

Sebelum Anda gunakan, pastikan dulu lilitan kabel kecil tersebut sudah kuat sehingga tidak mudah lepas nantinya.

Nah, apabila Anda ingin metode yang lebih modern dalam cara menyambungkan kabel listrik, Anda bisa menggunakan konektor WAGO. Tentu saja pada metode pemasangan ini Anda tidak lagi melilit-lilit kabel dan memastikan apakah terpasang sudah kuat, karena dengan konektor tersebut semuanya sudah secara otomatis terpasangkan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image