Mencapai Keberhasilan dengan Perubahan Kecil

Image
Salsa Billa
Sastra | Friday, 26 Nov 2021, 08:27 WIB
Buku The Tipping Point karya Malcolm Gladwell

Judul : The Tipping Point

Penulis : Malcolm Gladwell

Penerjemah : Alex Tri Kantjono

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Tahun terbit : 2020

Jumlah halaman : xxiii+326 halaman

Harga buku : Rp75.000,00

Peresensi : Salsa Billa (Mahasiswa Farmasi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Malang)

Malcolm Gladwell merupakan seorang penulis kelahiran Inggris pada 3 September 1963. Sebelum menjadi penulis, Malcolm pernah bekerja sebagai jurnalis yang banyak mengkaji masalah sains dan bisnis. Malcolm menciptakan banyak karya fenomenal melalui buku-bukunya yang berhasil meraih best seller internasional.

Salah satu karya Malcolm Gladwell yang fenomenal adalah buku berjudul The Tipping Point. Buku ini menjelaskan tentang teori-teori yang dapat memicu perubahan ke arah lebih baik melalui kisah-kisah unik dan menarik. Malcolm Gladwell menuliskan suatu hal sederhana yang tidak disangka-sangka dapat membawa perubahan besar dalam kurun waktu sangat singkat.

Malcolm Gladwell tidak sembarangan dalam menuliskan sebuah kisah di bukunya. Kisah-kisah yang dituliskan Malcolm bersifat objektif dilengkapi dengan data-data yang akurat. Dalam mengungkapkan sebuah gagasan, Malcolm melakukan beberapa riset untuk mengetahui dengan pasti kejadian sebenarnya sehingga dapat menemukan solusi yang tepat dari permasalahan tersebut.

The Tipping Point terdiri dari delapan bagian. Pada bagian pendahuluan, Malcolm menceritakan berbagai kisah khususnya yang terjadi di Amerika Serikat. Kisah tersebut kemudian dikaji hingga menghasilkan suatu teori tentang perubahan yang terjadi pada kehidupan. Melalui kisah yang ditulisnya, Malcolm secara apik menyajikan perjalanan intelektual dalam menyampaikan pesan dan harapan supaya para pembacanya dapat berevolusi menuju hal yang lebih baik.

Salah satu kisah inspiratif yang dapat menciptakan sebuah ide menarik adalah sepatu klasik berkulit suede dengan sol ringan dari karet mentah buatan Amerika yang hampir bangkrut, tiba-tiba menjadi tren karena keisengan para remaja yang mengunggahnya di media sosial. Hal itu tentu saja berdampak pada meningkatnya penjualan sepatu secara drastis dalam waktu yang sangat singkat. Kisah ini mengajarkan pembaca bahwa suatu perubahan dapat terjadi karena suatu ketidaksengajaan atau bahkan dapat dikatakan sebagai sebuah keisengan. Hal-hal kecil yang tidak pernah disangka dapat berdampak besar dalam kehidupan yang lebih baik.

Melalui buku The Tipping Point, Malcolm Gladwell ingin mengubah pandangan sesorang dalam menghadapi suatu permasalahan. Jika seseorang mempunyai permasalahan yang menurutnya tidak mungkin bisa diatasi, maka tidak akan mustahil jika suatu hal kecil bisa menyelesaikanya. Dalam hal ini, tentu seseorang tersebut membutuhkan perantara yang bisa menjadi penghubung dalam mencapai tujuan yang diinginkan.

Pada buku ini, Malcolm Gladwell mengungkapkan suatu gagasan bernama hukum tentang yang sedikit. Dalam mencapai keberhasilan dari suatu permasalahan dibutuhkan bantuan dari orang lain yang memiliki peranannya masing-masing. Malcolm mengungkapkan, ada tiga peran yang dapat membawa perubahan dalam kehidupan, yaitu para penghubung, bijak bestari dan penjaja. Para penghubung disini bertindak sebagai koneksi supaya terjadi interaksi sosial dengan makhluk lainnya. Para bijak bestari yaitu orang yang mengetahui segala sesuatu yang berhubungan dengan masalah tersebut, sedangkan penjaja bertugas menyebarluaskan informasi yang tesedia. Ketiga peran tersebut tidak dapat dipisahkan dan saling berhubungan satu sama lain dalam menciptakan suatu perubahan.

