Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sulaiman nur Rahman

Jenis-jenis dan cara tepat memilh fitting pipa yang sesuai dengan kebutuhan rumah Anda!

Eduaksi | Sunday, 07 Aug 2022, 18:55 WIB

Pipa memiliki beragam bentuk; lurus dan panjang, tetapi kebutuhan manusia tidak selalu terpaku pada pipa berbentuk lurus. Oleh karena itu, fitting pipa diperlukan saat proses pemasangan dan komponen ini menjadi salah satu penawaran distributor fitting pipa.

Fitting pipa menjadi komponen utama dalam pemipaan. Istilah ini merujuk pada pengelompokan, sebab di dalamnya terbagi lagi menjadi beberapa jenis, dalam hal ini berdasarkan sambungannya dan berdasarkan fungsinya.

Apa Itu Fitting Pipa?

Fitting pipa merupakan satu dari sejumlah jenis komponen pada pipa. Komponen ini kerap digunakan pada proses pemasangan setiap sistem pemipaan. Fitting pipa memiliki perbedaan dari segi bentuk ukuran, serta karakternya.

Komponen ini adalah tahap yang penting di mana fungsinya pun berbeda satu sama lain. Biasanya, bahan fitting pipa adalah baja silinder pejal atau billet, atau sering pula disebut pipa tanpa sambungan (seamless). Di samping itu, ada pula plat strip baja yang akan dilas dengan sebutan welded.

Jenis-Jenis Fitting Pipa

Macam-macam fitting pipa dibagi menjadi dua kategori besar sebagai berikut.

1. Jenis Fitting Berdasarkan Sambungannya

Berdasarkan sambungannya, fitting pipa terbagi dua, yakni sebagai berikut.

a. Welded Component

Fitting pipa ini merupakan jenis di mana pipa akan disambung melalui proses las, di mana nantinya sambungan akan menjadi permanan dan tepat. Welded Component terbagi lagi menjadi dua jenis, yaitu sebagai berikut.

· Butt Welded Fitting, di mana pipa akan disambungkan lewat proses las secara langsung di ujungnya (butt). Penyambungannya terlebih dahulu di-bevel di antara fitting dan pipa.

· Socket Welded Fitting, di mana pipa akan disambungkan dengan sebagian ujungnya dimasukkan, lalu dilanjutkan dengan proses las di area fillet pada pertemuan fitting dan pipa.

b. Threaded Component

Threaded Component merupakan jenis fitting di mana pipa disambung dengan metode ulir agar suatu saat dapat dilepas apabila dibutuhkan. Distributor fitting pipa dapat merekomendasikan jenis ini agar maintenance dan perbaikan menjadi sedikit lebih mudah.

Fitting ini juga kerap diterapkan pada compressor, pipa mesin, pipa air pada bangunan hotel, dan sebagainya.

2. Jenis Fitting Berdasarkan Fungsinya

Berdasarkan fungsinya, fitting pipa terbagi pula menjadi lima, yakni sebagai berikut.

a. Fitting Elbow

Fitting Elbow ialah fitting yang paling sering diaplikasikan pada sistem perpipaan. Jenis ini secara khusus dipilih agar aliran bisa berbelok. Fitting Elbow dipakai apabila jalur aliran dibelokkan ke kanan, kiri, bawah, atas, dan arah lain.

Fitting ini juga terbagi lagi menjadi dua jenis umum, yakni Elbow 45 Derajat serta Elbow 90 Derajat. Terdapat pula Elbow 180 Derajat, namun belum banyak dipakai. Di samping itu, fitting ini juga bisa terbuat dari fabrikasi di mana pipa dipotong serta dibentuk seperti elbow, disebut mitter.

b. Fitting Tee

Fitting Tee merupakan fitting berikutnya yang kerap diaplikasikan, di mana fungsi dasarnya adalah membagikan arah aliran.

Fitting ini terbagi dua lagi, yakni Straight Tee, yang mana diameter ketiga ujungnya serupa; kemudian ada Reducer Tee, di mana diameter cabang-cabangnya berbeda, lebih kecil dibanding diameter utamanya.

Di samping itu, Fitting Tee juga memiliki variasi bentuk lain walaupun tidak terlalu sering dipakai, yakni Lateral Tee dengan besar sudut 45 derajat, serta Croses Tee yang memiliki empat percabangan, mirip dengan perempatan jalan raya.

c. Fitting Reducer

Fitting Reducer adalah jenis fitting di mana penggunaannya diterapkan dalam penghubungan dua pipa dengan ukuran diameter berbeda. Diameter pada jenis fitting ini memang berbeda ukurannya pada kedua ujung.

