Imigrasi Cilacap Gelar Rakor Timpora, Saling Tukar Informasi

Image
KANTOR IMIGRASI KELAS I TPI CILACAP
Politik | Friday, 29 Jul 2022, 13:09 WIB

Kantor Imigrasi Cilacap menggelar rapat koordinasi (Rakor) Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) di Wilayah Kabupaten Banjarnegara, di Hotel Surya Yudha, Kamis (28/7/22).

Rakor Timpora melibatkan instansi Pemerintah Daerah, TNI dan POLRI serta Kejaksaan dan Pengadilan di Kabupaten Banjarnegara dalam pengawasan orang asing.

Pelaksanaan Rakor Timpora Kabupaten Banjarnegara ini dimulai dengan penyampaian laporan pelaksanaan kegiatan oleh Kepala Kantor Imigrasi Cilacap, Yoga Ananto Putra.

Kegiatan Rakor Timpora dibuka secara resmi oleh Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, Wishnu Daru Fajar Kadiv Keimigrasian Jateng, menyampaikan, pemerintah terus berupaya dan mendorong kemudahan berinvestasi di Indonesia melalui perbaikan sistem kemudahan berusaha di beberapa sektor.

“Berbagai promosi gencar dilakukan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata yang sempat mati suri karena pandemi Covid 19,” ujar Kadiv Keimigrasian Jateng.

Dikatakan pula, akan kembali dan terus meningkatkan pergerakan orang asing yang ada di Indonesia. Keimigrasian sebagai fasllitator pembangunan kesejahteraan masyarakat dan mendukung kebijakan pemerintah membuka kembali sektor wisata secara lebih luas dengan konsep pariwisata berkelanjutan

“Perlu memberikan kemudahan Keimigrasian berlandaskan asas resiprositas dan asas kemanfaatan berupa pemberian Bebas Visa Kunjungan dan Visa Kunjungan Saat Kedatangan bersifat terbatas yang diperuntukkan bagi orang asing tertentu,” jelas Wishnu Daru Fajar.

Senada disampaikan Yoga Ananto Putra. Menurutnya, pengawasan orang asing merupakan tanggung jawab bersama sesuai dengan tusi masing-masing Kementerian/Lembaga. Timpora tingkat Kabupaten dan kecamatan dibentuk dengan keputusan kepala Kantor Imigrasi.

“Adapun prinsip hubungan kerja di lingkungan Timpora didasarkan atas prinsip kebersamaan, keterpaduan, keterbukaan dan kemitraan.Lalu, dengan adanya timpora ini, semua anggota Timpora Tingkat Kabupaten Banjarnegara dapat melakukan sinergitas dan melakukan pertukaran informasi mengenai keberadaan dan kegiatan orang asing yang berada di wilayahnya,” imbuhnya

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Karutan Temanggung ikuti arahan Kadivpas Jateng tentang Kewaspadaan Keamanan dan Ketertiban

Image

Ketua DWP Rutan Temanggung Hadiri Pertemuan Rutin Persatuan Ibu-Ibu Pengayoman dan PIPAS Jateng

Image

Karutan Temanggung ikuti arahan Kadivpas Jateng tentang Kewaspadaan Keamanan dan Ketertiban

Image

Hadapi Indonesia Emas 2045, Begini Pesan Menko PMK Kepada Mahasiswa Baru UM Bandung

Image

Pamerkan Hasil Karya WBP, Rutan Demak Turut Ramaikan Car Free Day

Image

Mencerahkan! 414 Mahasiswa Baru Ramaikan Masta PMB UMS 2022 Gelombang 3

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image
-->