Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dwi Arsita

Hangobox Jepara: Menu Luar Negeri Cocok dengan Lidah Orang Indonesia

Kuliner | Monday, 01 Aug 2022, 10:06 WIB

Hangobox Jepara merupakan salah satu tempat makan yang berada di Jepara, tepatnya di jalan Jepara-Bangsri, Kuwasen, Jepara. Hangobox Jepara berdiri sejak 16 Oktober 2021. Asal mula nama Hangobox Jepara adalah hangopo (mengapa) yang berasal dari kata bahasa Jawa, dan box yang berarti kotak, karena menunya disajikan dalam wadah yang berbentuk kotak. Filosofi sebenarnya adalah bertanya, “mengapa harus membeli makanan di Hangobox?”, maka Hangobox hadir untuk menjawab pertanyaan tersebut. Sedangkan kata Jepara karena berlokasi di Jepara.

Hangobox Jepara

Chintya Catur Maynesca Sari atau akrab disapa Caca merupakan pengusaha kuliner dengan bisnisnya yaitu Hangobox Jepara. Di usia 22 tahun, ia mulai merintis usaha kuliner tersebut dengan menggunakan konsep restoran Jepang dengan bumbu Nusantara, serta minuman yang kekinian. Menu makanannya dikemas atau disajikan dalam box/kotak. Meskipun harganya murah, namun penampilan dan estetika penyajian menunya membuat makanan terkesan mewah dan mahal. Hal inilah yang membuat usaha kulinernya banyak diminati.

“Hangobox bermula saat saya melihat di sekitar Jepara pada umumnya banyak masakan atau kuliner luar negeri yang mahal dan sulit didapatkan. Maka dibuatlah Hangobox dengan menu luar negeri (Jepang) dengan murah dan mudah, serta cocok dengan lidah orang Indonesia”, ucap Caca. Adapun sasaran dari kuliner ini adalah kalangan menengah ke bawah yang menginginkan makanan Jepang namun dengan rasa yang cocok untuk lidah Indonesia.

Menu yang paling diminati di Hangobox Jepara, untuk makanan yaitu, Chicken Curry Katsu dan untuk minuman Chocolote Signature. Adapun makna tersembunyi dari kuliner tersebut terletak dipenyajian yang menggunakan box. Box atau kotak melambangkan kesederhanaan, simple, dan mudah untuk didapatkan, tapi tidak sembarangan. Tidak sembarangan dalam artian bahwa box harus sama presisi. Makanan dalam Hangobox harus proporsional dan tidak berlebihan ataupun tidak kurang. Bahan khusus yang digunakan adalah kari yang dibuat lebih kental dan percampuran antara bumbu kari asal Jepang dengan bumbu pelengkap rempah Indonesia. Hangobox Jepara juga bermitra dengan GrabFood dan GoFood, sehingga bisa memesannya melalui online.

Makanan dan minuman Hangobox Jepara

Untuk kendala yang dihadapi adalah ketika jadwal buka, namun kafe harus ditutup karena ada perbaikan. Misalnya, ada perbaikan pemasangan kaca, keran yang rusak, dan sebagainya. Terkadang juga pada aplikasi GoJek dan Grab lupa untuk diberi keterangan “tutup” sehingga driver telanjur tiba, sedangkan kafe sedang tutup. Selain itu, karena belum ada antrean khusus untuk orderan online, jadi para driver GoFood dan GrabFood tetap harus mengantre sesuai antrean di mana memakan waktu yang cukup lama untuk menunggu, sehingga costumer yang pesan secara online tidak sabar dan terkadang komplain.

Saat ini, Caca dengan usaha Hangobox Jeparanya memiliki karyawan yang dipilih dari pemuda/pemudi setempat. Ia senang bukan hanya karena menu kulinernya banyak diminati, lebih dari itu Hangobox Jepara juga dapat berkontribusi dalam membuka lapangan pekerjaan bagi para generasi muda Jepara.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image