Suatu perubahan yang cepat dapat terjadi apabila terdapat penyebaran informasi yang mudah untuk diingat. Dalam hal tersebut, Malcolm Gladwell menciptakan teori tentang faktor kelekatan. Faktor kelekatan disini memiliki peran penting dalam menyebarluaskan informasi secara cepat. Ketika informasi yang ada mudah untuk diingat maka dapat mendorong suatu perubahan sesuai dengan yang diharapkan.

Melalui kisah-kisah yang ditulis Malcolm Gladwell, terdapat pesan tersirat untuk para pembacanya. Ketika seseorang mengalami suatu masalah kecil maupun besar, maka bukan tidak mungkin jika dapat terselesaikan dengan mudah. Tentunya tidak terlepas dari peran dan bantuan orang-orang sekitar. Untuk dapat melewati permasalahan yang dialami, diperlukan adanya keyakinan, kepercayaan, dan tekad pada diri seseorang untuk bisa menyelesaikannya dan juga semangat supaya tidak menyerah dengan situasi yang ada.

Buku ini sangat menginspirasi para pembacanya. Pada bagian sampul buku, tercantum judul The Tipping Point yang berarti suatu titik kritis ketika hal-hal kecil dapat menyebabkan perubahan besar sehingga membuat pembaca penasaran dengan isinya. Mulai dari kisah yang dapat mengubah pandangan seseorang menuju hal yang lebih baik hingga teori-teori untuk membantu pembacanya dalam menyelesaikan permasalahan. Selain itu, kisah yang dituliskan menggunakan data dan riset yang akurat sehingga hasil yang didapatkan benar adanya. Kisah yang dituliskan juga menarik karena menceritakan tentang perubahan kehidupan yang terjadi di New York, Amerika Serikat.

Namun demikian, pada buku ini mengandung beberapa kalimat yang kurang efektif karena penggunaan kata yang terlalu panjang dan sedikit berbelit sehingga perlu konsentrasi atau bahkan mengulang untuk membaca kalimat tersebut. Pada buku ini juga terdapat kalimat yang diulang-ulang sehingga dapat menimbulkan rasa bosan ketika membaca bagian tersebut. Selain itu, terdapat kosakata yang sulit dimengerti sehingga harus mencari tahu maknanya untuk mengetahui arti dari kata tersebut.

Buku ini sangat cocok dibaca untuk kalangan remaja maupun dewasa karena dapat mengubah pemikiran dan kepribadian ke arah yang lebih baik. Selain itu, buku ini juga memberikan banyak ide dan gagasan untuk menumbuhkan semangat pembacanya dalam menghadapi permasalahan yang dialami serta memberikan saran untuk solusinya. Dalam menjalankan kehidupan, seseorang harus berani untuk melakukan suatu hal yang bisa membawa perubahan dan percaya jika dirinya bisa berhasil asalkan dengan langkah tepat dan berada di jalan yang benar.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mahasiswa Farmasi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Malang

Artikel Terkait

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

URGENSI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI GENERASI MILENIAL

Image

Mahasiswa PMM-UMM Membantu Pendidikan di TPQ Baitussalam Dusun Jetis, Desa Mulyoagung

Image

Hukum Kontrak dalam Muamalah Islam

Image

Elvano Snack Sediakan Cemilan Sehat dan Buka Lapangan Kerja

Image

Peluncuran E-Book, 'Berbeda, Berdialog dan Berjuang Bersama'

Image

Pengembangan metode bank syariah sebagai solusi utama pencegahan adanya riba dalam pelaksanaan kegia

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image