5 Alasan Kenapa Musik Membuat Hidup Kita Lebih Bahagia

Image
Putri Rahayu
Gaya Hidup | Friday, 05 Aug 2022, 06:42 WIB

Tentu banyak dari kita yang setuju dengan kutipan Bob Marley di atas. Musik adalah “obat” yang begitu efektif untuk menghilangkan perasaan kesal, kesepian atau bahkan stres.

Alangkah baiknya berkendara setelah bekerja dan menikmati jalanan yang sepi sambil mendengarkan lagu-lagu utama yang diputar. Dan apa pun kemalangan atau kekesalan yang Anda alami selama hari kerja, sepertinya itu akan keluar dari kepala Anda.

Mungkin Anda penggemar musik keras Metallica, seperti lagu-lagu dangdut yang sedang hits seperti “Sakinya Tuh Di Sini” Cita-Citata, atau Anda penggemar berat band-band indie Indonesia. Either way, lagu tersebut memiliki efek yang hampir sama pada sebagian besar pendengar mp3 paw. Mengapa musik dapat membuat hari-hari Anda lebih bahagia? Ini adalah alasannya!

Ketika kesibukan sehari-hari membuat kita stres dan tertekan, musik telah terbukti mendamaikan hati dan pikiran

Ini hanya bisa dipahami oleh mereka yang biasa mendengarkan musik setiap hari. Saat menyelesaikan pekerjaan kantor, saat istirahat kantor, hingga menjelang tidur setelah kembali beraktivitas.

Penelitian oleh PhD dari University of Gothenburg membuktikan bahwa mendengarkan musik setiap hari mencegah kemungkinan berkembangnya stres. Dan bahkan jika Anda sudah stres, musik setidaknya bisa mengurangi tingkat stres yang Anda rasakan. Penelitian ini didasarkan pada dua penelitian sebelumnya yang menjelaskan bahwa musik dapat membangun mood positif pada pendengarnya.

Musik dapat memberikan kenyamanan bahkan bagi mereka yang berjuang di ruang operasi

Anda mungkin terkejut mendengar ini, tetapi fakta ini telah diliput oleh majalah TIME sebelumnya. Telah terbukti bahwa bermain musik di ruang operasi dapat menurunkan tingkat stres dan memberikan pasien rasa nyaman bahkan ketika pasien tidak sadar. Penelitian ini dilakukan oleh Klinik Cleveland pada beberapa orang dengan Parkinson ketika mereka menjalani operasi otak.

Orang yang mendengarkan musik setiap hari memiliki kemampuan pendengaran dan pemrosesan suara yang baik

Jurnal Psychology Aging menampilkan penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 tentang manfaat musik pada pendengaran dan kemampuan manusia untuk memproses suara. Akibatnya, musisi yang memainkan atau mendengarkan musik di stafaband hampir sepanjang hidupnya memiliki keterampilan pemrosesan suara yang baik.

Selain itu, kualitas organ pendengaran mereka juga tampaknya lebih baik daripada orang biasa yang tidak terbiasa mendengarkan musik. Saat itu, penelitian dilakukan terhadap 163 orang, 74 di antaranya adalah musisi yang terbiasa mendengar suara sepanjang hidup mereka. Hasil penelitian ini dibahas secara singkat di Washington Post.

Aliran darah dalam tubuh mungkin lebih lancar saat Anda mendengarkan musik, yang biasa Anda lakukan

Pusat Medis Universitas Maryland merilis temuan tentang hubungan antara mendengarkan musik dan kesehatan jantung. Menurut mereka, musik dapat mempengaruhi pelebaran pembuluh darah di tubuh manusia. Hal ini dinilai baik karena pelebaran pembuluh darah akan membuat aliran darah menjadi lebih lancar. Saat orang mendengarkan musik dan merasa senang, pembuluh darah dalam tubuh melebar hingga 26%.

Musik terbukti mempercepat proses penyembuhan setelah sakit atau cedera

Fakta ini dibuktikan oleh Pain Research Center di University of Utah. Lagu ini terbukti sangat bagus ketika dimainkan untuk orang-orang yang sedang dalam masa penyembuhan dari penyakit atau cedera. Misalnya, jika Anda baru pulih dari cedera tulang karena kecelakaan.

Selain perawatan intensif dan penggunaan narkoba, musik dapat digunakan sebagai obat tambahan yang mempercepat pemulihan Anda. Ini karena musik dapat mengurangi rasa takut atau syok pasien yang terluka. Melalui penelitian terhadap 143 orang, hasil penelitian ini dipublikasikan dalam Journal of Pain.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

blogger, freelancer,

Game Balapan Terbaik Yang Harus Kalian Coba

Rekomendasi Game PPSSPP Terbaik

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Hakikat Kemerdekaan

Image

Meriahkan HDKD ke-77, Kepala Rutan Kelas IIB Majene Gelar Sepeda Santai Bersama Pegawai dan DWP

Image

Abonie Digital Music, Distributor Musik Terkemuka Asal Riau

Image

Kompak! Pegawai Rutan Kudus Ikuti Virtual Run 7,7 KM

Image

Mp3 Juice: Free Download Musik Tanpa Batas 2022 Cepat Sekaligus Mudah

Image

Savefrom Net : Cara Mudah Anti Ribet Download Mp4 Dan Mp3 Youtube Tanpa Aplikasi Plus Gratis Disini

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image