Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image RIKI FERNANDO

Mahasiswa KUKERTA UNRI Melakukan Sosialisasi Literasi dan Bahaya Gadget

Edukasi | Friday, 05 Aug 2022, 17:43 WIB

Kelompok kuliah kerja nyata (KUKERTA) Universitas Riau (UNRI) melaksanakan kegiatan sosialisasi literasi dan bahaya pemakaian gadget yang berlebihan di SD Negeri 96 Pekanbaru, Kelurahan Air Hitam, Kecamatan Payung Sekaki, Kota Pekanbaru.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Senin (25/07/2022) yang diikuti oleh siswa-siswi beserta guru-guru SD Negeri 96 Pekanbaru. Materi mengenai pentingnya literasi dan bahaya gadget yang berlebihan disampaikan secara langsung oleh Mahasiswa KUKERTA UNRI 2022.

Kegiatan ini merupakan bentuk sosialisasi dari sepuluh orang mahasiswa KUKERTA UNRI dengan maksud untuk memberikan pengetahuan sekaligus pemahaman terhadap siswa SD Negeri 96 Pekanbaru mengenai pentingnya literasi sebagai suatu bentuk peningkatan pengetahuan dengan cara membaca berbagai informasi yang bermanfaat dan mengetahui bahaya gadget jika dipakai secara berlebihan di kalangan siswa SD saat ini.

Sementara itu, kegiatan yang dilaksanakan merupakan salah satu program literasi kelompok KUKERTA Universitas Riau yang dilaksanakan di Kelurahan Air Hitam.

Dok. Tim KUKERTA AIR HITAM

"Dengan adanya Sosialisasi Literasi, diharapkan bukan hanya sekedar menambah minat baca di kalangan siswa-siswi SD Negeri 96 Pekanbaru tetapi juga menjadikan literasi sebagai budaya baru pada sekolah sebagai bentuk organisasi pembelajaran berbudaya literasi, dan membentuk warga sekolah yang literat dalam hal baca tulis, numerasi, sains, digital, finansial, budaya serta kekeluargaan”.

Selain memaparkan pentingnya literasi, kelompok KUKERTA Universitas Riau juga memaparkan bahaya Gadget jika dipakai secara berlebihan dan dampak yang akan ditimbulkan bagi siswa-siswi SD Negeri 96 Pekanbaru.

"Dampak yang ditimbulkan dari pemakaian gadget yaitu dampak positif, anak mudah mencari informasi tentang pembelajaran, dan memudahkan untuk berkomunikasi dengan teman. Namun, dampak negatif yang ditimbulkan dari gadget, berpengaruh pada perkembangan psikologi anak, terutama aspek pertumbuhan emosi dan perkembangan moral. Dalam pertumbuhan emosi, anak yang menggunakan gadget menjadi mudah marah, suka membangkang, menirukan tingkah laku dalam gadget serta berbicara sendiri pada gadget. Sedangkan pengaruhnya terhadap perkembangan moral, berdampak pada kedisiplinan, anak menjadi malas melakukan apapun, meninggalkan kewajibannya untuk beribadah, dan berkurangnya waktu belajar akibat terlalu sering bermain game dan menonton youtube” terangnya.

Dok. Tim KUKERTA AIR HITAM

Adapun anggota kelompok KUKERTA UNRI 2022 Kelurahan Air Hitam yaitu, Helda Simbolon(Biologi), Riki Fernando (Ekonomi Pembangunan), Rio Ryan Christian (Manajemen), Dio Agustina (Manajemen), Rian Irawan (Pemanfaatan Sumberdaya Perairan), Windi Nasution (Pemanfaatan Sumberdaya Perairan), Yohana Br Situmorang (Pemanfaatan Sumberdaya Perairan), Dinaria Rahmatika (Agribisnis), Vici Sondang (Agribisnis), Mika Bagariang (Agribisnis) dengan dosen pembimbing lapangan yaitu Misdawita, SE., M.S.E

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image