Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Frisca Linda Widiana

Menikmati Rica-Rica Entok Bu Sumirah Yang Menggugah Selera

Kuliner | Sunday, 31 Jul 2022, 10:09 WIB
Warung makan Bu Sumirah

Indonesia mempunyai banyak sekali kuliner yang sangat beragam. Salah satunya adalah kuliner bercita rasa yang pedas. Kuliner bernuansa pedas ini seolah-olah tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Nah, jika kamu bertandang ke Kota Kebumen, tidak ada salahnya jika kamu mampir ke salah satu Warung Makan Bu Sumirah yang terkenal dengan risa-rica entoknya yang menggugah selera.

Berlokasi di Desa Tlogodepok, Mirit, Kabupaten Kebumen. Warung makan Bu Sumirah ini sudah sangat terkenal, apalagi lokasinya yang berada pas di depan Polsek Tlogodepok Mirit. Rica-rica entok ini menjadi salah satu santapan lezat yang patut untuk dicoba. Sajian kuliner ini mempunyai perpaduan rasa yang pas antara pedas dan manis. Yang pastinya nikmat disantap saat lapar.

Asal-usul Warung Makan Bu Sumirah

Pada saat ditemui di warungnya hari Sabtu (25/6/2022), saya bertemu dengan Bu Sumiyati. Bu Sumiyati adalah anak dari pemilik Warung Makan Bu Sumirah. Saya sempat berbincang-bincang degan beliau. Selanjutnya, Bu Sumiyati menceritakan bahwa Warung Makan Bu Sumirah ini sudah berdiri sejak lama. “Sudah lama sih, sekitar 20 tahun yang lalu,” ujar Bu Sumiyati. Karena saya penasaran, jadinya saya mulai berbincang-bincang lagi dengan Bu Sumiyati terkait tentang asal-usul Warung Makan Bu Sumirah ini.

“Tadinya sih udah lama, tapi kan belum ada makan ini hanya biasa. Soalnya ini warung makan ini kan turunan dari Mbahnya saya,” ujar Bu Sumiyati. Lalu ia pun juga menceritakan bahwa resepnya juga masih sama turun-temurun dari yang terdahulu. Lalu turun ke Bu sumiyati. Bu Sumiyati juga mengatakan memilih berjualan dengan mendirikan warung makan ini untuk membantu penghasilan sehari-hari.

Rica-Rica Entok Yang Terkenal

Rica-rica entok

Lalu, saya sempat berpikir jika di Warung Makan Bu Sumirah ini memang sudah sangat terkenal dengan rica-ricanya. Semua kalangan pelanggan sering datang ke warung makan ini. Dari kalangan atas bawah semuanya masuk. “Hari-hari biasa ramai mba,” ujar Bu Sumiyati.

Ibu Sumiyati juga menceritakan jika rica-ricanya bisa sangat terkenal di kalangan semua orang karena rica rica jarang ditemui di daerah sekitarnya, rica-rica entok memang unik dan inilah yang membuat orang-orang jadi penasaran ingin mencicipi kuliner rica-rica entok. Rica-rica entok ini di potong kecil-kecil. Rasa rempah-rempah pada bumbunya sangat pekat dan khas. Selain itu rempah-rempahnya meresap sampai ke tulang yang membuat lidah akan bergoyang-goyang. Jadi sajian dalam potongan daging itu bercampur tulang. Tidak lupa rica-rica entoknya itu dibungkus dengan daun pisang. Kuah rica-ricanya yang pedas manis ini sangatlah cocok disantap bersama nasi hangat. Hmmm benar-benar nikmat. Selain menu rica-rica ada opor ayam kampung, mangut lele, mangut nila, nasi ayam kampung, nasi rames. Semuanya bisa dipilih sesuai selera mau yang mana saja. Saya juga merasakan kenikmatan menu rica-rica entoknya yang asli dan nikmat. Dengan bumbu-bumbunya yang begitu khas.

Nah, untuk bisa mencicipi rica-rica entok ini, anda bisa datang pada pagi hari sekitar jam 10 karena biasanya pada siang hari menjelang sore jam 3 pasti menu rica-rica entok sudah habis. Karena ramainya pelanggan yang menyukai rica-rica entok.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Jadi yang pertama untuk berkomentar
 

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image