Memaknai Hari Guru Nasional: Refleksi Kualitas Pelayanan Pendidikan

Image
Muhammad Jatnika Pamungkas
Eduaksi | Thursday, 25 Nov 2021, 20:18 WIB

Sudah berulang kali momen Hari Guru Nasional dirayakan, diramaikan, digebyarkan dengan berbagai cara bahkan sampai viral. Dari upacara, perlombaan, seminar, workshop, pemberian hadiah, dan cara-cara lama yaitu siswa mengerjai guru yang sekarang lebih kita kenal "prank".

Sejatinya, Hari Guru Nasional betul-betul dihayati tentang peran dan kontribusinya dalam memajukan kualitas pendidikan, terutama pelayanan yang diberikan oleh guru kepada masyarakat maupun pelayanan oleh pemerintah kepada guru. Sejauh mana guru diberi "pelayanan terbaik" oleh pemerintah?

Mari kita lihat tingkat kesejahteraan guru. Perhatian pemerintah terhadap guru, dan posisi guru di masyarakat hanya sekedar dilihat memiliki "ilmu" namun masih minim tentang kesejahteraan.

Pelayanan pemerintah dalam bentuk sertifikasi, tunjangan-tunjangan yang berbagai macam namanya, dengan syarat dan mekanisme yang merepotkan yang akhirnya menyita jam mengajar sang guru. Mari melihat guru-guru di daerah yang masih berjuang tidak sekedar mencerdaskan anak bangsa, namun berjuang membesarkan anak-anaknya agar tetap bisa mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik hari esok.

Maka, mari kita lebih melihat ke dalam diri kita tentang pemaknaan profesi guru yang sesungguhnya. Apresiasi di Hari Guru Nasional kepada para guru penting dalam bentuk apapun yang positif dan bermakna.

Di tengah berubah-ubahnya peraturan pendidikan dan sistem pendidikan di negara Indonesia karena pergantian menteri pendidikan, guru harus terus menyesuaikan zaman, menyesuaikan kebutuhan siswanya, guru terus dituntut untuk meng-upgrade diri, namun tingkat kesejahteraan untuk guru masih rendah.

Ayolah kita maknai Hari Guru Nasional ini bukan sekedar memberi "kue tart" di kantor guru, namun nilai-nilai penghormatan terhadap peran guru, dengan memberikan ruang yang cukup dalam pemenuhan kesejahteraan guru, itu lebih penting. Karena dengan kesejahteraan guru meningkat, akan seiring dengan meningkatnya kualitas pendidikan di negara ini.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Terkait

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

GB Whatsapp Versi Terbaru, Lihat Kelebihan yang Dimilikinya

Image

Apakah Pinjaman Online Itu Menguntungkan atau Malah Merugikan?

Image

PEREMPUAN MULIA DENGAN ISLAM

Image

Rekomendasi 6 Aplikasi Edit Foto Terbaik Android dan Iphone

Image

Ingin Irit Kuota Download Youtube Go Apk, Youtuban Gratis Tanpa Kuota

Image

Heboh Kini Muncul Link Download Youtube Go Apk Versi Desember

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image