Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image irman muhammad ridwan

Iman Kepada Hari Akhir dan Mengakhiri Kebiasaan Buruk

Eduaksi | Wednesday, 03 Aug 2022, 21:49 WIB
Iman Kepada Hari Akhir dan Mengakhiri Kebiasaan Buruk Materi PAI kelas 9

Iman Kepada Hari Akhir dan Mengakhiri Kebiasaan Buruk

Iman Kepada Hari Akhir dan Mengakhiri Kebiasaan Buruk merupakan konten atau materi pembelajaran pada siswa kelas IX mata pelajaran PAI yang disampaikan di kelas capaian pembelajaran (CP) di kelas agar siswa dengan mempelajari dan memahami konten pada pertemuan di kelas dengan mengakhiri Kebiasaan Buruk.

Iman kepada hari akhir merupakan iman yang ke lima pada rukun iman, diantaranya:

1. Iman Kepada Allah SWT

2. Iman Kepada Malaikat Allah SWT

3. Iman Kepada Kitab Allah SWT

4. Iman Kepada Rasul Allah SWT

5. Iman Kepada Hari Akhir

6. Iman Kepada Qodo dan Qodar Allah SWT yang baik dan jelek.

Guru menerangkan tentang iman kepada hari akhir kepada siswa. Iman kepada hari akhir adalah percaya sepenuhnya atau menyakini sepenuhnya bahwa alam semesta atau makhluk akan hancur. Iman kepada hari akhir meyakini sepenuhnya bahwa hari kiamat akan datang.

Rasulullah SAW menjelaskan dalam hadisnya yang diriwayatkan ibnu majah bahwa hari kiamat akan datang dan terjadi pada hari jum’at dan dianjurkan untuk memperbanyak solawat. Jadi hari kiamat akan terjadi pada hari jum’at dan jum’at tersebut dirahasiakan oleh Allah SWT.

Kemudian guru membacakan dalil tentang hari akhir dalam surat Alzaljalah ayat 1-7 bersama-sama:

Artinya: Apabila bumi digoncangkan dengan goncangan yang sangat dahsyat (1) dan bumi mengeluarkan beban-beban yang terkandung didalamnya (2) dan manusia bertanya” Apa yang terjadi pada bumi? (3) dan pada waktu itu bumi menceritakan beritanya (4) Sesungguhnya Tuhanmu memerintahkankan kepadanya (5) pada waktu itu manusia bangkit atau keluar dari kuburnya untuk diperlihatkan balasan atas perbuatannya (6) maka barang siapa mengerjakan kebaikan sebesar zarah niscaya akan merasakan balasan kebaikannya(7) dan barangsiapa yang mengerjakan kejelekan akan merasakan balasan kejelakannya (7).

Guru membacakan dalil tentang kiamat kemudian diikuti oleh siswa. Selain membahas maknanya guru juga membahas tajwid. Tajwid adalah hukum bacaan Alquran supaya membaca Alquran dengan baik dan benar.

Kemudian menerangkan surat Alzalzalah 1-7 tentang gambaran hari Akhir bahwa dunia atau alam semesta akan digoncangkan oleh Allah SWT dengan goncangan yang sangat dahsyat. Semua yang ada dalam bumi keluar. Lautan tumpah, gunung-gunung Meletus, Manusia panik berterbangan, hancur lebur kadaan bumi dan keadaan alam semesta.

Dengan tiupan sangkakala malaikat isrofil hancurlah alam semesta, dimatikan makhluk hidup dan dibangkitkan dari alam kubur.

Ada fase-fase manusia ketika memasuki alam akhirat. Satu hari diakhirat bandinganya seribu tahun di dunia. Sungguh kehidupan akhirat adalah kehidupan yang abadi. Fase-fase yang dilalui manusia.

1. Alam barzah (yaumul barzah) dimana manusia akan memasukinya setelah kematian. Yaumul barzah pada hari itu manusia memasuki alam kubur. Alam kubur disebut juga alam barzah. Sendiri tidak ada yang menemani hanya amal yang menemani kita.

Amal yang baik akan membawa kenikmatan di alam barzah sebaliknya amal jelek akan membawa siksa malapetaka di alam sana. Amal perbuatan lah akan menemani kita apakah nikmat atau siksa yang akan dirasakan. Malaikat mungkar dan nakir memeriksa amal perbuatan dialam kubur.

