KKN TEMATIK Universitas Pendidikan Indonesia 2022, RW004 Kelurahan Sukagalih: Imunisasi Dasar Lengka

Image
Muhammad Erzal Akbar
Eduaksi | Monday, 08 Aug 2022, 14:47 WIB

Menurut Kementrian Kesehatan Republik Indonesia Imunisasi adalah suatu upaya untuk menimbulkan/meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif terhadap suatu penyakit, sehingga apabila suatu saat terpajan dengan penyakit tersebut tidak akan sakit atau hanya mengalami sakit ringan.

Vaksin mengandung bakteri yang telah dibunuh atau dilemahkan sehingga tidak membuat tubuh sakit. Vaksin merangsang sistem kekebalan tubuh untuk memproduksi antibodi. Memungkinkan tubuh menjadi kebal terhadap penyakit tanpa sakit terlebih dahulu. Vaksin adalah cara untuk mencegahnya, tidak seperti obat yang mengobatinya.

Menurut biofarma Indonesia memiliki konsep imunisasi rutin lengkap yang dibagi menjadi imunisasi dasar dan imunisasi lanjutan. Pelaksanaan imunisasi ini dibagi berdasarkan usia anak. Imunisasi dasar pada anak adalah langkah pencegahan utama dan imunisasi lanjutan berfungsi untuk menjaga imunitas agar tetap optimal seiring bertambahnya usia. (source: https://www.biofarma.co.id/id/berita-terbaru/detail/imunisasi-dasar-anak)

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia mewajibkan jenis imunisasi untuk anak yang dilakukan beberapa kali sepanjang hidup si buah hati. Manfaat imunisasi diantaranya yaitu: Melindungi anak dari resiko mengalami sakit berat yang berakibat kematian dan Imunisasi dapat melindungi orang lain.

Hal yang disebut herd immunity atau kekebalan kelompok lah yang yang dapat melindungi orang lain, mengapa demikian? Suatu kondisi di mana vaksin tidak hanya melindungi mereka yang kebal tetapi juga bermanfaat bagi anak-anak yang tidak divaksinasi. Ketika banyak anak yang sudah mendapatkan perlindungan dari vaksin, mereka akan membantu sebagian anak yang kekurangan sistem kekebalan tubuh atau anak yang belum mendapatkan vaksin dengan cara mengurangi penyebaran penyakit. Singkatnya semakin banyak anak yang mendapatkan vaksin maka semakin sedikit pula penyebaran penyakit. Dengan demikian mereka yang tidak mendapatkan vaksin maka dapat ikut terlindungi.

Dengan begitu tidak ada lagi alasan untuk para orang tua untuk melaksanakan program imunisasi untuk buah hati, imunisasi tersebut meningkatkan kekebalan tubuh yang dimana akan melindungi si buah hati namun juga menlindungi orang lain dari berbagai penyakit.

Dalam rangka pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi yang ketiga, yaitu mengabdi kepada masyarakat melalui kegiatan tematik KKN (Kerja Kuliah Nyata) UPI, mahasiswa turut menyukseskan kegiatan vaksinasi di wilayah Kelurahan Sukagalih tepatnya di RW004 Pos 2.

Senin, 01 Agustus 2022 di RW004 Kelurahan Sukagalih telah melaksanakan kegiatan BIAN tahap 2. Pihak-pihak yang terlibat diantaranya, Puskesmas Sukagalih, Kader Posyandu RW04, masyarakat setempat, dan Mahasiswa KKN Tematik UPI ikut terlibat dalam menyukseskan kegiatan imunisasi dan sosialisasi urgensi imunisasi yang sejalan dengan Strategi Komunikasi Imunisasi Nasional 2022-2025.

BIAN yaitu Bulan Imunisasi Anak Nasional merupakan program Kementrian Kesehatan Republik Indonesia dalam mengejar cakupan imunisasi yang menurun akibat pandemi Covid-19. Pada bulan Juli 2020, WHO dan UNICEF menyerukan bahwa terjadi penurunan yang signifikan dalam jumlah anak yang menerima imunisasi akibat pembatasan mobilitas dan terganggunya layanan kesehatan selama pandemi Covid-19. Oleh karena itu Kementrian Kesehatan Republik Indonesia merancang program BIAN.

BIAN (Bulan Imunisasi Anak Nasional merupakan pemberian imunisasi tambahan Campak-Rubela dan juga untuk melengkapi dosis Imunisasi Polio dan DPT-HB-Hib yang terlewat. Program ini diharapkan dapat menutup kesenjangan imunitas anak dengan melakukan hamonisasi kegiatan imunisasi tambahan dan imunisasi kejar.

Kegiatan yang dilaksanakan di RW04 Kelurahan Sukagalih bukan hanya melengkapi dosis imuniasi sebelumnya yang terganggu akibat Covid-19, kegiatan berlanjut dengan pengukuran tinggi badan, penimbangan berat badan, pemberian vitamin dana juga obat cacing dengan jarak pemberian yang sudah ditentukan sesudah BIAN serta pemberian vaksin Campak-Rubela dan Imunisasi Polio dan DPT-HB-Hib.

Dengan dilaksanakan Bulan Imunisasi Anak Nasional diharapkan semua keluarga memiliki keluarga yang sehat terutama Sang buah hati yang dapat tumbuh dan berkembang menjadi insan yang sehat dan tercegah dari segala penyakit menular.

Terimakasih, semoga bermanfaat.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Halo saya Erzal

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Duka Menyapa Dunia Sepak Bola Indonesia

Image

Klub-klub Liga Inggris Sampaikan Belasungkawa Atas Tragedi Stadion Kanjuruhan

Image

Sepakat, TNI-Polri Kuat dan Tangguh Jaminan NKRI

Image

Kakanwil Kemenkumham Sumsel Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila di LPKA Palembang

Image

Kakanwil Kemenkumham Sumsel Hadiri Rakernis Fungsi Reserse Narkoba Polda Sumsel

Image

Cara Membeli Antivirus Resmi SMADAV Pro

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image