Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sutanto

Tantangan Menulis Pantun dan Puisi 15 Menit

Info Terkini | Tuesday, 02 Aug 2022, 08:33 WIB

Peserta Kelas Menulis Seseruan Asyik Bersama KYM nampak suntuk memandangi gadget sembari sesekali mengerutkan dahi. Pemandangan itu terlihat di Erista Garden, Demen Pakembinangun Pakem Sleman, Minggu (31/7/2022).

Mereka ditantang oleh Guru MTsN 3 Bantul Sutanto selaku pemateri untuk membuat Pantun berlatarbelakang destinasi wisata hanya dalam waktu 15 menit.

Sutanto merasa senang diberi ruang bisa berbagi kepada sahabat penulis lain berdasar pengalaman ikut komunitas pimpinan Vitriya Mardiyati sampai bisa menerbitkan buku solo.

Salah satu tema buku yang berhasil dicetak tentang pantun berlatar belakang destinasi wisata di DIY. Dari tema itu jadilah dua buah buku yaitu Rangkaian Kata Sarat Makna berisi 333 pantun dengan sampiran wisata Bantul dan Kulon Progo sedangkan isi berupa nasihat. Sedangkan buku kedua, Untaian Kata Penuh Makna berisi 222 pantun dengan sampiran wisata Sleman, Kulon Progo dan Kota Yogyakarta.

Itulah salahsatu alasan mengapa dirinya turut ambil bagian berbagi ilmu di kegiatan yang menarik dan membahagiakan ini.

Selain pantun peserta juga ditantang Guru SDN Randusari Titin Mulyaningsih selaku pemateri untuk membuat puisi ala Jepang yang disebut Haiku juga dalam waktu 15 menit.

Titin yang memang pernah mengunjungi Negeri Sakura ini menjelaskan bahwa puisi Jepang ada tujuh kategori, dikelompokkan berdasar isi, aturan dengan jumlah suku kata.

Ada puisi yang disebut Waka yang ditulis dalam lima baris terdiri 31 suku kata, Puisi dengan genre jenaka dinamakan Haikai, puisi pendek berstruktur yang dinamakan Haiku.

Ada puisi bebas sesuai keinginan penyairnya disebut Kyoka, puisi beranting dinamakan Renga, puisi yang mirip Haiku namun diskinya lebih ekspresif disebut Senryu dan puisi modern berbentuk syair bebas yang disebut Khindai Shi.

Founder KYM Vitriya Mardiyati mengaku bahagia karena bisa berjumpa dengan anggota yang setia menulis bersama komunitasnya. Sengaja dia memberi ruang kepada anggota yang aktif untuk berbagi ilmu dalam even keren tersebut.

Ibu dua anak ini juga berencana akan mengadakan acara serupa Desember mendatang dengan jumlah peserta lebih besar.

“Insyaallah Desember nanti kita akan mengadakan even lagi dengan jumlah peserta lebih besar dan tempatnya berbeda. Jadi siapkan diri teman-teman, syukur sekalian launching buku solo,” imbuh Vitriya sembari menggendong anak keduanya Aksara.

Peserta tak hanya dari DIY dan Jawa Tengah saja namun ada yang Jawa Barat. Seperti Elis Susilawati, Guru SMP 3 Jatiwangi Majalengka yang jauh jauh menyempatkan hadir karena kecintaannya dengan KYM.

Dirinya merasa bersyukur kesempatan dapat mengikuti Peluncuran Buku Hasil Workshop KYM dan Kelas Menulis Keren Ala KYM bersama foundernya Vitriya Mardiyanti dan para pemateri lain.

“Saya dari Majalengka paling jauh diantara teman-teman yang hadir, rasa bahagia karena bisa berkumpul bersilaturahmi saling memperkenalkan diri, adat istiadat daerah masing-masing. Banyak sekali Ilmu baru yang didapatkan khususnya bidang Penulisan dan tak kalah seru mereka semua ternyata mempunyai semangat yang luar biasa dari segi kepenulisan, bisa mengatur waktu dengan baik. Berkat bimbingan dan motivasi dari teman-teman saya semakin percaya diri bahwa menulis itu bikin kita hidup penuh warna dan bahagia mengiringi langkah kita sehari-hari. Bahagia itu sederhana ketika pena imajinasi hidup tumbuh dan berkembang dalam diri kita,” tutur Elis dengan bahagia.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image