Apa itu POS Sistem dan Bagaimana Cara Kerjanya

Image
yure hista
Bisnis | Tuesday, 02 Aug 2022, 14:27 WIB
Sumber: Freepik

Seiring berkembangnya teknologi, membuat masyarakat sebagai pelanggan memiliki banyak pilihan dalam melakukan transaksi. Kegiatan jual - beli kini tidak lagi harus dilakukan dengan cara yang konvensional. Oleh karena itu penggunaan teknologi dengan perangkat lunak terbaik sangat perlu dipertimbangkan untuk digunakan pada bisnis Anda.

Saat ini, komputerisasi saja masih belum cukup untuk membuat bisnis berkembang. Anda membutuhkan perangkat lunak yang dapat mengintegrasi sistem menjadi satu sehingga bisnis dapat terkontrol dengan lebih mudah dan cepat. Perangkat lunak untuk meningkatkan performa penjualan bisnis Anda adalah aplikasi kasir atau yang juga dikenal sebagai Point of Sales (POS).

Apa itu Point of Sales? Apa saja kegunaannya? Bagi Anda yang belum mengetahuinya, pada artikel berikut kami akan mengajak Anda mengenal lebih jauh tentang perangkat lunak yang satu ini.

Apa itu Point of Sales?

Point of Sales secara harfiah dapat diartikan sebagai tempat pelanggan untuk melakukan pembayaran untuk produk yang akan dibeli. POS sendiri merupakan perangkat lunak yang dioperasikan oleh seorang kasir dimana proses transaksi antara pelanggan dan kasir dapat dilakukan dengan cepat dan akurat.

Pada dasarnya sistem Point of Sales adalah cara all-in-one untuk melacak arus kas bisnis Anda dengan cara sistematis yang berorientasi untuk meningkatkan market interest dan pelayanan terhadap pelanggan.

Keunggulan Point of Sales

1. Proses transaksi lebih detail dan lengkap

Anda dapat melakukan transaksi dengan lebih lengkap dan terperinci jika menggunakan perangkat lunak POS, hal ini dikarenakan POS sistem dapat menjumlahkan hasil transaksi secara keseluruhan pada saat itu juga. Jadi anda bisa menjumlahkan hasil transaksi secara periodik baik itu harian, mingguan, bulanan maupun tahunan sesuai dengan kebutuhan Anda.

2. Mampu mengecek persediaan

Sistem POS bisa mencatat setiap barang masuk dan keluar sehingga Anda bisa menghitung jumlah persediaan barang yang ada. Hal ini juga dapat meminimalisir kelalaian pegawai maupun human error dalam mengecek jumlah barang yang tersedia. POS juga dapat melaporkan data persediaan barang yang lebih valid dan real time sehingga Anda dapat memantau pergerakan persediaan barang secara real time.

3. Mudahnya akses terhadap laporan transaksi

Sistem POS akan menyimpan setiap data transaksi jual - beli yang dilakukan. Dengan demikian, Anda bisa mengakses laporan transaksi yang terjadi setiap harinya secara lengkap dan real time. Bahkan laporan ini juga dapat Anda akses secara online karena sistem POS ini terhubung dengan internet.

4. Dapat dengan mudah merubah harga produk

Harga jual suatu produk seringkali naik turun seiring dengan perubahan pasar, dengan sistem POS Anda dapat mengubah harga untuk setiap produk dengan mudah. Anda tidak perlu mengubah harga produk satu persatu karena POS juga dapat mengubah harga jual produk mengikuti perkembangan harga jual produk secara otomatis.

5. Meningkatkan keamanan dan kenyamanan kegiatan transaksi

Dengan menggunakan sistem POS, proses transaksi jual - beli terasa lebih aman dan nyaman. Sebab POS dapat memproses transaksi dengan lebih cepat dan keamanannya pun lebih terjamin karena terkomputerisasi.

