Bapas Lahat Kanwil Kemenkumham Lahat: Kedepankan Kepentingan Terbaik Bagi Anak

Image
Humas Bapas Lahat
Info Terkini | Thursday, 28 Jul 2022, 15:18 WIB

BALAI Pemasyarakatan Kelas II Lahat, Kanwil Kemenkumham Sumsel selalu berkomitmen untuk mengedepankan kepentingan terbaik bagi anak, terutama dalam hal Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH). Untuk itu Kepala Bapas Lahat, Perimansyah melalui Kasubsi Bimbingan Klien Anak, Rinaldi Ahmad melakukan koordinasi ke Polres Pagaralam, dalam rangka koordinasi perihal penanganan ABH di wilayah hukum Kota Pagaralam, Kamis (28/07/2022).

Rinaldi mengatakan koordinasi ke Polres Pagaralam kali ini dilakukan di Satuan Narkoba Polres Pagaralam, mengingat kasus-kasus anak yang ditangani lebih banyak perkara narkotika. Dalam kesempatan tersebut, Kasat Narkoba Pagarala, Iptu Sutiyoso didampingi Kanit Narkoba Yopi beserta jajaran menyambut baik kedatangan dari pihak Bapas Lahat. Banyak hal yang dibahas perihal ABH terutama standar-standar penyidikan yang harus sesuai dengan peraturan yang ada, yaitu berdasarkan Undang-undang Sistem Peradilan Pidana Anak Nomor 11 Tahun 2012."Kita sepakat untuk lebih meningkatkan silaturahmi dan koordinasi dan sinergi dalam penanganan perkara anak atau ABH yang ada di wilayah hukum Polres Pagaralam," jelasnya.

Intinya, dikatakan Rinaldi, pihak Bapas dan Polres Pagaralam sepakat untuk menyatukan persepsi dan tujuan bersama, agar lebih mengedepankan kepentingan anak dalam tingkat penyidikan, baik melalui upaya diversi maupun musyawarah atau mediasi agar tercapai keadilan restoratif."Ataupun kalau naik ke tingkat penuntutan atau pengadilan, harus dipertimbangkan hasil litmas dari Pembimbing Kemasyarakatan, yang merekomendasikan hukuman seminimal mungkin dan terbaik bagi ABH," jelas Rinaldi. (*)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Mencari Pemimpin Visioner PMII Cabang Tangerang

Image

Kuliah Kerja Profesi untuk Mendukung Kerja Sama Dunia Usaha dan Dunia Indsutri

Image

Bersiaplah Menyambut Hiruk Pikuk Pesta Demokrasi

Image

Staff Registrasi Bapas Semarang Siap Menyajikan Data yang Akuntabel

Image

APK Bapas Semarang Turun Ke Ladang Untuk Melakukan Pengawasan Program Asimilasi Dalam Lapas

Image

Tingkatkan Akuntabilitas Bapas Semarang Laporkan Capaian Output Melalui E-Monev

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image