Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image humas ump

Cerita Lutfi Mahasiswa Sastra Inggris FIBK UMP di ASEAN Para Games 2022

Edukasi | Saturday, 06 Aug 2022, 10:39 WIB
Cerita Lutfi Mahasiswa Sastra Inggris FIBK UMP di ASEAN Para Games 2022

Mahasiswa Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya dan Komunikasi (FIBK) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Mutohar Lutfi resmi menjadi bagian dari INASPOC (Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee pada event 11th ASEAN Para Games 2022.

Lutfi merasa bangga dan menikmati menjadi sukerelawan untuk membantu para peserta dari event tingkat internasional tersebut.

Sebelumnya, ia pun pernah mengikuti kegiatan serupa di Tianjin National Paralympic Games, di negeri Tiongkok. Karena itu, Lutfi begitu bersemangat untuk terlibat saat kegiatan serupa diadakan di Indonesia. Apalagi di Solo, kota yang sangat ingin ia kunjungi.

“Yang jelas, saya senang karena banyak bertemu dengan orang-orang baru,” Lutfi menambahkan.

“Dan yang lebih penting lagi, saya menjadi lebih termotivasi dalam hidup melihat mereka yang semangat berjuang dan berkompetisi, dengan keterbatasan yang mereka miliki.”

“Alhamdulillah, saya bisa berfoto dengan para peraih medali dari berbagai negara, terutama dari Indonesia,” katanya sambil tersenyum bangga.

“Saya selalu terharu saat mendengar lagu Indonesia Raya, dan menyaksikan bendera merah putih berada di tempat yang tertinggi. Sungguh mengharukan,” katanya.

Ajang ini diikuti oleh 11 negara di Asia Tenggara seperti Laos, Myanmar, Filipina, Malaysia, Thailand, Vietnam, Singapura, Kamboja, Timor Leste, Brunei Darussalam dan tuan rumah Indonesia,” katanya Jumat (5/8/2022) di Purwokerto.

Sementara itu Kepala Program Studi Sastra Inggris Fitri Rakhmawati, S.S., M.Pd. mengapresiasi mahasiswanya, Lutfi, yang telah menjadi bagian penyelenggaraan ASEAN Para Games 2022 yang berlangsung di Solo, pada 30 Juli hingga 6 Agustus 2022.

Fitri juga menyatakan dengan menjadi bagian di ajang ASEAN Para Games akan menambah wawasan internasional bagi mahasiswa Sastra Inggris UMP.

“Dalam kesempatan itu, mahasiswa bisa belajar banyak, tentang bahasa asing, budaya, dan banyak lainnya. Dengan begitu mahasiswa tersebut bisa terkena efek positif dari kegiatan tersebut,” jelasnya.

Pertandingan ASEAN Para Games 2022 berlangsung di 4 kota Solo, Karanganyar, Sukoharjo, dan Semarang. Indonesia selaku tuan rumah menjadi negara dengan jumlah peserta terbanyak di ajang ASEAN Para Games yakni 323 atlet. Terbanyak kedua diisi oleh Thailand dengan 303 atlet.

Sembilan negara lainnya juga mengirimkan atlet terbaiknya, dengan jumlah yang beragam tentunya. Mulai dari Vietnam (119 atlet), Kamboja (112 atlet), Filipina (144 atlet), Malaysia (70 atlet), Myanmar (69 atlet), Singapura (37 atlet), Laos (37 atlet), Timor Leste (15 atlet), dan Brunei Darussalam dengan kontingen paling sedikit, yakni hanya mengirimkan 13 atlet. (tgr)

Artikel asli bisa diakses di SINI

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image