Mie Ayam Pak Yanto: Kuliner Favorit Masyarakat Semin, 14 Tahun Jualan Mie Ayam di Semin

Image
gilang ghazy
Kuliner | Saturday, 06 Aug 2022, 03:26 WIB

Warung mie ayam Pak Yanto adalah warung mie ayam paling laris di Semin, Gunungkidul. Mie ayam Pak Yanto ini sudah menjadi langganan masyarakat Semin dan sekitarnya.

Pada malam hari setelah futsal saya dan teman saya mulai merasa lapar. Lalu, kita memutuskan untuk mencari tempat makan untuk mengisi perut. Kita berkeliling sembari menoleh ke kanan dan ke kiri mencari tempat makan mana yang akan kita singgahi untuk mengobati rasa lapar kami.

Pada malam itu Jumat (1/6), pukul 19.15 WIB, dengan perut yang sudah mulai keroncongan akhirnya kami memutuskan untuk berhenti di warung mie ayam Pak Yanto. Kami memesan satu mangkok mie ayam bakso dan semangkuk bakso. Kami tidak sabar untuk menyantap makanan yang kita pesan tadi.

Kami memutuskan untuk makan di warung mie ayam Pak Yanto ini karena warung mie ayam ini sangat ramai pengunjung. Sehingga, kami tertarik untuk mencicipi mie ayam dan bakso yang sangat digemari oleh masyarakat Semin. Malam ini kebetulan si pemilik berada di warung.

Sudah 14 Tahun Jualan Mie Ayam

Selesai makan, saya langsung mengajak pemilik warung yang sangat ramah. Sosok itu adalah Yanto (43) pemilik warung mie ayam. Beliau menyambut dengan baik keinginan saya untuk melakukan wawancara.

Mulailah kami berbincang tentang sejarah Mie Ayam Pak Yanto, Pak Yanto mengatakan warung mie ayam ini berdiri pada tahun 2008. “Tahun 2008, mas, dari tahun segitu saya berjualan mie ayam,” ujarnya.

Namun, dibalik ramainya warung mie ayam Pak Yanto, Pak Yanto juga sempat berada di kondisi warungnya sepi karena persaingan dengan warung mie ayam sekitarnya. “Dulu pernah warung ini sepi banget mas, karena di seberang dan samping ada warung mie ayam juga, dan salah satunya sudah berdiri lebih lama.” Katanya.

Tidak Ada Resep Rahasia

Malam semakin gelap, dan waktu menunjukan pukul 20.30 WIB. Warung Mie Ayam Pak Yanto mulai dibereskan oleh karyawan. Warung akan tutup.

Pak Yanto menunjukan cara membuat mie dan apa saja bahan yang digunakan untuk sajian mie ayam dan bakso tersebut, tidak ada yang dirahasiakan.

“Tidak ada resep rahasia,mas,” ucap Yanto

Menurutnya, bumbu yang ia gunakan sama dengan bumbu mie ayam dan bakso pada umumnya.

“Mungkin yang membedakan takarannya ya,mas.” Ujar Yanto.

Memang tidak ada resep rahasia, akan tetapi soal rasa yang khas memang sulit untuk diduplikasi.

Ciri khas Mie Ayam Pak Yanto

Keberadaan warung mie ayam dan bakso memang banyak, dan setiap warung memiliki ciri khas tersendiri. Yanto menjelaskan ciri khas rasa yang dimiliki warung mie ayam dan baksonya. “Mie ayam di sini itu bumbunya lebih berasa dan banyak, Mas. Untuk baksonya kita beri isian daging di dalam baksonya,” jelasnya.

Yang menjadi kesan bagi pelanggan adalah rasa bumbu dan tekstur lembut dari bakso.

“Yang sering saya dengar dari pelanggan soal mie ayam dan baksonya itu rasa bumbu yang lebih berasa dan tekstur bakso yang empuk,” ujar Yanto.

Kualitas bahan yang digunakan di warung Mie Ayam Pak Yanto ini memberi sensasi yang sangat nikmat.

Sebagai konsumen warung Mie Ayam Pak Yanto, saya akan memberi testimoni: selain baksonya yang empuk, potongan-potongan daging yang ada di dalam bakso juga memberi rasa yang sangat nikmat. Dan bumbu dari mie ayam sangat kental dan cocok di lidah saya. Warung Mie Ayam Pak Yanto buka pukul 10.00-21.00 WIB. Seporsi bakso seharga 15.000 dan, harga seporsi mie ayam yaitu 15.000.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Semarak HDKD Ke-77, Lapas Pagar Alam Ikuti Pengayom Virtual Run

Image

Kisruh Paspor Indonesia Ditolak di Jerman, Ini Solusi Jitu Ditjen Imigrasi

Image

Meriahkan HDKD ke-77, Pegawai Lapas Perempuan Palembang Ikuti Virtual Run 7.7 km dan 19 km

Image

Sepeda Santai Memeriahkan HDKD KE-77 Lapas Kelas IIB Klaten

Image

Kegiatan KKN Tematik Kelompok 105 Universitas Pendidikan Indonesia

Image

How to Download the Latest MP3 Juice No Ads No Need to Copy Paste Link

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image