Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image 19105050023 19105050023

Pengajar Muda (Mahasiswa KKN) Meramaikan Pembelajaran Moderasi Beragama di SDN 13 Tambun Sukkean Sam

Sastra | Thursday, 04 Aug 2022, 17:14 WIB

Program Pengajar Muda merupakan satu dari sekian kegiatan dalam rangkaian Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kolaboratif antara UIN Sunan Kalijaga, IAKN Tarutung, dan UIN Sumatera Utara. SDN 13 Tambun Sukkean menjadi tempat tidak hanya berbagi ilmu tapi juga belajar ilmu baru.

Minimnya pengajar kerap membuat peserta didik SDN 13 berpindah ke SD lain walau jarak tempuhnya lebih jauh. Situasi ini membuat SDN 13 sempat ditutup selama 2 tahun namun akhirnya dibuka kembali.

Seperti yang dituturkan oleh Ibu Marisi Samosir selaku Kepala Sekolah SDN 13 Tambun Sukkean, bahwasannya “terdapat kurang lebih 44 siswa dengan berbagai macam agama, seperti Islam, Kristen Katolik, dan Kristen Protestan. Meskipun mayoritas siswa yang belajar di SDN 13 beragama Kristen namun tidak ada diskriminasi bagi siswa yang beragama Islam, semuanya diperlakukan sama.”

Kehadiran mahasiswa KKN Kolaborasi sebagai Pengajar Muda disambut antusias peserta didik dan pengajar untuk berpartisipasi dalam proses pembelajaran dan mengenalkan spirit moderasi beragama sebagai bentuk penanaman kembali nilai-nilai keberagaman dan keharmonisan. Pengenalan dan penanaman nilai-nilai keberagaman diajarkan dalam setiap interaksi sosial peserta didik yang dipraktikkan dalam bentuk toleransi dan saling menghormati perbedaan dan menjauhi sikap saling memperolok dan menyakiti. Rasa toleransi dan saling menghormati itu juga digambarkan dalam permainan dan kreativitas menggambar. Demikian juga ketika berdoa dalam memulai dan mengakhiri proses pembelajaran dimana anak-anak berdoa sesuai keyakinan masing-masing dan berdo’a bersama dengan bahasa universal yang bisa mewakili agama masing-masing. Tergambar raut wajah kebersamaan yang ceria kendatipun di tengah perbedaan agama yang ada.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image