Teladan dan Inspirasi Nabi Muhammad SAW Serta Para Sahabat

Image
Anis Fauziah
Sastra | Friday, 26 Nov 2021, 16:29 WIB

Judul buku : Amazing Stories

Penulis : Muhammad Khalid

Penerbit : Pustaka Al-Uswah

Halaman : 368

Ukuran : 14 x 20

Tahun terbit : Februari 2020

Peresensi : Anis Fauziah/231/Farmasi F

Buku amazing stories karya Muhammad khalid secara keseluruhan memiliki beberapa pokok bahasan. Buku ini mengisahkan tentang rasulullah dan para khalifah sahabat Rasul. Bagaimana mereka beribadah, memperjuangkan Islam, menghadapi beberapa cobaan, kesabaran, keikhlasan dan juga persaudaraan. Sehingga kita lebih mengenal Nabi dan para khalifah serta mengetahui berbagai peristiwa yang menimpanya.

Pembahasan dibuku ini mulai dari sejarah singkat hidup Nabi Muhammad SAW sampai dengan silsilah keluarga nabi Muhammad. Tahun 571 M yang dikenal sebagai tahun gajah, dimana orang mengenalnya karena serangan abrahah. Serangan yang berdampak begitu besar sehingga orang-orang terus mengenangnya. Ditahun ini ada seorang bayi yang mulia lahir dari pasangan Abdullah bin Abdul Muttalib dan Aminah binti Wahab. Bayi ini kemudian diberi nama Muhammad bin Abdullah. Muhammad terlahir sebagai anak yatim, karena pada saat Abdullah pulang dari negeri syam (siria) ia sakit dan kemudian meninggal. Muhammad kemudian disusukan kepada seorang wanita bernama Halimah as-Sa’diyah. Sebenarnya Muhammad awalnya tidak ada yang memilih karena ibu menyusui menghindari bayi yang terlahir yatim. Namun Halimah tetap membawanya pulang.

Selama empat tahun, Muhammad ikut Bersama Halimah. Menjelang lima tahun, Halimah mengembalikan Muhammad kepada ibunya, karena telah terjadi sesuatu yang waktu itu membuatnya khawatir. Muhammad dihampiri oleh suatu makhluk lalu perutnya dibelah. Muhammad kemudian dirawat oleh ibunya Aminah dan kakekya, Abdul Mutthalib. Suatu ketika Aminah jatuh sakit sampai akhirnya Aminah meninggal yang menjadikan Muhammad menjadi yatim piatu ketika usianya masih 6 tahun. Itu berlangsung selama 3 tahun, karena kemudian Abdul Mutthalib meninggal dunia. Muhammad lalu diasuh oleh pamannya yaitu Abu Thalib. Suatu ketika, Muhammad sudah cukup umur untuk diajak berdagang ke Syam. Begitu melihat Muhammad, Bahira langsung mengenali ciri-ciri kenabian yang ada pada diri Muhammad. Karena Bahira tidak pernah berbohong, Muhammad kemudian diajak pulang ke Mekkah. Perjalanan yang tak selesai menjadi sebuah pengalaman berharga bagi Muhammad. Dia bisa melihat luasnya padang pasir dan kota-kota yang dijelajahinya. Setelah itu, pengalaman Muhammad terus bertambah. Pada usia 15 tahun, Muhammad ikut dalam perang pertamanya yaitu perang Fijar yang berlangsung selama 4 tahun. Pada usia 25 tahun, Abu Thalib merasa bahwa Muhammad sudah cukup dewasa. Baik untuk perjalanan, berdagang, maupun melindungi dirinya sendiri. Khadijah sangat mengagumi Muhammad dan rasa kagum itu berubah menjadi cinta.

