Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Lestari Tunggal Dewi

Siyahah Sebagai Moment Refleksi 1 Muharram

Sekolah | Thursday, 04 Aug 2022, 13:38 WIB

Jumat, 30 Juli 2022 SMPIT Hidayah Klaten mengadakan kegiatan Siyahah dalam rangka memperingati malam tahun baru Islam 1444 Hijriah. Kata Siyahah berasal dari Bahasa Arab yang berarti berjalan di atas bumi. Kegiatan yang diketuai oleh Ustadz Ari Sugeng Purnomo diikuti seluruh siswa kelas 7 sampai dengan kelas 9. Siyahah diisi dengan beberapa serangkaian agenda yang diawali dengan registrasi peserta, dilanjutkan sholat ashar berjamaah dan alma’tsurat, disambung dengan lomba cerdas cermat antar kelas juga lomba khithobah. Setelah itu sholat maghrib dan Isya’ berjamaah kemudian tilawah dengan target 1 juz. Selain peningkatan ruhiyah, pada siyahah ini siswa mendapatkan motivasi oleh Ustadz Toto Sugiarto,M.Pd.

Siyahah di SMPIT Hidayah bagi santri putra dilaksanakan dengan berjalan sepanjang 16 KM yang dilaksanakan pada malam hari mulai pukul 01.30. Selain untuk menguatkan fisik, siyahah juga sebagai moment untuk refleksi malam 1 Muharran 1444 Hijriah. Pada malam 1 Muharram terdapat peristiwa yang bersejarah yaitu hijrahnya Nabi Muhammad SAW dan pengikutnya dari Mekkah ke Madinah pada tahun 622 M.

Lain halnya dengan santri putri, pada malam hari setelah tahajjud para siswa bermuhasabah yang dipandu oleh ustdzah Mahanani Rahayu. Dilanjutkan dengan sholat subuh berjamaah serta alma’tsurat dan jalan sehat bersama mulai pukul 05.00. Kegiatan ini diakhiri dengan sarapan Bersama dan penutupan oleh panitia. Setelah kegiatan ini, harapannya para santri dapat lebih meningkatkan amal sholih.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image