Group Musik Asia, Berhasil Menembus Pasar Musik Internasioanl

Image
Risma Soliha Nita
Musik | Friday, 05 Aug 2022, 19:33 WIB

Group Musik Asia, Berhasil Menembus Pasar Musik Internasioanl

Risma Soliha Nita

Kampanye mencintai diri sendiri, perjuangan, impian, romansa, serta ketakutan anak-anak muda tersusun apik dalam setiap lagu-lagu BTS. Boygrup musik Korea Selatan dengan segudang prestasi yang berhasil menjangkau pasar musik Internasional. Menjadi artis asia satu-satunya yang memenangkan penghargaan Artist of The Year di American Music Awards, salah satu ajang penghargaan bergengsi dan tersebsar di Amerika Serikat.

Bangtan Sonyeondan atau yang lebih dikenal sebagai BTS merupakan boygrup debutan Bighit Entertaiment (sekarang Hybe Label) yang karirnya tengah meroket mengguncang pasar musik Internasional. Berangkat dari agensi kecil dan nyaris bangkrut membuat boygrup yang debut pada 13 Juni 2013 ini dipandang sebelah mata serta dianggap tidak akan pernah berhasil.

Boygrup yang mempunyai tujuh member, yaitu Namjoon, Seokjin, Yoongi, Hoseok, Jimin, Taehyung, dan Jungkook ini mematahkan statment serta pandangan orang terhadap mereka dengan membuktikan kepopulerannya di pasar musik Internasional.

Menjadi artis asia pertama dan satu satunya yang berhasil memenangkan tiga kategori , yakni Artist of the Year, Favorite Pop Duo or Group, serta Favorite Pop Song melalui lagu Butter dalam salah satu ajang penghargaan bergengsi serta terbesar di Amerika Serkat, American Music Awards 2021. Dalam ajang bergengsi ini BTS berhasil mengalahkan artis-artis top dunia seperti, Ariana Grande, Taylor Swift, Olivia Rodigrado, Drake, The Weeknd, Silk Sonic, serta Maroon 5. Menurut mereka keberhasilan yang merek capai ini tak lepas dari dukungan ARMY (sebutan penggemar BTS).

“Mendapatkan cinta dan dukungan dari ARMY di seluruh dunia, kami benar-benar tidak pernah menyia-nyiakan hal itu, ARMY,” kata Namjoon sebagai Leader grup dalam speechnya setelah berhasil memenangkan penghargaan tersebut.

Karir gemilang BTS saat ini bermula ketika album mereka “The Most Beautiful Moment in Life : Young Forever” berhasil memenangkan daesang pertama mereka sejak debut sebagai “Album of the Year” dalam ajang pengahrgaan bergengsi Korea Selatan, Asian Music Award (2016). Hal ini menjadi loncatan pertama mereka sebleum menjadi boygrup dengan segudang prestasi seperti sekarang ini yang tak pernah absen menyapu bersih penghargaan dalam setiap ajang penghargaan bergengsi korea selatan.

Lagu-lagu mereka yang tersampaikan dengan baik serta mewakili seluruh perasaan remaja pada saat ini membuat musik mereka mudah diterima, bahkan di kalangan generasi tua sekalipun. Prestasi BTS semakin meroket setelah Lagu mereka Dynamite berhasil menduduki puncak Billboard Top 100. Tak sampai di situ, BTS merupakan artis asia pertama dan satu satunya yang berhasil memecahkan rekor Billboard dengan menduduki Billboard top 100 dengan 5 lagu dalam waktu tersingkat yakni 10 bulan. Lagu terbaru mereka yaitu Butter dan Permission To Dance berhasil menduduki peringkat satu Billboard top 100 selama 7 minggu berturut-turut. Puncaknya BTS menjadi artis asia satu-satunya yang berada dalam nominasi Grammy Award 2022, sayang mereka belum berhasil memenangkan penghargaan tersebut.

Meroketnya karir mereka sampai menembus pasar Internasional dengan lagu-lagu mereka yang menceritakan tentang kegelisahan serta masalah-masalah yang dihadapi anak muda saat ini, serta mengkampanyekan tentang mencintai diri sendiri mengantarkan mereka menjadi bagian dari UNISEF serta menjadi perwakilan anak muda dunia dengan berpidato pdalam sidang PBB pada tahun 2018. Dalam kampanye ini BTS bekerja sama dengan PBB beserta pimpinan dalam bidang bisnis, penduduk, dan kepemudaan di seluruh dunia, untuk memastikan kemakmuran pemuda per tahun 2030. Hal ini membuat mereka mendapatkan penghargaan Kehormatan Order of Cultural Merit dari pemerintah Korea Selatan pada tahun 2018.

