Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Heni Nurhasanah

KINI MENGURUS BPJS KESEHATAN TIDAK USAH MENGANTRI, CUKUP DI RUMAH SAJA!

How To | Thursday, 04 Aug 2022, 12:59 WIB

Kamis, 04 Agustus 2022 oleh Dede Heni Nurhasanah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi dapat memudahkan segala kegiatan kita sehari-hari termasuk mengurus BPJS Kesehatan. Akan tetapi masih banyak yang belum mengetahui bahwa pengurusan BPJS Kesehatan bisa dilakukan hanya dengan melalui telepon genggam saja. Melalui kegiatan KKN Tematik UPI yang telah dibagi berdasarkan kelompok ke Kelurahan maka dilaksanakanlah program sosialisasi dan edukasi mengenai penggunaan aplikasi mobile JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) dan PANDAWA (Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp) di Kelurahan Pajajaran Kecamatan Cicendo Kota Bandung.

Adapun beberapa alternatif untuk mempermudah urusan mengenai BPJS Kesehatan, diantaranya yaitu :

· Aplikasi Mobile JKN

Dalam aplikasi mobile JKN terdapat 21 fitur yang cukup lengkap mengenai BPJS Kesehatan, baik data diri pengguna, informasi BPJS Kesehatan, informasi fasilitas kesehatan, dan fitur-fitur lainnya yang sangat membantu mempermudah pengurusan BPJS Kesehatan. Adapun rata-rata permasalahan dalam mengakses aplikasi mobile JKN yaitu terkendala oleh nomor telepon dan email untuk verifikasi. Cara untuk memperbaharui email atau nomor telepon di wilayah Kota Bandung cukup akses link berikut : bit.ly/nohpBDG

Isillah data dengan lengkap dan benar kemudian klik SUBMIT/KIRIM, lalu registrasi kembali pada aplikasi mobile JKN setelah 1 jam.

· Layanan BPJS Kesehatan Care Center 165

Dengan menggunakan layanan ini peserta dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 165 melalui mesin penjawab untuk mengetahui pengecekan status peserta dan tagihan iuran. Selain itu informasi dan pengaduan langsung dapat diakses melalui media sosial seperti twitter, facebook, instagram, youtube, dan tiktok.

· CHIKA (Chat Asistant JKN)

Layanan CHIKA (Chat Asistant JKN) merupakan layanan informasi yang dapat diakses melalui whatsapp di nomor 08118750400 dan telegram @Chika_BPJSKesehatan_bot serta melalui Facebook Messenger BPJS Kesehatan.

· PANDAWA (Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp)

Cara menggunakan PANDAWA (Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp) dapat diakses dengan menghubungi nomor whatsapp 08118165165, setelah itu PANDAWA akan memberikan link yang dapat diakses selama 60 menit. Dalam link tersebut terdapat beberapa menu diantaranya, pendaftaran baru, penambahan anggota keluarga, pengaktifan kembali status kepesertaan, pindah jenis peserta non aktif menjadi PBPU/ mandiri, perubahan atau perbaikan data, dan ubah fasilitas kesehatan. Dalam pengisian link ini diperlukan mengunggah berkas KK (kartu keluarga).

· Website BPJS Kesehatan

Website BPJS Kesehatan dapat diakses pada alamat www.bpjs-kesehatan.go.id. Adapun jenis layanan dalam website BPJS Kesehatan sebagai berikut :

1. Registrasi Peserta PPU Badan Usaha

2. Informasi seputar program JKN

3. Fitur skrining riwayat kesehatan

4. Registrasi atau pendaftaran autodebit

5. Penyampaian informasi, pengaduan, saran, dan aspirasi

Diharapkan cara penggunaan dan pengisisan mengenai BPJS Kesehatan secara online dapat membantu dan meminimalisir ketidaktahuan masyarakat dalam mengaplikasian BPJS Kesehatan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image