Cara Mengelola Diri Sendiri Untuk Mencapai Tujuan Hidup

Image
Aura Lintang Ayu Cahyani
Eduaksi | Thursday, 25 Nov 2021, 18:27 WIB

Identitas Buku

Judul Buku : Seni Mengenal Diri Sendiri

Penulis : Brian Adam

Penerbit : Bright Publisher

Tahun terbit : 2020

Jumlah halaman : 156+viii halaman

ISBN : 978-623-7778-52-3

Buku dengan judul Seni Mengenal Diri Sendiri merupakan buku pengembangan diri yang berisi tentang panduan mengenal dan mengelola diri sendiri. Penulis menjelaskan bahwa kejenuhan dalam menjalani hidup sangat mungkin terjadi jika tidak mengenal diri sendiri. Kita juga akan merasa hampa jika tidak menyadari tujuan hidup. Dalam buku ini dipaparkan bahwa dengan mengenal dan memahami diri sendiri bisa menjadi titik awal untuk mencapai tujuan hidup. Tidak bisa dipungkiri tujuan hidup setiap orang itu berbeda-beda, seperti berpendidikan tinggi, karier yang bagus, keluarga yang bahagia, dan sebagainya. Namun, apapun tujuannya, kita harus mengenal diri sendiri dan mengetahui tujuan hidup tersebut. Dalam buku ini juga dijelaskan jika kita tidak bisa mengenal dan memahami diri sendiri, maka akan sering merasa resah, gelisah, dan kehilangan arah.

Buku Seni Mengenal Diri Sendiri memaparkan makna dari mengenal diri sendiri dan proses mengelola diri sendiri untuk mencapai tujuan hidup. Buku ini berisi 19 bagian tentang mengenal diri sendiri. Pada bagian pertama dijelaskan bahwa kehidupan tidak selalu sesuai dengan yang diharapakan. Banyak cobaan dan rintangan yang membuat kita merasa lelah dan kadang ingin menyerah. Dalam bagian ini kehidupan kita diibiratkan perjalanan sebuah pesawat terbang. Pada suatu ketika penerbangan itu tiba di tujuan pada waktu yang ditentukan. Namun, terkadang juga terjadi turbulensi atau kondisi gawat lainnya sehingga pesawat tidak mulus mendarat di bandara. Seperti kehidupan yang terkadang sesuai harapan dan membuat bahagia, tetapi tidak jarang pula cobaan menerpa lalu membuat kita emosi dan hampir putus asa.

Pada bagian 2, buku ini mengajak kita untuk bergerak maju meminimalisir kondisi yang dapat menghalangi jalur menuju tujuan hidup. Suatu hal yang menghambat kemajuan diri sendiri adalah terlalu banyak membawa energi fisik ataupun emosional. Memang sulit untuk menjaga kehidupan tetap teratur dan rapi. Maka dari itu sangat dibutuhkan pengenalan dan pengelolaan terhadap diri sendiri.

Pada bagian 3 sampai 6 buku ini menjelaskan tentang cara menyadari, memahami, dan menganalisis diri sendiri. Dalam bagian ini dijelaskan bahwa mengenali diri sendiri adalah kunci proses pengembangan diri. Sehingga kita akan menyadari kemampuan, bakat, serta keterbatasan dan kekurangan sendiri. Dengan menyadari kekurangan dan kelebihan diri sendiri kita dapat melakukan peningkatan kualitas diri untuk mencapai tujuan hidup. Penulis juga menjabarkan beberapa manfaat mengenal dan mengelola diri sendiri, diantaranya: lebih mudah mengatur pekerjaan, siap untuk berprestasi, mempunyai alat untuk mencapai kesuksesan, bekerja tanpa tergesa-gesa, memiliki waktu yang lebih efektif dan efisien, menjadi panutan bagi orang lain, lebih disiplin, selalu menepati janji, mampu memilih kegiatan sesuai prioritas, mampu meningkatkan diri, dan mampu mengambil keputusan yang tepat.

