Rahasia Hidup Bahagia Ala Stoa

Image
Julia Angelina Nurhidayah
Sastra | Thursday, 25 Nov 2021, 21:04 WIB

Judul buku : Filosofi Teras

Penulis : Heny Manampiring

Penerbit : Penerbit Buku Kompas

Tahun terbit : 2019

Jumlah halaman : 320 + xxiv

Peresensi : Julia Angelina Nurhidayah/268/F

Filosofi teras merupakan buku cetakan pertama Henry Manampiring atau yang akrab dipanggil Om Piring. Ia seorang penulis dan selebtweet. Beberapa karya beliau yang terkenal didunia penulisan adalah Filosofi teras : Filsafat Yunani - Romawi Kuno untuk Mental Tangguh masa Kini, Cinta (Tidak Harus) Mati, 7 Kebiasaan Orang yang Nyebelin Banget, The Alpha Girls Guide: Menjadi Cewek Smart, Independen, Anti Galau, dan The Alpha Girl’s Playbook.

Pada awalnya, Om Piring merupakan pribadi yang selalu negatif-thinking dan cemas akan sesuatu. Hingga akhirnya ia memutuskan untuk mengunjungi psikiater dan beliau begitu syok saat mengetahui bahwa menderita “Major Depressive Disorder”. Saat itu, ia menemukan buku How to Be A Stoic yang menjelaskan tentang bagaimana menerapkan filosofi stoa (stoa = teras) di dalam hidup. Dari sanalah awal mulanya ia mendalami stoisisme. Akhirnya, beliau memutuskan untuk menulis buku yang berjudul Filosofi Teras dan berharap dengan adanya buku ini dapat membantu para pembaca yang mungkin sedang dilanda kecemasan dan kekhawatiran memperoleh hidup yang lebih tenang.

Filosofi teras lahir di sebuah teras berpilar dihiasi lukisan, semacam alun-alun di Athena. Oleh karena itu, nama ajaran yang diciptakan oleh Zeno disebut filosofi Stoa atau filosofi teras. Filosofi ini sudah ada sejak zaman Yunani kuno 300 SM atau 2300 tahun yang lalu. Filosofi Teras jauh dari filosofi yang terkesan berat dan menerawang, namun praktis dan erat kaitannya dengan kehidupan kaum milenial dan Generasi masa kini.

Ajaran filosofi teras mengajarkan pembacanya untuk menjadi pribadi yang tangguh, tidak baperan, khawatir, marah-marah dan paling penting filosofi ini mengajarkan kita untuk selalu hidup selaras dengan alam. Hal terbaik yang kita pelajari dari filosofi teras adalah prinsip-prinsipnya yang dapat kita terapkan dan sudah tidak asing lagi dalam kehidupan sehari-hari. Prinsip dalam Filosofi teras membantu kita agar tidak mudah khawatir tentang masa lalu atau masa yang akan datang. Biarkan hal yang sudah terjadi atau yang akan terjadi berjalan sebagaimana mestinya. Filosofi teras bukan mengajarkan kita menjadi pribadi yang pasrah dengan keadaan justru mengajarkan kita untuk hidup selaras dengan alam untuk mendapatkan ketenangan dalam hidup.

Buku Filosofi Teras terdiri dari 12 bab dengan topik yang menarik di setiap bab-nya yaitu Survei Khawatir Nasional, Sebuah Filosofi yang Realistis, Hidup Selaras dengan Alam, Dikotomi Kendali, Mengendalikan Interpretasi dan Persepsi, Memperkuat Mental, Hidup di antara Orang yang Menyebalkan, Mengahadapi Kesusahan dan Musibah, Menjadi Orang Tua, Citizen of the World, Tentang Kematian dan Penutup.

Dibuku ini kita dijelaskan bahwa penyebab emosi negatif atau kecemasan yang berlebihan disebabkan oleh rasio atau pola pikir yang keliru. Serta diajarkan untuk mencari kedamaian dalam hidup melalui diri sendiri bukan dari ekspektasi diluar kendali kita. Bagaimana caranya mengatasi baper, galau, emosi, cemas, khawatir dan cara mengtasi masalah dalam hidup.