Terdapat dua jenis Fitting Reducer, yakni Concentric Reducer yang ukuran garis tengahnya simetris, sementara Eccentric Reducer memiliki ukuran yang tidak simetris pada garis tengahnya (terletak sedikit ke pinggir).

d. Fitting Cap

Fitting Cap ialah fitting dengan fungsi khusus memberhentikan saluran di area ujung pipa. Jenis ini digunakan pada header atau ujung jalur lain yang ditentukan sebagai ujung jalur cairan. Fitting Cap akan dipasangkan pada pipa dengan metode las.

e. Fitting Stub In

Stub In merupakan fitting yang akan berperan sebagai cabang di mana menjadi tempat aliran keluar. Mirip Fitting Tee, namun pemasangan Stub In dilakukan dengan metode bor (melubangi) jalur utama pipa yang besar, lalu berlanjut pada proses las.

Cara Memilih Fitting Pipa yang Bagus

Bagaimana menentukan fitting pipa terbaik?

1. Kenali Jenis Pipa

Seperti penjelasan sebelumnya, tentu distributor fitting pipa terlebih dahulu memaparkan beberapa jenis pipa. Banyak jenis, maka banyak pula kegunaannya, bergantung pada kebutuhan serta karakteristik yang nantinya akan menyesuaikan.

Contohnya, pipa HDPE kerap dipakai pada proyek air bersih dikarenakan bahan lentur dan kuat, juga tidak mudah mengalami korosi. Ada pula jenis pipa PVC yang berbahan plastik, namun bentuknya keras dan kaku, di mana kerap dipakai sebagai atap rumah serta saluran pembuangan air.

2. Kenali Spesifikasi Pipa

Setelah memahami jenis-jenis pipanya, maka langkah berikutnya adalah memahami spesifikasinya. Banyak sekali merk pipa yang beredar di pasaran. Spesifikasi dapat berupa kekuatan, ukuran, tekanan, serta kategori lain yang bisa menjadi perhatian khusus.

Contohnya, pipa HDPE akan lebih kuat terhadap benturan mendadak, membuatnya tidak gampang pecah. Secara kualitas, pipa ini bisa dikatakan baik. Lain pula halnya bila ingin membuat saluran untuk pembuangan air, maka perhatikan kembali spesifikasi yang cocok.

3. Tentukan Jenis Fitting

Tips selanjutnya adalah fitting pipa. Sudah ada rincian sebelumnya mengenai jenis-jenis fitting pipa, yang mana memiliki bahan dan bentuk beragam tergantung sambungan serta fungsinya. Beri tahu kepada distributor fitting pipa untuk mendapatkan jenis fitting terbaik.

Secara umum, fitting paling populer adalah jenis socket, jenis elbow, atau fitting tee. Fitting lain pun tidak kalah pentingnya apabila dapat disesuaikan berdasarkan kebutuhan pemasangan dengan tepat.

4. Pertimbangkan Harga

Terakhir ialah pertimbangan harga. Baik fitting pipa berbahan PVC maupun bahan lain memiliki variasi harga, bergantung pada ukuran dan jenis-jenisnya. Terdapat harga fitting pipa PVC yang terjangkau hingga hargga tinggi dengan kualitas yang beragam pula.

Perbedaan harga ada oleh sebab tipenya pun berbeda, begitu pula merk yang disandang pipa-pipa tersebut. Dengan demikian, sesuaikan harga dengan budget, terutama, agar pembelian pipa hingga proses fitting tidak menghasilkan output yang menguras biaya.

Rekomendasi Distributor Fitting Pipa

Mencari distributor untuk jasa fitting pipa? PT Andalas Mitra Global adalah jawabannya. Kami berfokus pada kepuasan pelanggan, menekankan kualitas, baik dari segi kecepatan pun ketika tahap serah-terima barang.

Produk dari PT Andalas Mitra Global dijamin berkualitas dengan harga kompetitif. Kami berdiri dengan tiga prinsip.

· Fokus pada konsumen, di mana kepentingan konsumen adalah nomor satu dalam menciptakan perkembangan serta pengalaman positif bersama-sama.

· Pola pikir pertumbuhan, di mana perkembangan adalah jalan terbaik untuk menjadikan diri kami lebih baik. Kami juga ingin selalu rendah hati sembari terus belajar, layaknya pelajar sekolah serta sosok guru yang mengajar dengan tulus.

· Jadikan lebih baik, di mana kami berusaha membangun banyak hal dari kapabilitas yang ada untuk menciptakan keunggulan, tidak lupa dengan sikap tanggung jawab secara komprehensif agar tetap memperhatikan perbaikan setiap terdapat permasalahan.

Sebagai distributor fitting pipa berkualitas, kami sudah dipercaya oleh konsumen dari Jakarta Surabaya, Bandung, Samarinda, Makassar, Palembang, serta kota-kota besar lain. Untuk melakukan pemesanan, segera hubungi kontak pada situs kami!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image