Pada bagian 7 dan 8 dijelaskan bahwa hidup tanpa tujuan bagaikan lilin tanpa korek api, tidak akan menghasilkan apapun. Adanya tujuan akan membuat kita lebih bersemangat untuk menggapai sesuatu. Dari hal itu, penulis menjelaskan bahwa untuk mencapai tujuan hidup, setiap orang harus memiliki visi dan misi agar kehidupan lebih terarah. Kita juga bisa membuat daftar aktivitas-aktivitas dan mengaturnya berdasarkan hasil yang ingin diraih. Setelah itu konsisten dalam melakukan aktivitas yang telah diatur. Jangan lupa apresiasi diri dengan memberi hadiah atas pencapaian yang sudah diraih.

Pada bagian 9 sampai 18 penulis menjelaskan tentang cara untuk meningkatkan kualitas diri untuk mencapai tujuan hidup. Setiap bagiannya membahas urut mulai dari mengontrol diri sendiri, mengelola emosi, fokus pada tujuan hidup, memahami kondisi lingkungan, selalu percaya diri, bertanya kepada diri sendiri, selalu bersikap positif, mengatur waktu, mengenali diri sendiri, dan kesuksesan yang didapat jika bisa mengenali diri sendiri. Lalu pada bagian terakhir, buku ini berisi tentang kata-kata mutiara yang bertujuan untuk membangkitkan semangat kita untuk mencapai tujuan hidup.

Keunggulan dari buku ini yang pertama yaitu covernya sangat elegan sehingga menarik untuk dilihat. Gaya bahasa yang digunakan juga sederhana dan tidak rumit sehingga mudah dimengerti. Dalam buku ini penulis menyisipkan beberapa kata dari bahasa asing, tetapi tidak menyulitkan pembaca dan masih mudah untuk dipahami. Selain itu, banyak nilai-nilai kehidupan yang dapat diambil dari buku ini sehingga memotivasi kita untuk mencapai tujuan hidup.

Buku ini banyak memiliki keunggulun dan manfaat, tetapi di sisi lain juga terdapat beberapa kelemahan. Kelemahan dari buku ini yaitu masih terdapat banyak kesalahan ejaan kata yang tidak sesuai dengan KBBI. Selain itu, terdapat beberapa bagian dari buku ini berisi makna yang hampir sama sehingga terkesan bertele-tele. Meskipun demikian, kelemahan dari buku ini tidak mengurangi pemahaman isi dan manfaat yang dapat kita ambil.

Secara keseluruhan, buku ini sangat menarik untuk dibaca. Banyak sekali manfaat yang dapat kita ambil khususnya dalam hal memahami diri sendiri. Buku ini direkomendasikan untuk semua kalangan muda dan tua tanpa batasan usia. Hal itu dikarenakan isi dari buku ini mudah dipahami oleh pembaca dan relevan dengan apa yang kita alami dalam kehidupan sehari-hari. Dengan membaca buku ini kita akan dapat lebih mengenal diri sendiri dan mengetahui potensi diri untuk dikembangkan agar mencapai tujuan hidup.

Peresensi:

Nama : Aura Lintang Ayu Cahyani

Instansi : Universitas Muhammadiyah Malang

Fakultas : Ilmu Kesehatan

Prodi : S1 Farmasi

Dosen Pembimbing : Dr. Daroe Iswatiningsih, M.Si

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mahasiswa Farmasi Universitas Muhammadiyah Malang

Artikel Terkait

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Minecraft Mod Apk Versi Terbaru Tanpa Perlu Beli

Image

(Tidak) Semua Laki-Laki?

Image

Bahasa Arab di Zaman Dahulu dan Zaman Sekarang, Berbedakah?

Image

Update FF Mod Apk Dengan Fitur Terbaru

Image

Aplikasi Musik Spotify Premium Mod Putar Lagu Kesukaan Gratis

Image

Kelas Coding untuk Anak, Membuat Cerita dengan Scratchjr

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image