Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dwi Yulianti, S.Mat, S.Pd.

Pembelajaran Online Kelas 4 WR Supratman di Tunas Iblam

Edukasi | Friday, 05 Aug 2022, 11:39 WIB
Pembelajaran online

Depok. Best Effort atau upaya terbaik dilakukan dalam pembelajaran di Sekolah Tunas Iblam. Hal ini dilakukan agar kegiatan belajar dan mengajar dapat dilakukan dengan baik dan capaian pembelajaran juga dapat dituntaskan. Kurikulum Merdeka yang diterapkan di kelas 1 dan 4 untuk Tahun Pelajaran 2022/2023 diharapkan membawa perubahan dalam karakter dan pemahaman peserta didik. Membimbing peserta didik agar mau menyampaikan pendapat serta memberikan keleluasaan bagaimana memperlajari sebuah materi pelajaran adalah tujuan awal dari perubahan proses belajar di kelas.

Literasi dan numerasi tetap menjadi dasar yang harus dicapai oleh peserta didik. Bukan hanya mampu membaca teks bacaan, namun memahami banyak kosa kata untuk bekal pada jenjang selanjutnya juga dilakukan. Kemampuan berhitung (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian) menjadi dasar untuk memahami pemahaman konsep pada soal cerita, sehingga peserta didik mampu menalar penyelesaian atau solusi dari soal tersebut. Dengan tercapainya pemahaman dari setiap soal cerita, peserta didik diharapkan mampu menyelesaikan permasalahan dengan kemampuan bahasa (berbicara) dan mengungkapkannya sesuai dengan dasar pengetahuan yang sudah dipahaminya.

Pembelajaran online yang dilakukan selama sepekan kemarin, adalah pelaksanaan dari kebijakan pembelajaran terkait masa pandemi Covid-19. Walaupun dilakukan melalui daring (zoom), kami berusaha menyampaikan dengan maksimal. Saat kembali dilakukan tatap muka kami akan melakukan konfirmasi pemahaman dan pengetahuan baru yang sudah dipahami peserta didik.

Pekan ini Pembelajaran Tatap Muka (PTM) kembali dilakukan. Semangat memberikan pembelajaran terbaik pada peserta didik di kelas menjadi aura tersendiri bagi guru-guru yang akan mengajar. Komunikasi dua arah, sangat membantu transfer ilmu pengetahuan. Dengan menerapkan protokol kesehatan dan pendampingan orang tua kami yakin best effort yang kami lakukan dapat seiring sejalan dengan perkembangan kemampuan peserta didik khususnya di kelas 4 WR Supratman, umumnya di Sekolah Tunas Iblam.

Semua saran dan masukan dari orang tua membuat sekolah melakukan perbaikan untuk memaksimalkan pembelajaran. Hal ini memerlukan waktu untuk melakukan koordinasi dan pembahasan pada pihak terkait. Semua kebijakan yang dibuat adalah untuk kepentingan bersama. Menjadikan peserta didik bertambah pemahaman ilmu dan pengetahuan serta terbentuknya karakter peserta didik yang berakhlak mulia dan sesuai dengan profil Pancasila adalah tujuan dari pembelajaran yang kami lakukan. Semoga selalu dimudahkan dan dilancarkan. Aamiin.

Penulis: Dwi Yulianti

Dokumentasi: Kelas 4 WRS

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image