Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Seni Opriliani

7 Aplikasi Pesan Terbaik Alternatif WhatsApp

Teknologi | Tuesday, 23 Nov 2021, 10:02 WIB

WhatsApp bukanlah aplikasi perpesanan yang buruk dan digunakan oleh beberapa orang di seluruh dunia hingga hari ini. Tidak ada yang salah dengan aplikasi Facebook ini, tetapi ada banyak opsi aplikasi perpesanan lain yang tidak menyenangkan untuk dicoba.

Aplikasi ini mungkin cocok untuk mereka yang bosan atau ingin keluar dari kecanduan WhatsApp dan mencoba sesuatu yang baru. Anda mungkin pernah mendengar tentang beberapa aplikasi yang dimaksud.

Beberapa dari mereka menawarkan sesuatu yang tidak dimiliki WhatsApp. Ini tidak merepotkan, tetapi Anda dapat mencoba tujuh aplikasi perpesanan yang mirip dengan WhatsApp seperti yang dikutip dari inpowin.

1. Telegram

Jika Anda membutuhkan aplikasi perpesanan seperti WhatsApp yang terhubung langsung ke nomor ponsel Anda, jangan lewatkan Telegram. Ini tidak seaman yang diiklankan, dan enkripsi ujung ke ujung dimatikan secara default, tetapi Telegram disarankan.

Pertama kali dirilis pada tahun 2013, aplikasi ini mendukung file sharing, mengatur pesan terkirim agar otomatis terhapus dalam jangka waktu tertentu, group chat hingga 200.000 pengguna, dan masih banyak lagi, menawarkan segudang fitur menarik. Selain itu, Telegram gratis juga dapat menyinkronkan pesan dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

2. Signal

Dalam hal meningkatkan privasi dan keamanan, Signal adalah alternatif terbaik untuk WhatsApp. Aplikasi ini juga direkomendasikan oleh Elon Musk dan Edward Snowden. Signal tidak hanya gratis untuk digunakan, tetapi juga mendukung pesan teks dan suara selain panggilan suara dan video.

Pesan yang dikirim melalui Signal dapat diatur ke "buang" atau dihapus secara otomatis setelah jangka waktu tertentu. Jika Anda ingin menggunakan Signal di PC Anda, ada juga plugin untuk Chrome yang dapat Anda unduh secara gratis. UI aplikasi ini juga user-friendly, sehingga orang awam pun bisa dengan mudah mempelajarinya.

3. iMessage

Yang terakhir ini tidak tersedia di perangkat Android dan hanya untuk pengguna perangkat Apple seperti iPhone dan Mac. iMessage adalah alternatif yang bagus untuk WhatsApp untuk pengguna perangkat Apple.

4. Google Messages

Google Messages adalah jawaban Google untuk iMessage di iOS. Aplikasi ini biasanya terinstal secara default di smartphone Android, namun jika belum memilikinya, Anda bisa mendownloadnya secara gratis dari Play Store. Pesan dirancang untuk menggantikan aplikasi SMS tradisional dan berintegrasi langsung dengan semua layanan yang dimiliki oleh Google.

Enkripsi ujung ke ujung aktif segera setelah Anda mengirim pesan. Mirip dengan WhatsApp, Anda juga dapat mengirim file seperti dokumen dan gambar melalui pesan. Meski tidak dalam pesan, WhatsApp mungkin hanya mendukung panggilan suara dan video.

5. Threema

Threema adalah aplikasi dengan nilai jual privasi yang besar, memberi pengguna opsi untuk menggunakan aplikasi secara anonim. Jika Anda tidak menginginkannya, Anda juga dapat menghubungkan Threema ke alamat email atau nomor ponsel Anda. Seperti kebanyakan aplikasi perpesanan, Anda dapat menggunakan Threema untuk mengirim pesan teks, suara, gambar, dan video. Ini semua dienkripsi.

Selain itu, Anda dapat membuat obrolan grup dan mengirim file untuk membuat suara melalui aplikasi ini. Menariknya, Threema memiliki browser default yang aman, dan seperti WhatsApp, data disimpan langsung di ponsel Anda, bukan di server atau di cloud.

6. Viber

Viber, yang dimiliki oleh perusahaan internet Jepang Rakuten, adalah layanan yang memulai "Life's Journey" sebagai aplikasi VoIP dan akhirnya berkembang menjadi aplikasi yang dapat digunakan untuk mengirim pesan teks, melakukan panggilan suara, membuat grup, dan sebagainya. Seperti daftar lainnya, Viber mendukung enkripsi ujung ke ujung.

Namun meski bukan tanpa sesuatu yang menarik, Viber memiliki banyak fitur unik seperti selfie augmented reality (kolaborasi dengan Snapchat) dan komunitas. Singkatnya, komunitas adalah fitur seperti forum yang memungkinkan orang di seluruh dunia untuk mendiskusikan topik tertentu.

7. Wire

Seperti Threema, Wire dibuat di Swiss, menjadikan privasi dan keamanan sebagai salah satu fitur terbaiknya. Dengan aplikasi perpesanan ini, Anda dapat mengirim pesan dalam format teks, suara hingga video. Selain itu, Anda dapat mengirim file dalam format apa pun melalui aplikasi ini.

Jika Anda membutuhkan banyak akun, Wire juga memiliki opsi untuk beralih dari satu akun ke akun lainnya dengan mudah. Wire sendiri menggunakan protokol enkripsi yang disebut Proteous. Ini sebenarnya didasarkan pada protokol yang digunakan oleh Signal dan WhatsApp. Protokol Wire juga diperiksa secara berkala untuk memastikan keamanan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image