Ada beberapa pertanyaan yang akan ditanyakan kepada setiap manusia. Ada 6 pertanyaan kalau saja lancer memjawab pertanyaan malaikat mungkar dan nakir maka akan lancer kehidupan disana. Amal yang baik dan ketaatan kepada Allah SWT dan Rasul-Nya maka akan lancer menjawabnya.

Pertanyaan tersebut adalah : Siapakah Tuhanmu?, Siapakah Nabi dan Rasulmu? Apa Agamamu? Apa Kiblatmu? Siapa imammu? dan siapa saudaramu?. Insya Allah kalau amal baik dan taat kepada Allah SWT dan Rasul-Nya akan lancar menjawab pertanyaan dan mendapatkan kenikmatan sebaliknya kalau susah menjawabnya karena banyak dosa dan maksiat akan mendapatkan siksa yang pedih. Ada amalan atau keutamaan supaya terhindar dari siksa kubur adalah surat al mulk. Rasulullah Saw menjelaskan diriwayatkan Annasa’i barang siapa yang membaca surat almulk setiap malam maka akan terhindar dari siksa kubur.

2. Yaumul Ba’ats

Yaumul Ba’ats adalah hari dimana manusia dibangkitkan dari alam kubur mulai manusia zaman nabi adam sampai zaman nabi Muhammad Saw. Ketika dibangkitkan dari alam kubur manusia berbentuk yang aneh-aneh sesuai dengan amal dan perbuatannya dengan telanjang dan tidak dikhitan.

3. Yaumul Mahsar atau Yaumul Hasyr

Yaumul Mahsar atau yaumul Hasyr dimana manusia mulai zaman nabi adam sampai zaman nabi Muhammad SAW dikumpilkan di padang mahsar. Di padang mahsar mereka menunggu untuk diminta pertanggung jawaban amal perbuatan dengan pengadilan Allah SWT dengan pengadilan yang maha adil.

4. Yaumul Mizan

Yaumul Mizan dimana pada hari itu manusia di timbang amal perbuatannya. Amal baik atau amal jelek yang memberatknnya. Amal baik yang lebih berat surga yang akan di dapatkannya sebaliknya amal jelek yang berat ditimbangnya neraka kembalikannya.

5. Sirath

Sirath adalah jembatan menuju surga dibawahnya neraka jahanam. Apakah akan sampai menuju surge atau jatuh kedalam neraka jahanam? Hanya amal sholeh dan Takwa akan sampai menuju surga melalui sirath.

6. Neraka

Neraka adalah tempat bagi orang-orang kafir tempat yang abadi dan juga orang-orang yang penuh dengan dosa dan noda belum sempat bertaubat kepada Allah SWT waktu didunia. Neraka adalah tempat orang yang menetang Allah SWT dan Rasul-Nya.

7. Surga

Surga adalah tempat bagi orang-orang yang bertakwa kepada Allah SWT. Menjalankan perintah dan menjauhi larangan Allah SWT dan Rasul-Nya. Surga adalah tempat dimana manusia menginginkannya temapat yang indah sekali, tempat abadi, tempat kenikmatan yang tidak ada bandingannya, dihuni para bidadari surga.

Setelah menerangkan tentang perjalanan akhirat, guru memutar video melalui infocus video ilustrasi tentang kiamat.

Siswa meperhatikan dengan seksama ketika melihat ilustrasi video tentang kiamat. Diterangkan bahwa ilustrasi tersebut atau video tersebut belum seberapa disbanding dengan kiamat yang sebenarnya.

Para siswa melihat dengan seksama video tersebut diharapkan para siswa bisa mengakhiri kebiasaan buruk. Semua orang bukan hanya siswa guru juga atau siapa saja pasti mempunyai atau ada kebiasaan buruk.

Diharapkan para siswa ketika mendengarkan pemaparan dan menyaksikan video tentang kiamat melalui infocus bisa berhenti dari kebiasaan buruk. Seperti : malas solat bahkan meninggalkan solat setelah mendengarkan dan menyaksikan video tersebut diharapkan rajinsolatnya, rajin ngajinya, berbakti kepada orang tua, hormat kepada guru, menghindari tawuran, berlaku sopan santun dan meningkatkan ketaatan kepada Allah SWT dan Rasul-nya untuk bekal kehidupan nanti kehidupan abadi yaitu akhirat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image