Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Seni Opriliani

7 Aplikasi Launcher Terbaik dan Ringan Untuk Android

Teknologi | Tuesday, 23 Nov 2021, 09:54 WIB

Sebagian besar pengguna Android pasti tahu apa itu launcher, tetapi bagi yang belum tahu, launcher adalah aplikasi untuk menyesuaikan tampilan dan UI ponsel Android. Elemen UI seperti layar beranda dan laci aplikasi adalah bagian dari peluncur itu sendiri.

Peluncur tidak hanya memungkinkan Anda untuk mengubah tampilan keseluruhan, tetapi juga memungkinkan pengguna untuk mengubah ikon dan font aplikasi dari ponsel Android mereka. Bagi yang tertarik mencoba tampilan baru di smartphone Android.

Berikut 7 rekomendasi launcher ringan yang tidak akan memperlambat smartphone Android Anda yang dikutip dari tutordulu.

1. Nova Launcher

Nova Launcher, seperti kebanyakan peluncur bawaan pada kebanyakan ponsel pintar Android, adalah peluncur dengan tingkat penyesuaian yang sangat lengkap, dengan UI yang familier di layar beranda. Melalui Nova, pengguna juga dapat membuat ponsel mereka terlihat seperti Android versi terbaru.

Nova sendiri menawarkan segudang opsi personalisasi, termasuk ikon, warna tema, opsi pengguliran vertikal dan horizontal untuk laci aplikasi, dan tema gelap. Selain kemampuan kustomisasi penuh, Nova dioptimalkan semaksimal mungkin, sehingga berjalan lancar dan tidak memperlambat ponsel Anda. Jika Anda membutuhkan fungsionalitas yang lebih lengkap, Nova juga memiliki versi berbayar yang disebut Nova Launcher Prime.

2. Smart Launcher

Smart Launcher memberikan pengalaman smartphone Android yang lebih baik melalui kemampuan kustomisasi penuh. Salah satu yang menarik adalah kemampuan untuk secara otomatis mengurutkan aplikasi ke dalam kategori tertentu. Oleh karena itu, layar utama rapi dan mudah dinavigasi.

Tidak hanya itu, Smart juga memiliki fitur ambient theme yang memungkinkan Anda untuk mengubah warna tema UI tergantung pada wallpaper yang Anda gunakan, mendukung jenis font dan perubahan warna. Terlepas dari segudang fitur, Smart sebenarnya ringan dan tidak memperlambat ponsel Anda. Seperti Nova, Smart memiliki sejumlah fitur khusus versi premium.

3. Hyperion Launcher

Hyperion Launcher memiliki desain tema UI yang sederhana dan intuitif serta tampilan estetis yang lahir dari mode gelap. Selain itu, launcher ini juga hadir dengan sejumlah fitur kustomisasi, mulai dari kustomisasi ikon aplikasi, widget, dan animasi. Kemudian Anda juga memiliki opsi untuk mengubah warna latar belakang laci aplikasi, dok, folder, dan widget dalam format bilah pencarian yang disediakan.

Hyperion dirancang untuk digunakan di semua smartphone Android, tidak hanya membutuhkan kinerja yang minim, tetapi juga tidak boros baterai. Jika Anda membutuhkan fitur tambahan seperti gestur yang dipersonalisasi, font adaptif, ikon, Hyperion juga menawarkan versi premium dari Hyperion Supreme.

4. Action Launcher

Seperti semua peluncur dalam daftar ini, peluncur aksi memiliki sejumlah fitur penyesuaian. Memasang peluncur ini akan memunculkan UI yang terlihat seperti versi stok Android, tetapi Anda dapat menyesuaikannya dari mengubah ikon hingga mengubah ukuran teks.

Selain itu, Action memiliki dukungan untuk mengimpor desain layar beranda dari peluncur lain, serta integrasi langsung dengan Google Discover. Dengan begitu, pengguna tidak perlu melakukan kustomisasi dari awal saat berpindah dari launcher lain ke launcher ini. Karena ukuran file yang kecil, tindakannya juga sangat efisien dan tidak akan memperlambat ponsel Anda meskipun terus berjalan di latar belakang.

5. Niagara Launcher

Niagara Launcher bukanlah pilihan yang sangat menarik bagi siapa saja yang membutuhkan UI sederhana dan peluncur yang mudah dinavigasi. Desain minimalis peluncur ini mencakup layar beranda sederhana yang sedikit berbeda dari biasanya.

Dengan begitu, Niagara akan lebih nyaman saat bernavigasi dengan satu tangan. Selain itu, peluncur ini juga memungkinkan pengguna untuk membaca dan merespons notifikasi langsung dari layar beranda.

Bagi yang lain, Niagara memblokir bloatware atau aplikasi yang terpasang dan tidak dapat dihapus, selain menyediakan fitur adaptif yang memungkinkan aplikasi yang ditampilkan di layar beranda disesuaikan dengan kebiasaan penggunaan pengguna. ..

6. ap15 Launcher

Peluncur ap15 adalah yang paling ringan dan paling unik di daftar ini. Alih-alih menggunakan ikon dan laci aplikasi seperti banyak peluncur, ap15 menggunakan layar beranda berbasis teks secara langsung.

Kedengarannya sederhana, tetapi ap15 masih "pintar" karena aplikasi yang sering digunakan ditampilkan dalam ukuran teks yang lebih besar. Selain itu, pengguna tidak hanya dapat menyesuaikan warna, ukuran, dan warna latar belakang setiap aplikasi sesuai kebutuhan, tetapi juga menyembunyikan bloatware yang mengganggu.

Karena kesederhanaannya, ap15 adalah yang paling sedikit tertinggal dibandingkan dengan Launcher lain dalam daftar ini. Untuk fitur kustomisasi yang lebih lengkap, ap15 juga menawarkan versi premium opsional.

7. Microsoft Launcher

Microsoft Launcher dikemas dengan fitur dan terintegrasi secara mulus dengan layanan dan aplikasi yang dibuat oleh Microsoft.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image