Pengajar Muda (Mahasiswa KKN) Meramaikan Pembelajaran Moderasi Beragama di SDN 13 Tambun Sukkean Sam

Image
19105050023 19105050023
Sastra | Thursday, 04 Aug 2022, 17:14 WIB

Program Pengajar Muda merupakan satu dari sekian kegiatan dalam rangkaian Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kolaboratif antara UIN Sunan Kalijaga, IAKN Tarutung, dan UIN Sumatera Utara. SDN 13 Tambun Sukkean menjadi tempat tidak hanya berbagi ilmu tapi juga belajar ilmu baru.

Minimnya pengajar kerap membuat peserta didik SDN 13 berpindah ke SD lain walau jarak tempuhnya lebih jauh. Situasi ini membuat SDN 13 sempat ditutup selama 2 tahun namun akhirnya dibuka kembali.

Seperti yang dituturkan oleh Ibu Marisi Samosir selaku Kepala Sekolah SDN 13 Tambun Sukkean, bahwasannya “terdapat kurang lebih 44 siswa dengan berbagai macam agama, seperti Islam, Kristen Katolik, dan Kristen Protestan. Meskipun mayoritas siswa yang belajar di SDN 13 beragama Kristen namun tidak ada diskriminasi bagi siswa yang beragama Islam, semuanya diperlakukan sama.”

Kehadiran mahasiswa KKN Kolaborasi sebagai Pengajar Muda disambut antusias peserta didik dan pengajar untuk berpartisipasi dalam proses pembelajaran dan mengenalkan spirit moderasi beragama sebagai bentuk penanaman kembali nilai-nilai keberagaman dan keharmonisan. Pengenalan dan penanaman nilai-nilai keberagaman diajarkan dalam setiap interaksi sosial peserta didik yang dipraktikkan dalam bentuk toleransi dan saling menghormati perbedaan dan menjauhi sikap saling memperolok dan menyakiti. Rasa toleransi dan saling menghormati itu juga digambarkan dalam permainan dan kreativitas menggambar. Demikian juga ketika berdoa dalam memulai dan mengakhiri proses pembelajaran dimana anak-anak berdoa sesuai keyakinan masing-masing dan berdo’a bersama dengan bahasa universal yang bisa mewakili agama masing-masing. Tergambar raut wajah kebersamaan yang ceria kendatipun di tengah perbedaan agama yang ada.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Pegawai Kantor Imigrasi Cilacap Ikut Virtual Fun Run dan Pendakian Gunung Slamet

Image

Ratusan Pekerja dan Buruh di DIY Tolak dan Minta Batalkan UU Cipta Kerja Omnibus Law

Image

MI Sunan Pandanaran Gelar Workshop IKM bersama IGI

Image

Sambut HDKD ke-77, Imigrasi Semarang Ikut Ramaikan Fun Bike di Kanwil Kemenkumham Jateng

Image

Warga RW 06 Notoprajan Bersemangat Sambut HUT ke-77 Kemerdekaan RI

Image

Musik sebagai Peningkat Fokus Otak

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image