Ketertarikan Siti Khadijah pernah dia sampaikan kepada seseorang yang sangat dipercayai. Sampai akhirnya semua berjalan lancar sampai ke pernikahan. Pernikahan mereka membuahkan 4 anak putri dan 2 orang putra. Kemudian datang wahyu pertama Nabi Muhammad yaitu pada saat berada di gua Hira tanggal 17 Ramadhan, datang sesosok makhluk tinggi besar yang membawa selembaran sesuatu yang ada tulisannya. Wahyu kedua ketika Muhammad dalam sebuah perjalanan pulang kerumah, dia menegadah ke langit dan nampaklah Jibril. Muhammad kembali ketakutan dan bergegas ke rumah. Jibril membawa perintah supaya aku memberi peringatan kepada umat manusia, mengajak mereka dan supaya mereka beribadat hanya kepada Allah.

Sebagai awal berdakwah Muhammad, beliau berdakwah dengan orang terdekatnya. Khadijah yang pertama, lalu Ali bin Abi Thalib, Zaid bin Haritsah, dan kemudian sahabatnya Abu Bakar. Setelah 3 tahun menyiarkan agama Islam datanglah perintah untuk berdakwah secara terang-terangan. Namun, dakwah ditolak oleh sebagian besar kaumnya. Tetapi Muhammad tidak putus asa. Bahkan, Muhammad mulai mengatakan bahwa para berhala itu bodoh, tidak bisa bergerak dan tidak bisa berbicara. Hal ini membuat orang kafir mejadi marah. Kemarahan ini kemudian mereka wujudkan dengan merencanakan untuk menganiaya Muhammad. Seiring waktu islam terus bertambah, datangnya cobaan hampir bersamaan yang pertama meninggalnya Siti Khadijah, lalu meninggalnya Abu Thalib. Setelah itu, Muhammad kemudian memutuskan untuk berdakwah ke Thaif. Tapi sayang sekali nabi Muhammad beserta sahabatnya diusir dengan kasar. Kemudian nabi hijrah ke yatsrib. Selama di yatsrib, umat islam berkembang sangat pesat. Jumlah pengikut bertambah,termasuk para pembesar. Banyak perang yang terjadi yang dimenangkan oleh umat islam. Hal ini membuat Islam semakin popular. Kemudian nabi Muhammad bersama para pengikutnya menghancurkan berhala yang ada disekitar Ka’bah. Dua tahun setelah penaklukkan Makkah, Nabi Muhammad melaksanakan ibadah haji disebut dengan haji wada’ (haji perpisahan), karena setelah itu beliau meninggalkan umatnya untuk selamanya.

Setelah Nabi Muhammad wafat, dibuku ini kemudian menceritakan tentang khulafaur rasyidin, yaitu empat orang khalifah yang dipercaya oleh umat islam sebagai penerus kepemimpinan Nabi Muhammad setelah beliau wafat. Mulai dari Abu Bakar, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib. Sampai kisah-kisah terbesar Nabi Muhammad dan teman-teman.

Buku Amazing Stories merupakan buku yang menarik, terdapat banyak nilai-nilai kehidupan yang dapat kita ambil. Dapat dibaca  pembaca dari semua kalangan dan pesan yang disampaikan sangat jelas. Gaya bahasa yang sederhana dan tidak bertele-tele. Tetapi masih ada kekurangan, yaitu tidak ada gambar-gambar. Hal tersebut kurang adaptif untuk pembaca yang mudah jenuh. Namun semua itu tidak menurunkan daya tarik dan kelebihan buku ini. Menceritakan dari awal kisah sebelum hadirnya Rasul dan juga para Khalifah.

Pereview :

Nama : Anis Fauziah

Mahasiswa : Universitas Muhammadiyah Malang

Fakultas : Ilmu Kesehatan

Program Studi : Farmasi

Dosen Pembimbing : Dr. Daroe Ismawatiningsih, M.Si

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

SOLUSI EKONOMI DAN KEUANGAN ISLAM SAAT SAAT PANDEMI COVID 19

Image

Dosen Pascasarjana Uhamka Berhasil Terpilih dalam Program DRIVEN 2022 BRIN dari 374 Proposal

Image

MASINDO Ajak Seluruh Stakeholder Gaungkan Budaya Sadar Risiko

Image

Pegawai Bapas Semarang Antusias Menjaga Kebersihan Kantor

Image

Waspada! Risiko Selalu Berdampingan dengan Kehidupan Sehari-hari

Image

RGN Tegal Gelar Latber Kicau Mania Di Trasa

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image