Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Salsabila Balqis Wijaya

ES KAPAL SRIWEDARI

Kuliner | Saturday, 06 Aug 2022, 13:11 WIB

Warga Solo dan sekitar pasti tidak asing dengan minuman legendaris, “Es Kapal”. Yap, kuliner satu ini sudah “berlayar” sejak 1950-an.

Meski keberadaannya sudah tak sebanyak dulu, es jadul ini rupanya masih saja eksis di tengah masyarakat.

Minuman ini cocok sebagai pelepas dahaga di siang hari.

Terbuat dari serutan es dipadukan dengan santan, dan susu coklat. Es ini disajikan dengan sepotong roti tawar diatasnya mirip moncong kapal.

Konon menurut cerita, warga Solo dulu menyebut minuman ini dengan sebutan es “Grenyep” akronim dari "Seger tur anyep".

Berdasarkan informasi dari akun instagram @soloinfo, asal usul sebutan es Gernyep ini karena para penjualnya yang menggunakan gerobak untuk berjualan dan berteriak

"Gernyep..gernyeeep...seger tur anyep" sambil menyembunyikan loncengnya.

Seiring berjalannya waktu, minuman legendaris itu kini dikenal dengan sebutan nama es kapal. Sebab bentuk gerobaknya yang menyerupai kapal.

Es kapal ini bercita rasa manis, segar, dan mengenyangkan. Harganya sendiri, es legendaris khas Solo ini relatif terjangkau. Harga satu gelas es kapal ini dijual hanya Rp 5.000,-.

Bagi anda yang ingin mencoba sensasi segarnya, ada penjual yang biasa jadi rekomendasi untuk mencicipi es kapal ini, seperti yang berlokasi di depan Stadion Sriwedari, Jalan Dr. Radjiman Baron, dan Jalan kebangkitan Nasional Penumping.

Es kapal ini sangat recommended untuk kalian melepas dahaga sambil berjalan-jalan di kota Solo.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image