Begitu gemilangnya prestasi serta karir mereka membuat BTS berkontribusi terhadap perekonomian Korea Selatan hingga 5 miliar dollar AS atau sekitar RP 71 triliun rupuah. Angka ini setara denan sekitar 0,5 % dari seluruh ekonomi Korea Selatan. Begitu besarnya impact yang diberikan BTS kepada negaranya membuat pemerintah Korea Selatan memberikan sertifikat Utusan Presiden untuk Generasi dan Kebudayaan Masa Depan, serta mendapatkan hak istimewa berupa Paspor Diploamatik mereka dan berangkat bersama presiden Korea Selatan menuju UNGA untuk menghadiri sidang umum PBB bersama para pemimpin dunia lainnya (21/9/21).

Begitu meroketnya karir BTS hingga berhasil mendaptkan berbagai pengahrgaan tertinggi, tentunya tidak didapat secara instan. Mendapat berbagai cacian serta hinaan dari fans lokal maupun internasional serta terancam tidak debut karena sulitnya keuangan agensi tempat mereka bernaung tak menjadi alasan mereka untuk menyerah. Justru mereka terus bekerja keras hingga menjadi asrtis top dunia seperti sekarang ini.

Penuh Perjuangan

Sebelum menjadi artis yang dikenal di seluruh penjuru dunia, BTS dulunya ialah boygrup dari agensi kecil yang dipandang remeh dan dianggap tidak akan pernah berhasil.

Perusahaan yang tidak memiliki cukup dana membuat mereka tinggal dalam drom yang kecil dan hampir roboh, serta menggunakan mobil manager ketika berpergian , dan membuat MV dengan apa adanya meibatkan mobil para staff karena kekurangan dana. Dikarenakan hal ini pula, BTS tidak pernah makan bersama perusahaan. Mereka biasanya makan di restoran kecil dan murah. Bahkan karena tidak tercukupinya dana, BTS hampir bubar pada masa itu.

Pada awal-awal debut mereka, BTS harus berjuang membagikan brosur tiket konser gratis guna menarik perhatian orang-orang agar datang ke konser pertama mereka. Konser yang diselenggarakan di Los Angeles pada tahun 2014 tersebut hanya dihadiri sekitar 200 penonton saja.

BTS juga pernah dibuang dari line up salah satu stasiun Tv tanpa konfirmasi apapun. Tidak ingin mengecewakan penggemar, mereka tetap tampil tanpa disiarkan, lampu telah dimatikan, serta panggung yang sudah penuh akan confeti yang bisa saja membahayakan mereka ketika performe di atas panggung.

BTS tidak pernah diberikan runang tunggu oleh stasiun tv ketika mereka akan tampil, sehingga mereka ganti dan pemansan di kamar mandi.

Namun, siapa sangka boyband yang disebut ‘miskin’ dan tidak akan pernah berhasil tersebut, kini menjelma menjadi bintang top dunia. Dengan segala kepopularitasanny, BTS berhasil menjadikan agensinya menjadi perusahaan raksasa yang mempunyai penghasilan dan nilai saham paling tinggi dari 3 bigtri perusahaan musik korea selatan, bahkan disebut-sebut penhasilan Hybe Label saat ini mengalahkan gabungan hasil tiga perusahaan musik terbesar di Korea Selatan.

Dalam menyelenggarakan setiap konsernya, tiket konser BTS selalu ludes terjual dalam hitungan detik. Bahkan baru-baru ini tiket koser BTS di LA selama 4 hari tersual habis dalam kurun waktu singkat. Konsert berjudul Permission To Dance ini juga berhasil meningkatkan perekonimian Los Angeles setalah terdampak pandemi. Tak hanya itu BTS menjadi artis kpop pertama dan satu-satunya yang berhasil menyelenggarakan konser di Arab Suadi.

BTS juga menjadi Brandambassador dari brand brand ternama seperti Hyundai, Louis Vuttion, Pma, Fila, Samsung, Baskin Robbins, Innisfree, Lotte Duty Free, VT Cosmetic, LG Electronic, Netmarble, Tokopedia.

Begitu banyaknya prestasi serta impact mereka bagi dunia musik serta anak muda, tak lantas membuat mereka tinggi hati. Dalam setiap penghargaan, mereka tidak pernah lupa bahwa apa yang mereka peroleh saat ini ialah berkat para fans. Begitu cintanya mereka terhadap ARMY membuat para penggemarnya juga mencintai mereka.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Karutan Temanggung ikuti arahan Kadivpas Jateng tentang Kewaspadaan Keamanan dan Ketertiban

Image

Ketua DWP Rutan Temanggung Hadiri Pertemuan Rutin Persatuan Ibu-Ibu Pengayoman dan PIPAS Jateng

Image

Karutan Temanggung ikuti arahan Kadivpas Jateng tentang Kewaspadaan Keamanan dan Ketertiban

Image

Hadapi Indonesia Emas 2045, Begini Pesan Menko PMK Kepada Mahasiswa Baru UM Bandung

Image

Pamerkan Hasil Karya WBP, Rutan Demak Turut Ramaikan Car Free Day

Image

Mencerahkan! 414 Mahasiswa Baru Ramaikan Masta PMB UMS 2022 Gelombang 3

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image
-->