Cara Kerja Point of Sales

POS adalah sebuah sistem yang memiliki cara kerja tersendiri dengan kegunaannya sebagai alat untuk mempermudah Anda dalam melakukan proses transaksi dengan pelanggan. POS sistem memiliki beberapa aspek sehubungan dengan cara kerjanya, aspek tersebut yaitu sebagai berikut.

1. Transaksi

Sistem POS mendukung lebih banyak sistem pembayaran termasuk pembayaran dengan menggunakan kartu debit maupun kartu kredit. POS dapat terintegrasi dengan bank yang digunakan pada bisnis Anda secara otomatis. Selain itu POS juga terhubung dengan financial tracking system di seluruh dunia sehingga Anda dapat mengetahui catatan keuangan perusahaan Anda.

Di samping dukungan pada banyak sistem pembayaran, POS juga mendukung berbagai fitur transaksi lain seperti perhitungan pajak penjualan, perhitungan diskon produk, penggunaan kode voucher, dan lain sebagainya. Sehingga sistem POS dapat membuat transaksi Anda bersama pelanggan menjadi lebih mudah.

2. Berbasis internet

Terdapat perangkat lunak POS yang berbasis internet sehingga bagi Anda yang memiliki bisnis di berbagai lokasi dapat lebih mudah mengontrol ataupun mengecek laporan penjualan dengan lebih mudah. Selama Anda terhubung dengan koneksi internet Anda dapat mengakses laporan penjualan tiap cabang dimana saja dan kapan saja tanpa perlu mendatangi tiap cabang satu persatu.

Selain itu, POS juga dapat dikembangkan lagi untuk terhubung dengan sistem akuntansi sehingga Anda bisa mengecek setiap laporan yang Anda butuhkan. Dan dengan adanya basis internet, Anda juga dapat menikmati fitur - fitur lain seperti back up data, melacak inventaris, mengunduh katalog dari supplier, dan lainnya.

3. Membutuhkan perangkat keras

POS adalah sebuah perangkat lunak yang tentunya membutuhkan perangkat keras untuk menjalankannya, perangkat keras tersebut dapat berupa komputer untuk sistem POS online, dan ponsel pintar atau smartphone untuk sistem POS Cloud.

Selain perangkat keras untuk menjalankannya, POS juga dapat dihubungkan dengan perangkat lain untuk mendukung transaksi seperti printer untuk mencetak struk, cash drawer, card reader hingga barcode scanner harus diintegrasikan dengan POS agar transaksi dapat berjalan dengan lancar.

Ada dua jenis printer yang dapat terhubung dengan sistem POS, yaitu printer dot matrix dan thermal printer. Sedangkan untuk cash drawer yang ada pada mesin kasir dapat terbuka secara otomatis setelah proses perhitungan selesai jika dihubungkan dengan POS.

Selain itu ada pula card reader yang harus dihubungkan dengan sistem POS agar transaksi dapat terintegrasi dengan bank yang terkait. Dan yang terakhir adalah barcode scanner agar harga produk dapat ter-input secara otomatis hanya dengan memindai barcode yang ada pada produk.

Setelah memahami tentang apa itu sistem POS, keunggulan yang dimilikinya, serta cara kerja dari software ini, sekarang giliran Anda memilih dengan bijak aplikasi mana yang akan Anda gunakan untuk bisnis Anda. Selamat mencoba!

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Hakikat Kemerdekaan

Image

Meriahkan HDKD ke-77, Kepala Rutan Kelas IIB Majene Gelar Sepeda Santai Bersama Pegawai dan DWP

Image

Abonie Digital Music, Distributor Musik Terkemuka Asal Riau

Image

Kompak! Pegawai Rutan Kudus Ikuti Virtual Run 7,7 KM

Image

Mp3 Juice: Free Download Musik Tanpa Batas 2022 Cepat Sekaligus Mudah

Image

Savefrom Net : Cara Mudah Anti Ribet Download Mp4 Dan Mp3 Youtube Tanpa Aplikasi Plus Gratis Disini

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image