Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image humas ump

Gandeng MGMP IPS Banyumas, Magister IPS UMP Gelar Lomba Cerdas Cermat

Edukasi | Tuesday, 09 Aug 2022, 09:16 WIB
Gandeng MGMP IPS Banyumas, Magister IPS UMP Gelar Lomba Cerdas Cermat

Prodi Pendidikan Magister IPS Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) jalin kerja sama dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (MGPM IPS) Kabupaten Banyumas gelar Lomba Cerdas Cermat (LCC) tingkat SMP. Gelaran tersebut diikuti oleh 100 sekolah negeri dan swasta di Auditorium Ukhuwah Islamiyah UMP Kamis, (17/3/2022).

Wakil Rektor I Bidang Akademik UMP Ir. Aman Suyadi, M.P. dalam sambutannya mengatakan UMP siap support kegiatan tingkat nasional. Dalam kesempatannya ia juga berpesan kepada seluruh peserta agar bertanding secara jujur dan sportif.

“Kami dorong pelaksanaan cerdas cermat tidak hanya untuk SMP/MTS tetapi juga untuk SMA/MA bahkan hanya tingkat Kabupaten Banyumas, tingkat karisidenan, tingkat provinsi, maupun tingkat nasional kita dorong,” jelasnya.

Lebih lanjut Aman mengatakan, pelajar harus terbiasa dengan kompetisi. Menurutnya, didalam kompetisi harus sportif, dan harus jujur. Baik peserta, guru, maupun juri untuk tetap jujur.

Ketua MGMP IPS Nophida Ardyansah menambhkan dasar pelaksanaan kegiatan LCC ini adalah musyawarah pengurus MGMP kab.banyumas pada tanggal 20 januari 2022 dan koordinasi dengan pihak program studi magister pendidikan IPS UMP pada tanggal 4 februari 2022, dilanjutkan koordinasi dengan perwakilan pengurus rayon MGPM IPS se kab. Banyumas pada tanggal 17 februari 2022.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas Irawati, SE menyampaikan tujuan dalam perlombaan untuk membentuk insan yang bermutu dan berkarakter mencapai tujuan pendidikan nasional.

“Lomba ini ada 3 tujuan. Pertama memacu peningkatan prestasi peserta didik melalui persaingan yang sehat, memacu guru mata pelajaran IPS. Meningkatkan kualitas dan kompetensinya dan mewujudkan insan yang bermutu dan memiliki daya saing,” katanya.

Ketiga tujuan itu, lanjut Irawati, sangat baik dalam rangka membentuk insan yang bermutu dan berkarakter untuk mencapai tujuan pendidikan nasional yaitu profil pelajar pancasila.

Sementara itu, Kepala Prodi Magister Pendidikan IPS Dr. Sriyanto dalam sambutannya mengatakan tujuan pembelajaran IPS bukan hanya sekedar pengetahuan melainkan sudah digulirkan kurikulum merdeka.

“Ada tiga pilar yang ada disana yang pertama. Yakni numerasi, literasi, dan karakter. Tujuan pembelajaran IPS pada dasarnya adalah membentuk warga negara yang bertanggung jawab, demokratis kemudian bisa mengembangkan negara dan berpartisipasi dalam masyarakat itu tujuan pembelajaran IPS bukan hanya sekedar pengetahuan,” pungkasnya. .

Lebih lanjut Dr Sriyanto mengatakan, tujuan diselenggarakan LCC untuk mengacu peningkatan prestasi para peserta didik melalui persaingan yang sehat, memacu para guru IPS untuk meningkatkan kualifikasi dan kompetensinya.

“Kegiatan ini sebagai upaya mewujudkan siswa yang mandiri, kreatif, dan nalar kritis yaang bermutu dan memilki daya saing sesuai dengan profil pelajar Pancasila,” pungkasnya. (smm/tgr)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image