Pada akhirnya, penulisnya menyarankan para pembaca untuk memperbaiki pola pikir yang keliru tersebut, dengan salah satu contohnya ialah menerapkan filosofi stoa (Stoikisme) yang pada buku tersebut kemudian diterjemahkan sebagai "Filosofi Teras" dalam kehidupan sehari-hari. Dalam buku tersebut, filosofi stoa digambarkan secara sederhana dengan inti dikotomi kendali nasib manusia, sehingga dari dikotomi kendali tersebut, manusia dapat menentukan hal-hal yang dapat membuatnya bahagia maupun tidak. Buku ini awalnya menceritakan tentang sebuah survei kekhawatiran nasional yang sekaligus menyajikan tentang sekilas kehidupan si penulis yang dipenuhi oleh emosi negatif berlebihan.

Penulis buku ini dapat mengungkapkan konsep filosofi Stoic dalam bahasa yang sederhana dan mudah dipahami. Di beberapa tempat penulis menyisipkan humor untuk menghibur pembaca dan membuat pembaca terkesan. Buku ini bukanlah buku kaku yang penuh dengan teori. Ada ringkasan di akhir setiap bab dalam buku ini, tidak setiap buku memilikinya. Ringkasan akhir bab ini membantu pembaca mengingat dan lebih memahami poin-poin utama dalam setiap bab. Buku filosofi teras juga tidak terlepas dari beberapa kekurangan yang tidak terlalu menarik. Saat pertama kali membuka buku ini, saya tidak terkesan dengan ukuran font dan spasi yang digunakan. Font rata kiri, sehingga tidak terlihat rapi dan spasi terlalu sempit.

Pesan atau pelajaran pertama yang dipetik dari buku ini adalah tentang mengatur emosi agar kita bisa mengatur reaksi kita terhadap diri kita sendiri, salah satunya adalah dengan menggunakan dikotomi kontrol. Ada dua jenis kontrol di dunia ini, satu adalah apa yang bisa kita kendalikan, dan yang lainnya adalah apa yang tidak bisa kita kendalikan. Menurut Stoicisme, hal-hal yang dapat membuat kita kesal, frustrasi, kecewa, sedih, dan dalam suasana hati yang buruk adalah kebahagiaan yang kita kejar, yang berada di luar kendali kita. Pentingnya memahami "kontrol" tidak hanya terletak pada kemampuan kita untuk "memperoleh", tetapi juga pada kemampuan untuk "mempertahankan". Kemudian pesan selanjutnya adalah melatih diri untuk membayangkan hal-hal buruk agar kita bisa lebih siap. Pesan ketiga adalah bahwa kita semua adalah warga dunia, jadi jangan mendiskriminasi orang lain.

Saya merekomendasikan buku filosofi teras kepada pembaca karena bahasa yang digunakan dalam buku ini ringan untuk orang awam sekalipun. Selain itu menjalani filosofi ini memang tidak mudah dibutuhkan latihan mengendalikan emosi negatif serta berusaha cuek dan bersikap bodo amat terhadap sesuatu yang berada diluar kendali kita. Maka percayalah, stress terhempas, damai pun datang.

Pereview :

Nama : Julia Angelina Nurhidayah

Mahasiswa : Universitas Muhammadiyah Malang

Fakultas : Ilmu Kesehatan

Prodi : S1 Farmasi

Dosen Pengampu : Dr. Daroe Iswatiningsih, M.Si

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Rahasia Hidup Bahagia Ala Stoa

Artikel Terkait

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

URGENSI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI GENERASI MILENIAL

Image

Mahasiswa PMM-UMM Membantu Pendidikan di TPQ Baitussalam Dusun Jetis, Desa Mulyoagung

Image

Hukum Kontrak dalam Muamalah Islam

Image

Elvano Snack Sediakan Cemilan Sehat dan Buka Lapangan Kerja

Image

Peluncuran E-Book, 'Berbeda, Berdialog dan Berjuang Bersama'

Image

Pengembangan metode bank syariah sebagai solusi utama pencegahan adanya riba dalam pelaksanaan kegia

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image