Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image gilang ghazy

Mie Ayam Pak Yanto: Kuliner Favorit Masyarakat Semin, 14 Tahun Jualan Mie Ayam di Semin

Kuliner | Saturday, 06 Aug 2022, 03:26 WIB

Warung mie ayam Pak Yanto adalah warung mie ayam paling laris di Semin, Gunungkidul. Mie ayam Pak Yanto ini sudah menjadi langganan masyarakat Semin dan sekitarnya.

Pada malam hari setelah futsal saya dan teman saya mulai merasa lapar. Lalu, kita memutuskan untuk mencari tempat makan untuk mengisi perut. Kita berkeliling sembari menoleh ke kanan dan ke kiri mencari tempat makan mana yang akan kita singgahi untuk mengobati rasa lapar kami.

Pada malam itu Jumat (1/6), pukul 19.15 WIB, dengan perut yang sudah mulai keroncongan akhirnya kami memutuskan untuk berhenti di warung mie ayam Pak Yanto. Kami memesan satu mangkok mie ayam bakso dan semangkuk bakso. Kami tidak sabar untuk menyantap makanan yang kita pesan tadi.

Kami memutuskan untuk makan di warung mie ayam Pak Yanto ini karena warung mie ayam ini sangat ramai pengunjung. Sehingga, kami tertarik untuk mencicipi mie ayam dan bakso yang sangat digemari oleh masyarakat Semin. Malam ini kebetulan si pemilik berada di warung.

Sudah 14 Tahun Jualan Mie Ayam

Selesai makan, saya langsung mengajak pemilik warung yang sangat ramah. Sosok itu adalah Yanto (43) pemilik warung mie ayam. Beliau menyambut dengan baik keinginan saya untuk melakukan wawancara.

Mulailah kami berbincang tentang sejarah Mie Ayam Pak Yanto, Pak Yanto mengatakan warung mie ayam ini berdiri pada tahun 2008. “Tahun 2008, mas, dari tahun segitu saya berjualan mie ayam,” ujarnya.

Namun, dibalik ramainya warung mie ayam Pak Yanto, Pak Yanto juga sempat berada di kondisi warungnya sepi karena persaingan dengan warung mie ayam sekitarnya. “Dulu pernah warung ini sepi banget mas, karena di seberang dan samping ada warung mie ayam juga, dan salah satunya sudah berdiri lebih lama.” Katanya.

Tidak Ada Resep Rahasia

Malam semakin gelap, dan waktu menunjukan pukul 20.30 WIB. Warung Mie Ayam Pak Yanto mulai dibereskan oleh karyawan. Warung akan tutup.

Pak Yanto menunjukan cara membuat mie dan apa saja bahan yang digunakan untuk sajian mie ayam dan bakso tersebut, tidak ada yang dirahasiakan.

“Tidak ada resep rahasia,mas,” ucap Yanto

Menurutnya, bumbu yang ia gunakan sama dengan bumbu mie ayam dan bakso pada umumnya.

“Mungkin yang membedakan takarannya ya,mas.” Ujar Yanto.

Memang tidak ada resep rahasia, akan tetapi soal rasa yang khas memang sulit untuk diduplikasi.

Ciri khas Mie Ayam Pak Yanto

Keberadaan warung mie ayam dan bakso memang banyak, dan setiap warung memiliki ciri khas tersendiri. Yanto menjelaskan ciri khas rasa yang dimiliki warung mie ayam dan baksonya. “Mie ayam di sini itu bumbunya lebih berasa dan banyak, Mas. Untuk baksonya kita beri isian daging di dalam baksonya,” jelasnya.

Yang menjadi kesan bagi pelanggan adalah rasa bumbu dan tekstur lembut dari bakso.

“Yang sering saya dengar dari pelanggan soal mie ayam dan baksonya itu rasa bumbu yang lebih berasa dan tekstur bakso yang empuk,” ujar Yanto.

Kualitas bahan yang digunakan di warung Mie Ayam Pak Yanto ini memberi sensasi yang sangat nikmat.

Sebagai konsumen warung Mie Ayam Pak Yanto, saya akan memberi testimoni: selain baksonya yang empuk, potongan-potongan daging yang ada di dalam bakso juga memberi rasa yang sangat nikmat. Dan bumbu dari mie ayam sangat kental dan cocok di lidah saya. Warung Mie Ayam Pak Yanto buka pukul 10.00-21.00 WIB. Seporsi bakso seharga 15.000 dan, harga seporsi mie ayam yaitu 15.000.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image