Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Akbar Jurnalis

Kader Wahdah Islamiyah Raih Gelar Doktor di IPB, Temukan Daun Singkong Penghasil Rendah Kolestrol

Agama | Monday, 08 Aug 2022, 11:13 WIB

BOGOR – Penemu lima kandungan daun singkong, La Jumadin meraih gelar doktor di Institut Pertanian Bogor (IPB).

La Jumadin adalah putra daerah Muna Sulawesi Tenggara (Sultra). Ia menjadi doktor ke-140 pada Program Studi Ilmu-Ilmu Faal dan Khasiat Obat (IFO), Departemen Anatomi, Fisiologi, dan Farmakologi, Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis, IPB.

La Jumadin meraih gelar doktor setelah melakukan penelitian dengan judul “Kinerja Fisiologis dan Produktivitas Puyuh (Coturnix coturnix japonica) dengan Suplemen Pasta Daun Singkong”.

Ia menjalani sidang promosi doktor di ruang sidang Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis, IPB pada Senin, 1 Agustus 2022.

Lima poin kebaruan penelitian daun singkong yang ditemukan La Jumadin yakni:

1. Kandungan gizi dan kandungan zat bioaktif pasta daun singkong.

2. Kandungan asam sianida yang rendah pada pasta daun singkong.

3. Pasta daun singkong meningkatkan kinerja fisiologis, ketahanan tubuh, dan produktivitas puyuh.

4. Dosis efektif pasta daun singkong pada aspek fisiologis, produktivitas, dan kualitas telur.

5. Pasta daun singkong menghasilkan telur puyuh rendah kolesterol.

Dosen Pendidikan Biologi FKIP Universitas Halu Oleo Kendari Sultra itu menyampaikan terima kasih kepada para dosen pembimbingnya.

Menurutnya, para pembimbing penelitian seputar manfaat daun singkong memberikan kontribusi besar, sehingga dia bisa menyelesaikan penelitian dan meraih gelar doktor.

Pembimbing 1 yakni Dr. drh. Aryani Sismin Satyaningtijas, M.Sc, AIF, pembimbing 2 Prof. Dr. Ir. Niken Ulupi, M.S dan pembimbing 3 Dr. drh. Hera Maheshwari, M.Sc, AIF.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada perwakilan DPP Wahdah Islamiyah, Ustad Ambo Sakka dan Ketua Wahdah Islamiyah Kota Bogor Ustad Dr. Samsul Basri yang hadir saat prosesi doktornya di IPB.

“Saya juga terdaftar sebagai salah satu pengurus DPP Wahdah Islamiyah di Departemen Lingkungan Hidup,” ucap La Jumadin.

Reporter: Muh Akbar

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image