Tips Mengelola Keuangan untuk Mencapai Financial Freedom

Image
ibnu nih
Gaya Hidup | Wednesday, 03 Aug 2022, 12:43 WIB

Hallo kaum muda dompet cupet keinginan seabrek. Mencapai kebebasan financial merupakan sebuah cita-cita bagi kita semua, mengingat keuangan adalah aspek terpenting dalam kehidupan, meskipun ada yang berkata bahwa uang tidak dibawa mati akan tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa segala hal memerlukan uang. Bahkan ada anggapan bahwa “keuangan yang baik akan menghasilkan kehidupan yang baik pula” berapa banyak tindak kejahatan diawali dengan masalah financial, menghalalkan segala cara untuk memenuhi kebutuhan hidup yang makin hari makin meningkat ini. Akan tetapi pada kesempatan kali ini saya tidak akan membahas mengenai mengapa seseorang sampai rela menyakiti orang lain untuk memenuhi kebutuhan hidup, kali ini saya kan membahasa tips mengelola keuangan untuk mencapai financial freedom.

Untuk merealisasikan kemerdekaan financial, kita semua wajib memiliki perencanaan keuangan yang baik. Secara umum, seseorang dapat dikatakan telah mencapai kebebasan financial ketika seseorang tersebut memiliki cukup tabungan, investasi, dan uang tunai untuk memenuhi gaya hidup yang diinginkan untuk jangka waktu yang lama. Dalam pengertian lain financial freedom dapat diartikan sebuah keadaan ketika anda mampu secara financial untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan tanpa khawatir akan merasa kekurangan. Akan tetapi tidak semua orang mampu mencapai hal tersebut. Alih-alih mencapai kebebasan financial beberapa orang dengan berbagai alasan yang sukar untuk dijelaskan justru semakin berkutat dengan permasalahan financial, terbebani dengan biaya-biaya tambahan yang tidak dapat ia penuh dan akhirnya harus menghutang, hal-hal seperti ini merupakan penghalang untuk mencapai tujuan financial freedom.

Lalu bagaimana cara untuk mencapai Financial freedom? Banyak cara untuk meraih kebebasan financial. Untuk meraih hal tersebut bisa Anda lakukan secara perlahan. Terpenting Anda menyusun rencana serapi mungkin dan melakukannya dengan serius dan tentunya konsisten. Berikut tips mengelola keuangan untuk mencapai financial freedom:

Menentukan tujuan

Yang pertama yaitu menentukan tujuan, hal ini penting dilakukan agar kamu tidak plin-plan dalam mengelola keuangan yang kamu miliki, misalnya kamu menabung untuk tujuan jangka pendek atau jangka panjang. Tabungan jangka pendek seperti tabungan untuk membeli peralatan yang dapat menunjang kebutuhan hidupmu, pastikan yang kamu beli adalah yang benar-benar kamu butuhkan dan bukanlah didasari dari keinginan semata.

Melakukan perencanaan keuangan

Yang kedua untuk mencapai financial freedom yaitu melakukan perencanaan keuangan. Melakukan perencanaan keuangan dapat kamu lakukan dengan cara budgeting. Budgeting merupakan proses membuat rencana untuk membelanjakan uang. Rencana pengeluaran ini disebut anggaran. Membuat rencana pengeluaran ini memungkinkanmu untuk menentukan terlebih dahulu apakah kamu akan memiliki cukup uang untuk melakukan hal-hal yang perlu atau ingin dilakukan. Dari hal ini kita dapat mengontrol berapa uang yang harus kita keluarkan tiap bulanya.

Mempunyai tabungan

“Menabung pangkal kaya” adagium tersebut sebenarnya tidak dapat dikatakan 100% benar, karena uang yang kita simpan tiap tahun pasti akan terkena efek inflasi. Akan tetapi menabung tetapi merupakan hal wajib yang harus dilakukan untuk mencapai financial freedom. Setidaknya kamu harus memiliki tabungan untuk berjaga jaga ketika menghadapi hal-hal tak terduga. Tabungan yang kamu sisihkan tidak perlu langsung banyak. Lebih baik menabung dengan nominal wajar sebisamu terpenting adalah konsisten.

Berinvestasi

Jangan bekerja untuk uang, atau seumur hidup kamu akan dibuat berlari-lari demi uang. Alihkan tabunganmu yang telah terkumpul pada aset investasi. Pastikan uang yang kamu investasikan adalah uang dingin. agar investasimu bisa lebih tenang dan tidak takut akan perkembangan nilai investasai yang fluktuatif. Investasi dapat dilakukan pada aset tetap yang real atau investasi financial berupa saham, cripto atau reksa dana.

Hindari berutang

Buat sebuah prinsip untuk tidak berhutang dan tidak menghutangi. Hal ini penting agar tidak menjadi penyakit di lain hari. Kebiasaan berhutang yang diteruskan bisa menjadi sebuah kebiasaan yang menghambatmu menjadi financial freedom. Lebih baik mengontrol gaya hidup yang dapat kamu sesuaikan dengan pendapatan bulananmu dari pada harus mengejar gaya hidup hasil dari hutang sana-sini.

Cari penghasilan tambahan

Selagi masih mampu dan wasih ada waktu sibukkan dirimu dengan mencari tambahan penghasilan, sebagai awalan kamu bisa belajar mengelola waktu, waktu luang yang kamu miliki dapat kamu maksimalkan mencari penghasilan tambahan, apabila skill yang kamu miliki dirasa masih kurang menjual kamu bisa mengambil kursus atau hal-hal baru yang mungkin nantinya dapat berguna untukmu. Bahkan banyak kasus diluar sana orang-orang yang akhirnya mendalami side hustle dan keluar dari pekerjaan terdahulunya karena nilai ekonomis dari side hustlenya jauh lebih menjanjikan.

Itu tadi beberapa tips mengelola keuangan untuk mencapai financial freedom. Doa baik semoga kita semua bebas masalah financial dan menjadi manusia yang lebih baik dari hari ke hari. Terpenting adalah mengutamakan kebutuhan dari pada keinginan.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

kalo gak main ya rebahan

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Musik sebagai Peningkat Fokus Otak

Image

Wanita, Parfum, dan Bagaimana Allah Memuliakannya

Image

#EscapeTheNorm Bersama LE COQ SPORTIF Indonesia

Image

Lapas Martapura Fun Bike Semarakkan HDKD ke-77 Tahun 2022

Image

Pemegang Paspor RI ke Jerman Dapat Mengajukan Pengesahan Tanda Tangan

Image

Giat Virtual Fun Run dan Pendakian Gunung Slamet Merihkan HDKD ke-77

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image